Mengintip Kesederhanaan Pak Jokowi Soal Makanan yang Harusnya Bikin Para Pejabat Perlente Malu

Presiden aja makannya sederhana begini. Jadi, pejabat yang berlebihan harusnya lebih tahu diri.

oleh Rizal
16:00 PM on May 29, 2017

Nggak seperti Pak SBY atau Bu Mega yang terkesan glamor saat menjabat presiden, Pak Jokowi benar-benar menunjukkan kesederhanaan. Hal itu bisa kita kulik dari banyak hal, entah itu peliharaan kodok beliau sampai aksi mampir ke barbershop untuk sekedar merapikan rambut. Dulu mana ada sih presiden model begini. Yang nampak pokoknya harus wah biar makin dihormati rakyat.

Potret kesederhanaan lain sang mantan DKI 1 ini juga bisa kita tengok lewat makanannya. Bukan makan jamur truffle langka yang per gramnya bisa ditukar iPhone atau caviar yang harganya setara cicilan motor 6 bulan, Pak Jokowi memilih makanan yang begitu sederhana dan terkesan murah. Bukan pencitraan, hal ini sudah beliau lakukan sejak dulu.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Potret santap Jokowi [Image Source]
Tri Supriharjo, seorang koki istana asal Solo ini membeberkan banyak rahasia sang presiden soal makanan apa yang disantapnya sehari-hari. Pria ini mengatakan kalau Bapak, panggilan Tri kepada Jokowi, adalah sosok yang sederhana sekali, termasuk soal makanan. Kamu mungkin berpikir kalau sekelas presiden bakal makan makanan mahal, tapi faktanya Pak Tri bilang sahabat baik Raja Salman ini kerap makan sayur bening sampai oseng-oseng nangka muda yang kalau di warteg harganya cuma ribuan rupiah saja. Sangar ya?

Tri Supriharjo [Image Source]
“Terus, tempe tahu bacem, itu nggak lupa pasti. Teri, iya teri digoreng aja itu,” kata Pak Tri ketika ditanya lauk kesukaan presiden penerus SBY ini. Edan banget nggak sih presiden makan makanan rakyat macam gini. Padahal kita tahu tuh kelakuan para pejabat yang nggak banget. Meeting satu dua jam aja makanannya udah kayak prasmanan kawin. Dan menurut Tri lagi, alih-alih segalanya dilayani saat makan, Pak Jokowi selalu berdiri dan jalan ambil nasinya sendiri. Makin luar biasa nggak tuh?

Pak Jokowi selalu ambil sendiri nasinya [Image Source]
Dari makanan kita beralih ke kudapan. Dari apa yang telah kita bicarakan tadi, harusnya sudah ketebak dong kira-kira macam apa camilan Pak Jokowi? Ada yang jawab singkong goreng? Ah, keterlaluan tuh. Masa presiden makan begituan? Tapi, faktanya memang demikian. Bahkan kalau itu belum cukup mengejutkan, Pak Jokowi juga suka makan jagung rebus pula. Bagaimana dengan minuman? Kalau yang ini duet Pak JK agak nyeleneh pasalnya Presiden kita ternyata suka jus kedondong. Macam apa ya rasanya? Hehehe…

Ilustrasi singkong goreng [Image Source]
Terakhir, Pak Jokowi juga punya minuman khas yang nggak boleh ketinggalan. Ya, jamu. Tapi bukan sachet yang serenceng harganya 1o ribu, tapi bikin sendiri. Sederhana sih sederhana, tapi ya nggak ngenes itu juga keleus. Jamu ini dibikin juga oleh Pak Tri, dan keunikannya sendiri bukan dari taste atau bahan, tapi cangkir. Tahu gelas blirik bercorak hijau yang ndeso banget itu? Ya, itu cangkir jamu favorit presiden. Makin geleng-geleng dah.

Pak Jokowi rutin mengonsumsi jamu [Image Source]
Seperti itulah potret kesederhanaan Pak Jokowi. Saya tahu nih bakal banyak juga yang nggak percaya dan bilang pencitraan. Tapi, mangga dibuktikan sendiri kalau perlu ubek-ubek tuh dapur istana. Selalu bakal ada yang bernada miring, tapi yang pasti soal kesederhanaan, Pak Jokowi memang nggak bisa dibantah.

Ulasan ini sekaligus bisa jadi pelajaran bagi para pejabat perlente di atas sana. Lihat nih pak, presidenmu saja begitu sederhana, masa sampean mau foya-foya dan berlebihan. Kisah ini juga bisa jadi ilham buat kita untuk jadi orang sederhana. Pak Presiden aja nggak malu makan sayur bening dan cemilan singkong goreng, kok kita emosi ketika di rumah disajikan makanan yang sama. Btw Pak, jangan lupa makan ikan juga ya, nanti Bu Susi marah bisa ditenggelamkan lho!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA