Categories: Trending

5 Mega Proyek Gila dan Paling Mahal Sepanjang Masa

Money can buy everything, ungkapan ini memang seratus persen benar, meskipun ada yang bilang kebahagiaan tak bisa dibeli dengan uang. Tapi, dengan uang bisa bahagia, bukan? Uang memegang peranan penting, mulai dari dijadikan mahar kawin sampai jadi modal untuk melakukan hal-hal gila. Misalnya saja membiayai Neil Amstrong ke bulan. Jadi, kesimpulannya, tak ada uang, maka takkan ada pula hal-hal besar di dunia ini.

Baca Juga :6 Teknologi yang Paling Diinginkan Manusia Namun Belum Pernah Tercipta

Dengan uang pula banyak mega proyek gila yang pernah direncanakan selesai dibangun. Mulai dari proyek jalan tol Amerika yang luasnya tak karuan itu, sampai mega proyek ISS yang saat ini masih kokoh mengorbit Bumi.

Pertanyaannya, berapa banyak uang yang sudah dihabiskan untuk menyelesaikan proyek-proyek tersebut? Nilainya luar biasa gila. Sebesar apa sih? Berikut ulasannya.

1. Dubailand – $ 76 Miliar

Pergi ke sebuah taman bermain mungkin jadi wacana yang bagus untuk mengisi liburan. Tapi, bagi mereka yang ingin merasakan taman bermain yang tidak biasa, sepertinya harus coba mengunjungi Dubailand. Seperti namanya, Dubailand adalah taman bermain yang ada di Dubai. Namun ketika kita membicarakan Dubai, maka sudah jelas kalau tempat ini pasti nyerempet hal-hal gila.

Jika selesai, Dubailand akan jadi taman bermain paling besar se dunia [Image Source]
Ya, Dubailand memiliki apa pun yang kita cari dari sebuah taman bermain. Bahkan apa yang ditawarkan justru melebihi ekspektasi. Di sana tak hanya ada perosotan dan kolam renang saja, tapi juga theme park-nya yang sangat fantastis sampai bioskop terbaik se-daratan Arab, atau mungkin dunia. Proyek ini masih terus dikerjakan setelah sempat ditunda di tahun 2008 lalu. Sejauh ini, biaya yang sudah dikeluarkan untuk membangun taman bermain ini adalah $ 76 Miliar atau setara dengan Rp 1.048 triliun!

2. Economic City Milik Raja Abdullah – $ 86 Miliar

Nantinya, kita tak hanya bisa umroh atau haji saja saat ke Mekkah. Tapi, juga mampir di Economic City-nya Raja Abdullah. Kota ini terletak sejauh satu jam perjalanan dari Mekkah dan ketika selesai nanti, akan jadi bangunan paling prestisius se-tanah Arab bahkan Asia. Lalu, apa saja yang bisa kita temukan di kota ini? Sangat banyak!

Kota ini akan membuat nama Saudi Arabia makin jumawa di dunia [Image Source]
Di sini kita nantinya akan menemukan banyak fasilitas kelas satu. Mulai dari hotel, bandara, universitas sampai vila-vila. Kota impian Arab ini dibangun oleh Emaar Properties yang dikenal juga sebagai kreator Burj Khalifa, gedung tertinggi di planet Bumi. Jika kontraktornya macam begini, sepertinya Economic City ini benar-benar akan sesuai ekspektasi. Proyek ini sendiri senilai $ 86 miliar atau setara dengan Rp 1.186 triliun.

3. Pengeboran Minyak Kashagan – $ 116 Miliar

Proyek kilang minyak Kashagan juga jadi proyek paling gila sedunia. Pasalnya, proses perencanaan, izin, pembagian saham, sampai selesainya memakan waktu hingga 40 tahun lamanya. Tak hanya itu, nilai proyeknya sendiri benar-benar bikin kalkulator jebol. $ 116 miliar atau setara dengan Rp 1.600 triliun.

Proyek kilang minyak raksasa ini butuh waktu 40 tahun untuk selesai [Image Source]
Pembiayaan gila proyek satu ini memang tidaklah sia-sia. Karena per 2017 nanti, Kashagan akan mampu memproduksi sekitar 90 ribu barel minyak per hari. Kilang minyak ini sekarang dikuasai oleh beberapa perusahaan besar. Mulai dari Shell, Exxon Mobil, Total, China National Petroleum Corp dan masih banyak lagi yang lain.

4. International Space Station (ISS) – $ 150 Miliar

Dulu, orang-orang mengatakan hanya manusia gila yang bermimpi bisa tinggal di atas Bumi. Namun, pada akhirnya harapan ini terbukti dengan dibangunnya ISS. Walaupun sebagai konsekuensinya, negara-negara pengusungnya harus rela membayar biaya proyek sebesar $ 150 miliar atau setara dengan Rp 2.069 triliun.

ISS jadi proyek paling mustahil namun berhasil [Image Source]
Berdirinya ISS membawa banyak sekali kemajuan di bidang ilmu pengetahuan terutama soal astronomi. Peneliti yang dikirim untuk tinggal di ISS selalu punya misi-misi tertentu yang nantinya akan mampu menguak gelapnya jagat raya yang luas ini. ISS sendiri diusung oleh beberapa negara. Ada Amerika Serikat, Rusia, Jepang, Jerman, Perancis, Italia, dan masih banyak lagi.

5. Interstate Highway System – $ 459 Miliar

Jalur transportasi adalah sektor penting yang keberadaannya adalah wajib. Tanpanya, negara akan mengalami banyak kerugian. Mulai dari sisi ekonomi dan transportasi, sampai pertahanan negara. Ya, jalan-jalan juga penting bagi pergerakan kendaraan militer ketika terjadi gangguan yang menyangkut kedaulatan atau apapun. Amerika Serikat sadar jika peran jalan-jalan ini vital. Hingga akhirnya mereka menganggarkan banyak sekali untuk membangunnya.

Interstate Highway System masih jadi proyek paling mahal dalam sejarah manusia [Image Source]
Interstate Highway System dibangun atas prakarsa Presiden Dwight Eisenhower dengan alasan-alasan tadi. Proyek jalan ini sendiri dimulai tahun 1956 dan baru selesai 35 tahun sesudahnya. Interstate Highway System dibangun dengan menghubungkan satu tempat ke tempat lain yang tiap tahunnya bertambah panjang rutenya. Untuk membangun jalanan di seluruh Amerika tentu tidak kecil. Negeri Paman Sam itu setidaknya harus menggelontorkan uang sebanyak $ 459 miliar atau setara nilainya dengan Rp 6.331 triliun!

Baca Juga :Kisah Cinta Soekarno dan 9 Istrinya

Masih belum ada proyek di masa depan yang segila deretan bangunan ini. Namun, yang namanya manusia pasti takkan pernah puas dan tetap dalam pencapaian. Kita tunggu saja mega proyek apalagi yang bakal direncanakan nantinya. Mungkin saja di beberapa tahun mendatang manusia akan membangun proyek koloni Mars yang biayanya triliunan dolar.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago