Categories: Trending

5 Misteri yang Hanya Ada di Kuliner Indonesia

Perpaduan dari begitu banyak budaya di Indonesia menghasilkan keragaman kuliner yang nikmat. Masing-masing daerah di Indonesia punya makanan khas yang siap membuat lidah kita bergoyang. Meski banyak sekali kuliner Indonesia yang diadaptasi dari masakan India dan Cina, namun bumbu dan rempah khas Indonesia membuat rasanya jauh lebih spesial.

Selain kekayaan dalam segi rasa dan penyajian, ada beberapa hal yang unik dari kuliner Indonesia. Berikut ini adalah beberapa hal “misterius” dalam kuliner, yang hanya akan kita temui di Indonesia. Apakah ada penjelasan dan sejarah di balik keunikan tersebut?

1. Nasi Padang yang Dibungkus Jumlahnya Lebih Banyak

Jika anda penggemar masakan-masakan Padang, maka warung Padang adalah tempat pertama yang anda tuju jika sedang lapar. Di sini anda akan makan masakan yang nikmat tanpa perlu repot-repot memasak, mengingat masakan Padang rata-rata memakan waktu pengolahan yang lama. Masakan jenis apapun yang anda inginkan, tinggal tunjuk.

Nasi Padang Bungkus (C)kaskus

Namun, jika anda perhatikan baik-baik, jumlah nasi yang diberikan warung Padang jika anda membelinya dalam bungkusan jauh lebih banyak dari jika anda makan di dalam warung. Hampir semua Warung Padang menerapkan peraturan ini tanpa ada aturan tertulis. Konon, aturan ini diberlakukan agar orang yang membungkus nasi tersebut bisa berbagi dengan anggota keluarga lainnya di rumah. Namun, alasan pasti dari aturan ini masih menjadi misteri.

Demikianlah beberapa keunikan dalam dunia kuliner di Indonesia. Dari sini bisa kita lihat bahwa kuliner tidak hanya dibentuk dari unsur-unsur rasa dan tekstur, namun juga interaksi sosial. Kuliner menjadi jembatan bagi banyak orang dari latar belakang berbeda.

Keunikan kuliner Indonesia adalah salah satu dari banyak unsur yang membuat negara kita ini disenangi oleh banyak negara lain. Keramahan orang Indonesia seakan menjadi pelengkap dari kenikmatan kulinernya. Selamat berkuliner dan tetap bangga jadi orang Indonesia!

2. Warteg Bahari

Warteg alias Warung Tegal adalah tempat makan yang menjamur dimana-mana khususnya di Ibukota Jakarta. Warung ini menyajikan menu-menu makanan sederhana khas masakan rumahan dengan harga yang sangat terjangkau. Warteg juga memberikan pelayanan yang cepat dan praktis.

warteg bahari (C)famouschris

Jika anda perhatikan lebih dekat, ada banyak sekali warteg yang diberi nama “Bahari”. Kata ini adalah kata yang paling banyak dijadikan nama warteg dengan nama-nama lain yang mengikuti seperti “Sederhana” dan “Barokah”. Ini penjelasan di balik nama Bahari. Bahari adalah semboyan dari Kota Tegal, yang merupakan singkatan dari “Bersih, Aman, Hijau, Asri, Rapi dan Indah” (BAHARI). Jadi kata “Bahari di sini tidak ada hubungannya dengan “bahari” dalam bahasa Sanskerta yang berarti “kelautan”. Wah, orang Tegal hebat, ya. Mereka bangga dan terus membawa semboyan kota mereka.

3. Warung Padang “Bundo”

Kenikmatan masakan Padang memang sudah dikenal di seluruh Indonesia, bahkan di negara-negara lain. Rendang pernah dikategorikan sebuah website asing sebagai salah satu kuliner paling enak di dunia. Tidak hanya rendang, Sumatera Barat punya sederet makanan enak yang siap membuat kita meneteskan air liur seperti paru goreng, dendeng balado dan gulai kakap.

Warung Padang Bundo (C)geokuliner

Warung Padangpun hadir di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Dan hampir semua dari warung-warung Padang tersebut diberi embel-embel “Bundo”. Kita tentu sering melihat Warung Padang “Bundo Kanduang”, “Restu Bundo”, “Doa Bundo” dan Bundo-bundo lainnya. Diduga, nama “bundo” ini dipakai agar keberkahan dan doa seorang ibu mengiringi suksesnya sebuah usaha rumah makan.

4. Gayung untuk Martabak

Martabak adalah salah satu panganan yang digemari orang Indonesia. Di jalan-jalan, bahkan di mall-mall, kita akan menemukan banyak sekali orang yang menyajikan menu martabak. Martabak hadir dalam banyak varian rasa dari martabak telur yang gurih hingga martabak keju-cokelat yang menggugah selera.

gayung martabak

Keunikan dari martabak adalah penyajiannya. Dari semua benda yang bisa digunakan untuk menuang adonan ke dalam loyang, hampir semua pedagang martabak memilih benda plasti satu ini; gayung. Lazimnya, gayung digunakan untuk mandi. Hingga saat ini masih belum ada jawaban memuaskan kenapa para penjual martabak di Indonesia menggunakan gayung untuk menuang adonan martabaknya.

5. Teh Tawar Gratis, Teh Manis= Rp. 3.000

Teh adalah minuman yang lazim dikonsumsi orang Indonesia tiap hari. Meski Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, namun teh juga menjadi salah satu minuman wajib. Tidak seperti di India dimana teh disajikan dengan rempah dan susu dengan rasa pekat, di Indonesia teh biasanya disajikan hangat dengan gula.

Teh tawar dan Teh manis

Jika anda pergi ke warung makan dan memesan teh tawar sebagai minuman, biasanya anda tidak akan dikenakan bayaran alias gratis. Sementara, jika anda memesan teh manis, anda akan dikenakan biaya Rp.2000 hingga Rp. 3.000 untuk tiap gelasnya. Padahal yang membedakan teh tawar dengan teh manis hanyalah beberapa sendok gula, namun harganya berbeda begitu jauh.

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago