Categories: Unik Aneh

Uniknya Molossia, Negara Kecil Berukuran Tak Sampai 1 Hektar dengan Penduduk Cuma 32 Orang

Untuk membentuk sebuah negara, tentunya bukanlah hal yang mudah. Butuh kesepakatan bersama atas penduduknya dan juga biaya yang tidak murah. Pasalnya, sekecil apa pun sebuah negara, tentu butuh perawatan yang kadang bikin pusing para pemimpinnya. Bahkan tak jarang ada negara, meskipun kecil namun nyatanya kehidupan negaranya malah menderita.

Tapi ternyata di dunia ini ada loh sebuah negara kecil, namun biaya yang dibutuhkan untuk merawatnya juga murah. Bahkan uniknya lagi, negara itu meskipun tak punya lautan namun memiliki angkatan lautnya sendiri. Yuk mengenal Molossia si negara kecil nan unik itu.

Sebuah negara mini yang tak pernah terbayangkan

Molossia bisa dibilang sebagai sebuah negara mini, karena ukurannya yang memang tak lazim. Bagaimana tidak, dilansir dari laman Kumparan, wilayah yang dimiliki oleh Molossia ini ternyata kurang dari setengah hektar saja. Pendirinya adalah seorang pria bernama Kevin Baugh, yang memang dari dulu mendambakan ingin punya negara sendiri.

Molossia [sumber gambar]
Uniknya, Molossia didirikan hanya dengan modal USD10.000 dan hingga kini masih berdiri. Namun sayang karena tak memiliki hubungan diplomatik sama sekali, membuat negara ini tak diakui secara internasional. Namun menurut kenyataannya, mereka benar-benar ada dan berada di kawasan Amerika Serikat.

Punya banyak fasilitas bahkan angkatan laut

Punya banyak fasilitas bahkan angkatan laut

Layaknya sebuah negara, Molossia juga punya banyak fasilitas penunjang untuk penduduknya. Fasilitas ini lumayan lengkap, mulai dari bank, mata uang, kantor pos, biro telekomunkasi, hingga angkat laut ada di sana. Namun uniknya, negara kecil ini berada di kawasan gurun dan berpasir namun punya angkatan lautnya sendiri.

AL Molossia [sumber gambar]
Tentu hal ini bikin banyak orang jadi bertanya-tanya. Usut punya usut, angkatan laut yang mereka miliki ternyata hanya sebatas lima perahu mini yang sering dipakai untuk pergi ke sungai. Dan pasti yang memakai perahu itu adalah si presidennya sendiri dan warganya yang jumlahnya tak lebih dari 32 orang saja, itu pun tidak semua menetap di sana.

Bahkan sempat ingin punya angkatan udaranya sendiri

Bahkan sempat ingin punya angkatan udaranya sendiri

Tak hanya berhenti di angkatan laut, ternyata negara Molossia juga sempat kepikiran untuk memiliki angkatan udaranya sendiri loh.  Namun sayang, semua terbatas pada wilayah negaranya yang dianggap sangat kecil dan akhirnya presidennya mengurungkan niatannya. Ya, meskipun gagal di angkatan udara, tapi mereka akhirnya mendirikan badan antariksanya sendiri.

Fasilitas di Molossia [sumber gambar]
Sempat melakukan beberapa eksperimen, namun sayang kebanyakan dari percobaan yang dilakukan oleh badan antariksa Molossia itu gagal. Salah satu eksperimennya adalah dengan menggunakan puluhan balon berwarna untuk melihat pemandangan udara, namun sayang belum lama mengudara sudah tertiup angin.

Keberadaan warganya yang masih misteri

Keberadaan warganya yang masih misteri

Meskipun mengaku punya kurang lebih 30-an penduduk, namun sebagian dari mereka ternyata tidak tinggal di sana. Catatan jumlah penduduk di sana memang lumayan banyak, namun sebagian besar memiliki status sebagai long distance citizenship alias para kerabat. Sehingga mereka tidak benar-benar tidak menetap di kawasan Molossia dan hanya terdaftar saja di sana.

Lokasi Molossia [sumber gambar]
Nah sedangkan untuk orang-orang yang benar-benar tinggal di negara ini, ternyata hanya berjumlah tujuh orang saja, entah sekarang sudah bertambah atau malah berkurang. Uniknya, meskipun dianggap tidak lazim, namun nyatanya negara kecil ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang tertarik untuk melihatnya.

BACA JUGA: Kepulauan Cayman, Di Balik Keindahan Alamnya Tersimpan “Surga Pajak” Para Pengusaha Kaya

Molossia mungkin jadi salah satu negara unik di dunia. Bagaimana tidak, pasalnya dengan wilayah sesempit itu namun bisa menarik perhatian dunia. Ya, meskipun belum diakui dunia internasional namun fakta kalau negara ini adalah kenyataan. 

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

11 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago