“Jangan nonton televisi kalau ada petir, nanti bisa meledak”. Begitulah kira-kira perkataan orangtua kepada kita saat ada hujan sekaligus petir di luar rumah. Jadi biasanya kita akan langsung menurutinya sebelum perkataan tersebut menjadi kenyataan.

Tapi pasti suruhan dari orangtua tadi membuat kita bertanya-tanya dalam relung hati. Memang apa hubungannya televisi meledak dengan petir yang menyambar-nyambar? Padahal, halilintar berada jauh di atas sana. Sedangkan televisi ya ada di dalam rumah dan pastinya akan aman dari sambaran listrik terbesar di dunia tersebut.

Larangan nonton tv saat petir sering diabaikan [Sumber Gambar]
Namun pada kenyataannya, tidak sesederhana yang kita pikirkan Sahabat Boombastis. Petir ternyata dapat meledakkan televisi karena ada perantara. Apalagi kalau bukan antena yang ada di atas atap. Jadi petir akan dihantarkan lewat kabel antena dan sampai ke televisi.

Petir bisa sambar antena [Sumber Gambar]
Nah, akibat dari ledakan tersebut bisa membuat manusia di sekitarnya terkena dampaknya. Melansir laman kompas.com, orang dalam jarak kurang dari dua meter kemungkinan besar bisa terkena luka bakar. Biasanya, para peneliti menyebut fenomena ini sebagai side flash. Di mana orang-orang terkena petir namun melalui suatu perantara.

View this post on Instagram

Menurut warga setempat ke eman korban tersebut sedang baring didepan TV kemudian terjadi ledakan pada TV tersebut disaat bersamaan terdengar juga suara ledakan petir. 6 penghuni rumah menjadi korban. Sedikitnya 8 orang yang menghuni rumah itu. . Korban pada pukul 13.00 wita sedang berada di dalam rumahnya yang sedang di bangun dan berada di dalam ruangan menonton Televisi dan duduk berdekatan. . Berselang sekitar pukul 15.00 wita hujan semakin deras yang disertai Petir namun korban tersebut tidak mematikan aliran listrik dan televisinya. . Bahkan salah satu korban melakukan pengecasan HP sambil main Game online dan sekitar pukul 16.00 wita tiba-tiba terjadi petir yang secara bersamaan Televisi merk Tosiba 24 inci bersama reseifer meledak. . “Lagi baring di depan Televisi tiba-tiba secara bersamaan terdengar suara ledakan petir dan Televisi itu meledak dan apinya mengenai ke enam korban tersebut yang sedang baring di depan Televisinya” ungkap Ismail Warga Desa Barambang. . Alhasil ke 6 korban tersebut terkena percikan api, diketahui warga tersebut bernama Diana (29), NF (13), Rismawati (24), AM(2), WL (13) dan Tene (27 tahun). . Sampai berita ini diturungkan 4 korban sedang menjalani perawatan di  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai, 1 masih dalm perjalanan dan satunya lagi yakni Tene (27 tahun) tidak dibawa ke RSUD karena lukanya tidak terlau parah. . . . . . . Artikel : Suarajelata.com Foto : kiriman netizen ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Punya info ??? Jangan lupa kirim dan tag kami yaaa ? . . #jakarta #jakartainfo #bandung #bekasi #bogor #depok #bandung #malang #jogja #samarinda #aceh #medan #manado #palu #kendari #maluku #papua #bali #palembang #ntt #ntb #gorontalo #ambon #makassar #makassarinfo #visitsulsel #exploresulsel

A post shared by MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

Peneliti petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Syarif Hidayat mengamini hal tersebut. Oleh karenanya ia menghimbau siapa saja untuk mematikan televisi ketika sedang ada petir. Lalu ia juga menuturkan kalau sebaiknya tidak memasang antena terlalu tinggi. Ya meskipun terkadang antena tinggi membuat kualitas gambar menjadi bagus, namun ada baiknya untuk menghindarinya. Daripada bernasib sama seperti keluarga di Desa Barambang, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini.

Dikutip dari akun instagram @makassar_iinfo, ada satu keluarga yang terkena luka bakar akibat menonton televisi saat hujan petir. Awalnya mereka menonton seperti biasa dan posisinya berdekatan dengan televisi karena ruangannya yang kurang luas. Tapi, tak disangka, televisi tiba-tiba meledak dan mengenai enam orang di rumah tersebut. Untungnya mereka selamat, namun harus dirawat beberapa waktu di rumah sakit untuk memulihkan kondisi.

BACA JUGA : Dilarang Main Ponsel Ketika Ada Petir, Mitos atau Fakta?

Dilarang menonton tv saat hujan petir ternyata bukan mitos belaka ya gengs. Pasalnya, hal tersebut bisa membahayakan kita yang ada di rumah. Contohnya seperti keluarga yang sudah disebutkan di atas. Sehingga, mulai sekarang, matikan televisi ketika ada hujan petir. Jangan nekat atau terima sendiri akibatnya.