Mengenal Mbah No, Sosok yang Jadi Kepercayaan Presiden Jokowi Soal ‘Fesyen’

Tidak sembarang orang bisa bertanggung jawab atas penampilan sang Presiden

oleh Harsadakara
09:00 AM on Oct 11, 2017

Mandat dari orang nomor satu di Indonesia memang tidak mungkin disepelekan. Dari urusan kenegaraan hingga persoalan pribadi. Banyak sumber mengatakan bahwa Presiden Jokowi memiliki beberapa orang kepercayaan untuk menangani urusan-urusannya.

Untuk urusan penampilan, Presiden Jokowi juga punya sosok kepercayaan. Menjelang hari pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada akhir bulan nanti, disebut-sebut orang nomor satu di Indonesia ini telah memesan puluhan pasang baju adat. Namun, Pak Jokowi tidak menyerahkan hal ini ke sembarang orang. Sebut saja namanya Mbah No, warga asli Solo yang menjadi kepercayaan Pak Jokowi soal fashion.

Baca Juga
Menilik Perjuangan Mbah Wongso, Rela Tinggalkan Suriname Demi Mencari Sanak Saudara di Indonesia
Diusir dan Ditelantarkan, Sosok Kakek yang Sedang Viral Ini Ungkapkan Tetap Sayang Pada Anaknya

Perkenalan Mbah No dan Presiden Jokowi

Ditemui di kediamannya, pemilik toko “Busana Jawi” ini sedang sibuk merapikan perkakasnya. Ia sudah terlihat cukup berumur namun masih segar bugar. Mbah No, begitu ia biasa dipanggil oleh kerabatnya dan juga sang Presiden sendiri, sampai-sampai seluruh staf kepresidenan juga memanggilnya begitu.

Pak Jokowi dan Rakyat [image source]
Mbah No mengaku telah lama mengenal Pak Jokowi, bahkan sebelum ia menjabat sebagai walikota Solo. Ia bercerita bahwa dari dulu Presiden Jokowi selalu mempercayakan hal-hal yang berbau dengan busana adat kepadanya. Saking banyaknya pesanan Pak Jokowi, ia sampai tidak bisa menghitung sudah berapa banyak busana yang ia kerjakan untuknya.

Siapa Sebenarnya Mbah No

Mbah No ternyata merupakan generasi ketiga dari pemilik toko Busana Jawi Suratman, Solo. Ternyata, toko tersebut sudah melanglang buana lama sekali sebelum dikenal oleh khalayak karena Presiden Jokowi. Selain pemimpin negara, Mbah No juga memiliki beberapa langganan yang selalu mempercayakan busana-busananya kepada dirinya.

Sosok Mbah No [image source]
Dilansir dari detik.com Mbah No merupakan orang asli Jawa yang faham pula falsafah sukunya. Ia adalah seorang budayawan yang juga menggeluti bidang pakaian Jawa dan tosan aji. Sehingga tidak salah jika Presiden Jokowi menjadikan dirinya salah satu dari orang-orang yang dipercayai.

Pesanan Pak Jokowi

Mbah No mengaku sering mendapat pesanan dari sang Presiden, biasanya berupa pusaka dan baju adat. Hal yang sering dipesan Pak Jokowi adalah keris. Menurut Mbah No, keris tidak bisa dibuat sembarangan. Semua ada filosofinya.

Keris [image source]
Namun, Mbah No sendiri mengaku bahwa dirinya sering kedapatan ditelepon oleh ajudan Presiden secara mendadak, untuk dimintai menyiapkan beberapa keris dalam waktu singkat. Untuk mengantisipasinya, ia mengaku sudah siap jika tiba-tiba ada pesanan mendadak dari Presiden Jokowi. Ia sendiri mengaku tidak ingin mengecewakan orang nomor satu di Indonesia itu.

Pernikahan Kahiyang-Bobby

Ketika Mbah No ditanyai soal pernikahan Kahiyang dan Bobby, ia tidak banyak menjawab. Berapa pasang pakaian adat serta keris yang diminta Presiden Jokowi juga semuanya ia beberkan dengan jawaban “belum tahu.” Hal tersebut menuai penasaran dari publik mengingat perhelatan ini akan menjadi hajatan besar setelah pernikahan Gibran dan Devi beberapa tahun lalu.

Kahiyang dan Bobby [image source]
Namun, melihat bagaimana biasanya Presiden Jokowi memberi instruksi mendadak, jawaban Mbah No masuk akal juga. Ketika dulu pernikahan Gibran dan Devi dihelat, Mbah No kebagian untuk mengurus keris sebagai pelengkap busana adatnya.

Dari sekian banyak orang kepercayaan Presiden Jokowi, Mbah No ini adalah salah satunya. Memiliki toko busana adat yang sudah berlangsung selama generasi ke generasi membuat Pak Jokowi percaya bahwa kualitas produk Mbah No sudah terjamin. Mbah No juga mengaku tidak akan mengecewakan Presiden Jokowi dengan produk buatannya. Sukses terus ya, Mbah No!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA