Chibi Maruko-chan merupakan anime jadul yang nggak pernah ada matinya. Cerita tersebut pertama diterbitkan dalam bentuk komik pada tahun 1986 sampai 1996. Pengarang komik komedi itu sendiri adalah Momoko Sakura, perempuan kelahiran 8 Mei 1965. Makin meledaknya kisah Maruko di dunia membuat Momoko juga memiliki banyak penggemar.

Namun, kabar duka saat ini telah sampai pada semua penggemarnya di seluruh dunia. Momoko Sakura dikabarkan meninggal pada tanggal 15 Agustus 2018. Namun, kabar kematian tersebut baru diresmikan di kantornya pada tanggal 27 Agustus lalu. Untuk mengenang kembali wanita yang banyak menghibur dengan karyanya itu, berikut ini beberapa fakta tentang Momoko Sakura.

Momoko Sakura bernama asli Miki Miura

Momoko Sakura [sumber foto]
Momoko Sakura sendiri merupakan nama pena dari Miki Miura. Untuk keseharian, barangkali ia memang kerap disapa Miki. Namun, para fans dan orang-orang dari dunia penerbitan lebih akrab memanggilnya dengan nama Momoko. Selain menulis kisah Maruko, sebenarnya masih ada beberapa komik karya Momoko yang lain, yaitu Coji Coji. Selain membuat komik, Sakura juga bekerjasama dengan Marvelous Interactive untuk menciptakan game berjudul Dreamcast dan game lainnya.

Mulai karir sebagai mangaka di tahun 1984

Maruko [sumber gambar]
Momoko Sakura mulai merintis karirnya sebagai seniman manga sejak tahun 1984, Gaes. Dan sejak tahun 1986, serie Chibi Maruko-chan mulai diterbitkan oleh majalah manga Ribbon. Serie manga ciptaan Momoko ternyata direspon positif oleh para pembaca. Hingga akhirnya, nama Momoko mulai dikenal luas. Di tahun 1990, akhirnya manga Chibi Maruko-chan diangkat menjadi kartun, alias anime. Di tahun itu pula puncak kesuksesan Momoko sebagai mangaka. Cerita hasil karyanya ditayangkan meluas di beberapa Negara seperti China, Thaiwan, Hongkong, Vietnam dan tentu saja Indonesia.

Chibi Maruko-chan ternyata berdasarkan kisah masa kecilnya

Maruko chan [sumber foto]
Kalau kalian penggemar Chibi Maruko-chan, tentu tau kalau tokoh utama dalam anime tersebut adalah gadis kecil bernama Momoko Sakura atau biasa dipanggil Maruko. Jadi, tokoh utama dari kisah kocak tersebut adalah si mangakanya sendiri dong? Ternyata memang demikian. Kisah Maruko yang kerap kali ngenes saat kecil rupanya berdasarkan kisah nyata si penulis sendiri. Kreatif banget ya!! Berkat kisah Maruko juga, Momoko mendapat penghargaan Kodansha Manga.

Momoko meninggal karena kanker payudara

Maruko dan Mamoko [sumber gambar]
Sebelumnya, tak banyak yang tahu tentang kepergian creator terkenal ini. Bahkan, pemakaman Momoko sendiri hanya dihadiri oleh keluarga dan sahabat terdekat. Setelahnya, barulah public dihebohkan dengan kabar kepergian Momoko yang disiarkan situs sakuraproduction.jp. Diketahui bahwa Momoko meninggal di usianya yang ke-53 karena penyakit kanker payudara. Majalah yang pertama menerbitkan serie Cbibi Maruko-chan juga mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya komikus kocak yang memiliki banyak penggemar dari anak sampai dewasa ini.

Itulah sedikit fakta tentang Momoko Sakura. Jika kamu salah satu penggemar anime Chibi Maruko-chan, tentu ada rasa sedih kehilangan salah satu creator komik terbaik dari Jepang tersebut. Untuk bernostalgia, kalian masih bisa menyaksikan anime Maruko yang saat ini masih ditayangkan loh di salah satu stasiun televisi swasta.