Problematika rumah tangga Gading Marten dan Gisella Anastasia semakin pelik. Bukan karena proses perceraian mereka yang banyak hambatan, tetapi asumsi-asumsi yang keluar dari masyarakat. Sebab, hingga saat ini, Gading dan Gisel lebih memilih bungkam perilah masalah rumah tangga mereka yang menyebabkan keduanya ingin mengambil jalan sendiri-sendiri.

Di sisi lain, hal ini juga demi kebaikan Gempita—buah hati mereka, yang dirasa Gisel akan sedih jika sudah besar nanti akan membaca pemberitaan mengenai orang tuanya, seperti yang diungkap ketika konferensi pers beberapa waktu lalu. Namun yang membuat masyarakat terkejut adalah ungkapan Mbah Mijan terkait dengan penyebab perceraian Gading dan Gisel.

Gading Gisel canggung bermesraan [sumber gambar]
Pada Seleb on News edisi 3 Desember 2018, Mbah Mijan mengungkapkan penyebab mengapa Gading dan Gisel kekeuh berpisah. Dikutip dari grid.id, Roy Marten menyatakan apa yang disebut Mbah Mijan tidak benar. Semakin dibuat penasaran lah netizen oleh pernyataan Mbah Mijan. Sebab, asumsi netizen sudah dibantah semua oleh Gading dan Gisel. Mulai dari orang ketiga, masalah ekonomi, hingga kekerasan dalam rumah tangga. Masalah apa lagi yang kira-kira bercokol dalam keluarga harmonis versi netizen? Mbah Mijan menjelaskan dari sisi tradisi yang ada hubungannya dengan hal-hal klenik. Masih ingatkah Sahabat Boombastis di mana Gading dan Gisel menikah?

Pada 14 September 2013, Gading dan Gisel resmi menikah di Gereja Tirta Luhur, Uluwatu, Bali. Uluwatu sendiri merupakan tempat sakral dengan sajian view yang bikin siapapun bakal susah move on. Tak ayal, jika banyak artis yang melangsungkan pernikahannya di sana, termasuk Gading dan Gisel. Dalam tayangan Seleb on News, Mbah Mijan menyebutkan adanya kemungkinan adat atau tradisi yang tak diikuti oleh Gading dan Gisel hingga menyebabkan rumah tangga mereka goyah. “Ketika ada tempat keramat yang kental dengan adat dan tradisi, tiba-tiba kita datang ke sana dan tidak mengikuti adat dan tradisi yang sudah turun temurun di tempat itu, misalnya Uluwatu, memang bisa berdampak pada diri kita,” ungkapnya.

Pernikahan Gading dan Gisel di Uluwatu Bali [sumber gambar]
Laman Kompas.com, pernah menyebut Uluwatu—khususnya di Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu tempat paling suci di Bali. Pura ini ditemukan oleh pendeta suci, Dang Hyang Nirartha yang datang pada tahun 1550 dan mengakhiri perjalanannya dengan Moksa atau ngeluhur di tempat ini. Masyarakat Bali sendiri percaya Pura Luhur Uluwatu ini sebagai penyangga 9 mata angin. Lokasi Pura Luhur Uluwatu dan gereja tempat Gading dan Gisel mengikat janji suci pun tak terlalu jauh. Selain itu, banyak aturan yang diterapkan untuk masyarakat yang ingin berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu.

Aturan yang tak boleh dilanggar di Uluwatu Bali [sumber gambar]
Seperti halnya mengenakan pakaian panjang—jika ada pengunjung yang datang mengenakan celana pendek, telah disediakan kain batik yang bisa dipinjam. Selain itu, bagi wanita yang sedang mendapat menstruasi juga tak diperbolehkan masuk. Aturan-aturan tersebut sebenarnya sangat dasar, tetapi tak sedikit masyarakat yang memaksakan masuk ke sana demi menikmati matahari terbenam atau tari kecak yang menjadi khas daerah Uluwatu. Mbah Mijan sendiri menggaris bawahi kemungkinan pernikahan Gading dan Gisel telah melewati satu poin adat atau tradisi yang harus dijalankan ketika berada di lingkungan Uluwatu. “Mungkin, mereka-mereka yang menikah di Uluwatu dan bercerai karena teman-teman artis kita tidak mengikuti adat dan tradisi. Mereka tidak peduli sampai ke sana, yang penting view-nya bagus, keren,” sebut Mbah Mijan.

BACA JUGA: Usai Konferensi Pers Perceraian Berdua, Gading dan Gisel Tampak ‘Mesra’ Hadiri Acara Gempita

Bukan hanya Gading dan Gisel yang menikah di Uluwatu, Bali. Ada juga Dewi Sandra dan Glenn Fredly pada tahun 2006. Pada akhirnya, keduanya pun memilih untuk berjalan masing-masing, meski Dewi Sandra telah menjalani babak baru dalam kehidupannya sekarang. Ketika ditanya, Dewi Sandra pun menyangkal adanya pelanggaran adat atau tradisi seperti yang diungkapkan Mbah Mijan. “Kalau saya percaya dengan mitos-mitos seperti itu, akan sangat merugikan bagi saya,” kata Dewi Sandra, dikutip dari grid.id. Kalau menurut Sahabat Boombastis sendiri bagaimana, adakah campur tangan semesta mengenai lokasi pernikahan Gading dan Gisel atas perceraiannya?