Categories: Trending

10 Negara Super Kecil yang Tak Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Pernahkah anda mendengar sebuah negara dengan nama Mollosia? Belum pernah? Lalu pernahkah anda mendengar negara dengan nama Aerian Empire? Belum pernah juga? Ok, baiklah. Untuk yang terakhir kalinya, pernahkah anda mendengar sebuah negara bernama Akhzivland?

Baca Juga : 4 Negara dengan Seragam Sekolah Paling Seksi di Dunia

See? Ada banyak negara kecil yang bahkan tidak pernah kita dengar sebelumnya. Anyway, daripada penasaran, langsung saja kita bahas negara super kecil di dunia yang tak pernah anda dengar sebelumnya!

1. Dominion of Melchizedek (DoM)

Dominion of Melchizedek adalah sebuah negara yang terletak di kepulauan Mikronesia. Beberapa negara melakukan baned dengan keberadaan negara DoM karena orang yang berada di balik negara ini seorang penjahat. Yaph! DoM adalah negara bayangan atau bohongan yang mengakui beberapa wilayah di Mikronesia. Bahkan mereka hendak mencaplok negara kecil seperti Fiji.

.Dominion of Melchizedek [image source]
DoM dibentuk pada tahun 1990 dan menjadi negara backing kejahatan di Internet, terutama untuk penipuan uang. Orang-orang dari DoM banyak yang ditangkap di beberapa negara dunia karena menipu lewat internet. Hmm, meski negara ini tukang tipu-tipu ternyata ada Perdana Menterinya, lo! Gila!

2. Filettino

Filettino adalah negara kecil yang terletak di dalam negara Italia. Luas wilayah yang dimiliki oleh Filettino sebesar 78 kilometer persegi dengan 1.063 penduduk. Negara ini mendeklarasikan diri sejak 2011 dan sampai sekarang telah menjalankan administrasinya di luar Italia.

Filettino [image source]
Pada awal tahun 2011, Italia membuat peraturan agar desa atau wilayah berpenduduk harus bergabung dengan wilayah terdekat. Selain itu biaya administrasi juga akan dipotong secara signifikan. Menanggapi hal ini pemuka desa melakukan protes hingga akhirnya memilih menjadi negara sendiri bernama Filetino dengan Perdana Menteri Filettino aktif sekarang bernama Pasquale Squitieri.

3. Aerican Empire

Aerian Empire adalah sebuah negara dengan besar wilayah mencapai 9 juta kilometer persegi. Wilayah ini mencakup beberapa wilayah di Montreal, Kanada. Lalu wilayah yang diklaim oleh negara berbentuk kerajaan ini berada di beberapa wilayah di bumi yang sulit dijejaki orang. Terakhir, wilayah dari negara ini berada di Mars dan juga Pluto (Ok, sepertinya yang membuat negara sedang pusing)

Aerican Empire [image source]
Aerian Empire adalah negara yang memiliki penduduk hanya 182 orang. Ya, jumlah yang sangat kecil untuk sebuah negara yang memerintah secara monarki. Dideklarasikan pada tahun 1987, Aerian Empire telah menarik banyak perhatian orang. Tapi kebanyakan orang itu hanya akan menertawakan negara yang bisa dibilang mainan ini. Coba lihat benderanya!

4. L’Anse-Saint-Jean

L’Anse-Saint-Jean adalah sebuah wilayah kecil yang terletak di Quebec, Canada. Pada Januari 1997, wilayah dengan wilayah sebesar 530 kilometer persegi ini menyatakan merdeka dan mendirikan negara sendiri. Mereka ingin terbebas dari Kanada sebagai negara besar yang menjadi asal wilayahnya.

L’Anse-Saint-Jean [image source]
Kanada sebagai wilayah induk tidak mengakui keberadaan negara bernama L’Anse-Saint-Jean ini. Mereka tetap menganggap wilayah itu sebagai wilayah negaranya. L’Anse-Saint-Jean justru digunakan oleh Kanada sebagai wilayah wisata unggulan. Banyak turis asing tertarik dengan keberadaan L’Anse-Saint-Jean sebagai negara yang tak diakui.

5. Akhzivland

Akhzivland adalah sebuah wilayah yang terletak di Israel. Pada tahun 1971, pemerintah setempat ingin menggusur wilayah yang dikuasai oleh Eli Avivi. Tak terima dengan perlakuan pemerintahnya, Eli Avivi akhirnya mendirikan sebuah negara dengan nama Akhzivland. Negara ini masih berdiri hingga sekarang dengan penduduk di dalamnya berjumlah dua orang saja.

Akhzivland [image source]
Pemerintah dari Israel tentu tidak mengakui keberadaan negara kecil di wilayahnya. Terlebih dideklarasikan oleh satu orang saja. Tapi akhirnya pemerintah setempat hanya bisa diam dan mempromosikan Akhzivland sebagai tempat wisata. Banyak turis asing dari Eropa diboyong untuk melihat negara berpenduduk paling sedikit di dunia ini.

6. Wirtland

Wirtland adalah sebuah negara yang dibuat di internet. Pertama kali dideklarasikan pada tahun 2008 silam. Wirtland adalah sebuah negara yang digunakan untuk proyek uji coba pengakuan wilayah yang dibuat tanpa adanya tanah. Ya, negara ini benar-benar hanya ada di Internet dan tidak memiliki sebuah wilayah daratan yang dimiliki negara kecil lainnya.

Wirtland [image source]
Meski tidak memiliki wilayah, negara ini memiliki sistem yang sangat baik. Bahkan pada tahun 2014 mengeluarkan sebuah koin mata uang ICU (International Currency Unit). Semua orang dapat menjadi warga negara dari Wirtland hanya dengan mengirimkan aplikasi permohonan. Syaratnya hanyalah anda harus berumur 18 tahun. Tertarik?

7. Kingdom of Vikesland

Kingdom of Vikesland adalah sebuah negara kecil yang dibuat oleh seorang bernama Christopher Barry Joseph Beyette. Ia adalah seorang sineas yang terobsesi mendokumentasikan sebuah film tenang mikronation. Akhirnya dengan segala cara ia membangun sebuah negara kecil bernama Kingdom of Vikesland.

Kingdom of Vikesland [image source]
Negara kecil ini memiliki penduduk sebanyak 26 orang. Diduga semua penduduk yang mendiami negara ini adalah kru film. Lalu pria yang membangun negara ini menyebut dirinya sebagai Raja Christopher I. Sampai saat ini negara Kingdomg of Vikesland masih berdiri dan menjalankan pemerintahannya. (Mungkin pemerintahannya juga memakai script film)

8. Principality of Sealand

Principality of Sealand adalah sebuah negara yang wilayahnya hanya berupa sebuah pipa yang tertancap di tengah laut. Pipa ini dideklarasikan sebagai wilayah negara oleh pria bernama Paddy Bates untuk memprotes perang. Ia tidak menyetujui adanya pesawat tempur yang dipasangi oleh senjata.

Principality of Sealand [image source]
Meski terbilang sangat ambisius, ternyata banyak orang yang bergabung menjadi warga dari negara ini. Mereka sebagian besar adalah aktivis anti perang. Sejak didirikan tahun 1963, negara ini memiliki penduduk sekitar 50 orang dan memiliki mata uang sendiri bernama Sealand dollar.

9. Freetown Christiania

Freetown Christiania adalah sebuah wilayah yang terletak di Compennhagen, Denmark. Wilayah ini akhirnya mendeklarasikan diri sebagai negara dengan hukum bernama Christiana Law pada tahun 1971. Sejak saat itu ada banyak warga yang tertarik bergabung. Bahkan wilayah seluas 0,34 kilometer persegi ini memiliki penduduk sekitar 1000 orang.

Freetown Christiania [image source]
Freetwon Christiana adalah tempat di mana apa saja dianggap legal, termasuk menjual narkoba. Itulah mengapa keberadaan negara ini menjadi kontroversi. Pada tahun 2004 beberapa penduduk dari negara ini dibunuh oleh gang narkoba di Conpenhagen. Well, kenapa harus membuat negara jika hanya untuk sesuatu yang sifatnya kriminal!

10. Glacier Republic

Glacier Republic adalah sebuah negara kecil yang dibuat oleh aktivis lingkungan di negara Chile. Aktivis ini ingin melindungi lapisan es yang sangat berharga ini dari para pelaku tambang di negara Amerika Selatan ini. Didirikan tahun 2014 silam, Glacier Republic memiliki penduduk sekitar 100.000 orang lebih.

Glacier Republic [image source]
Eksplorasi tambang di negara Chile semakin parah. Terlebih mereka menggali dan merusak daerah berglacier tebal. Para aktivis ingin memprotes pemerintah yang telah membiarkan pelaku tambang semaunya sendiri merusak lapisan galcier penting itu.

Baca Juga : 10 Negara Ini Diramalkan Bakal Hancur 20 Tahun Lagi

Hmm… by the way, sepertinya kita bisa membuat negara “Hutan Indonesia” untuk melindungi wilayah hutan Indonesia yang dibantai oleh pelaku illegal logging!

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Kasus Pencurian di Rosalia Indah, Setidaknya Ada 50 Kasus Kehilangan dengan Modus yang Sama

Belakangan viral kasus pencurian barang-barang berharga di armada perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah. Berawal dari…

4 months ago

Riwayat Istri Habib Rizieq Meninggal Dunia Setelah Melawan Penyakit Komplikasi

Kabar duka datang dari Habib Rizieq Shihab. Sang istri tercinta menghembuskan napas terakhirnya dan meninggalkan…

4 months ago

Anak Perempuan Attila Syach Berhasil Kabur Setelah Diculik 3 Hari, Begini Kronologinya

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Attila Syach. Anak dari mantan suami Wulan Guritno itu…

4 months ago

Buang Bantuan sampai Kabur, Perilaku Pengungsi Rohingya yang Membuat Warga Indonesia Geram

Rohingya merupakan kelompok etnis minoritas muslim yang ada di Myanmar. Sayangnya, di negaranya sendiri mereka…

4 months ago

Perempuan Ini Datang ke Pernikahan Bukan untuk Kondangan, tapi Mau Nagih Utang

Pernikahan seharusnya menjadi sebuah momen yang membahagiakan karena diharapkan dilakukan sekali seumur hidup dengan orang…

5 months ago

Akhir Tragedi Gunung Marapi Erupsi, Seluruh Korban Telah Ditemukan

Gunung Marapi yang ada di wilayah Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatra Barat, mengalami erupsi…

5 months ago