Categories: Trending

6 Motor Polisi Paling Gahar Se-Dunia, Indonesia Masuk?

Kita selalu mengidentikkan polisi dengan mobil padahal kendaraan operasional mereka bukan hanya itu. Motor juga jadi tunggangan operasional wajib, dan bisa dibilang lebih lincah dan relevan dengan kondisi di lapangan. Nah, sebagai polisi, mereka tidak boleh mendapatkan motor yang biasa-biasa. Bukan untuk gaya-gayaan melainkan agar bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Baca Juga : 6 Negara dengan Mobil Patroli Polisi Paling Buruk Se-Dunia, Indonesia Masuk?

Hal ini pun disadari oleh negara-negara di dunia yang akhirnya membekali polisi mereka dengan motor-motor super keren yang bahkan jarang ada di jalanan. Indonesia pun demikian, memang banyak sih polisi yang pakai matic dan bebek, tapi untuk tugas-tugas yang lebih greget biasanya mereka akan beralih menggunakan motor-motor yang lebih gahar.

Berikut adalah deretan motor-motor polisi paling gahar se-dunia. Yakin banget penjahat bakal nyerah kalau dikejar oleh salah satunya.

1. Dubai – Can Am Spyder

Ketika membicarakan Dubai, maka hilang sudah yang namanya batasan-batasan standar. Ya, Dubai memang selalu ‘pol-polan’ dalam segala sesuatunya. Termasuk bagaimana kepolisian negara itu memberikan motor yang benar-benar gila kepada para petugasnya. Can Am Spyder, motor super mewah beroda tiga ini dipilih sebagai kendaraan taktikal para polisi di sana.

Tak hanya mewah, motor satu ini juga cepat luar biasa [Image Source]
Can Am Spyder benar-benar keren, tak hanya dari tampilannya yang memukau tapi juga kemampuannya. Motor ini mampu melesat sangat cepat tapi sangat stabil berkat sistem dua roda di depan. Harganya sendiri bisa mencapai Rp 700 jutaan per unitnya.

2. Inggris – Kawasaki Concours

Bukan tanpa alasan kenapa motor satu ini pernah mendapatkan gelar “Best Tourning Bike”. Hal tersebut lantaran berbagai macam kegilaan dijejalkan di dalamnya. Soal teknologi, Kawasaki membenamkan banyak fitur keren mulai dari panel elektronik, braking system, auto heating biar tangan tidak dingin dan masih banyak lagi yang lain.

Inggris punya Concours yang pernah diganjar motor touring terbaik [Image Source]
Soal kecepatan jangan tanya, motor yang dibekali mesin 4 silinder 1352 cc ini bisa melesat dari 0-100 km hanya dengan waktu 2,9 detik saja. Pantas deh Inggris sangat aman. Lha motor para polisinya saja greget seperti ini.

3. Jerman – BMW R1200RT-P

Jerman memiliki pabrikan otomotif kelas dunia yang sudah sangat terkenal. Ya, siapa lagi kalau bukan BMW. Tak hanya menciptakan mobil-mobil yahud, BMW juga memproduksi motor-motor jempolan. Salah satu produknya bernama R1200RT-P yang kini setia menemani para polisi Jerman melakukan tugas-tugasnya.

Polisi Jerman makin oke dengan motor besutan BMW ini [Image Source]
Motor satu ini memang benar-benar punya kemampuan. Ia dibekali dengan mesin twin flat yang mampu membuatnya melontarkan 109 HP. Didukung pula oleh deretan teknologi ala BMW yang canggih, motor ini ibarat paket yang sudah lengkap sekali. Di Indonesia motor ini berharga Rp 550 jutaan dalam kondisi bekas.

4. Amerika Serikat – Suzuki GSX1300R

Mungkin para penggemar motor sudah tahu seperti apa Suzuki GSX1300R itu? Ya, motor yang diberi julukan Hayabusa ini adalah yang kendaraan roda dua paling cepat di dunia saat ini. Dari sisi tampilan, Hayabusa memang sangat sesuai untuk akselerasi dengan bentuk bodinya yang oval. Motor ini makin ngeri saja dengan balutan mesin DOHC 4 silinder 1340 cc yang bisa melesat dari 0-100 km hanya dengan 2,7 detik saja.

Hayabusa motor tercepat ini jadi andalan polisi Amerika [Image Source]
Motor ini digunakan polisi Amerika bukan hanya untuk patroli saja tapi juga mengejar tersangka. Berkat kecepatannya yang gila, motor ini pun seringkali  merepotkan para penjahat. Motor yang terus mengalami regenerasi dari tahun ke tahun ini dibanderol sampai Rp 230an juta.

5. Malaysia – Honda ST1300

Kalau bikin Petronas saja bisa, maka apa susahnya membekali petugas polisi dengan motor bagus? Ya, hal tersebut memang benar-benar dilakukan Malaysia. Tercatat, polisi Malaysia menggunakan Honda ST1300 sebagai kendaraan operasional mereka.

Tak hanya Malaysia, Honda ST1300 ini juga dipakai di banyak negara [Image Source]
Apa sih kehebatan motor satu ini? Honda ST1300 difungsikan untuk turing. Jadi, ia dibekali dengan berbagai hal agar ridernya nyaman dan bisa puas. Soal mesin, motor satu ini dilengkapi dengan mesin DOHC berpendingin cairan, akselerasinya konon begitu cepat dan sangat stabil. Motor ini sebenarnya tidak hanya dipakai di Negeri Jiran saja, tapi juga hampir di banyak negara. Mulai dari Hongkong, sampai Amerika. Bahkan salah satu kepolisian di Amerika ramai-ramai mengganti Harley mereka dengan ST1300 ini karena dianggap lebih oke.

6. Indonesia – Honda Goldwing

Bukan hanya matic dan bebek, polisi Indonesia juga punya motor yang super keren. Ya, Honda Goldwing namanya. Motor ini mungkin jarang sekali dilihat mata, pasalnya penggunaannya memang sangat terbatas. Polri memiliki sekitar 10 Goldwing, 4 buah masing-masing untuk mengawal RI 1 dan RI 2, satu buah lagi untuk mengawal Kapolda, dan sisanya terpajang cantik di markas.

Indonesia juga tak kalah dengan Honda Goldwing yang keren ini [Image Source]
Motor ini memang luar biasa keren, fiturnya benar-benar melimpah dengan fungsionalitas yang vital. Honda Goldwing dibuat untuk tujuan touring, makanya kenyamanannya adalah nomor satu. Sayangnya, motor ini hanya untuk mengawal saja, padahal dengan kecepatannya, polisi mungkin bisa lebih mudah membekuk para kriminal.

Baca Juga : 5 Alasan yang Bikin Cewek Males dengan Cowok Hobi Modifikasi Motor

Kalau motor-motornya segahar ini, penjahat pun bakal tahu diri dan memilih menyerah. Mau kabur pun pasti pikir-pikir. Kepolisian Indonesia sendiri juga bikin bangga dengan motor kerennya. Ke depannya, mungkin armada-armada super cepat dan gahar seperti itu harus makin diperbanyak. Biar penjahat di sini juga makin ampun-ampunan ketika berhadapan dengan polisi.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago