Pada dasarnya, lukisan adalah sebuah karya seni yang dibuat oleh para pelukis untuk menuangkan ide, pikiran, serta perasaannya. Setiap orang boleh saja punya persepsi berbeda mengenai karya lukisan yang mereka lihat. Beberapa lukisan juga kemudian menjadi terkenal karena ada kekuatan tersendiri, seperti halnya Monalisa yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci. Konon, senyuman Monalisa dalam gambar tersebut ditafsirkan dalam banyak pendapat.

Selain itu, di Indonesia sendiri ada beberapa lukisan yang konon punya daya magis tersendiri. Hal tersebut tentu membuat banyak orang penasaran ingin melihatnya. Kok hal tersebut bisa terjadi ya? Lukisan apa saja yang punya keunikan tersebut? Simak uraian Boombastis.com berikut sampai selai ya!

Jantung berdegup dari Lukisan Bung Karno

Walaupun sudah meninggal dunia, sosok Bung Karno tak pernah mati di hati rakyat. Semua hal tentangnya juga selalu menarik untuk dibicarakan tak terkecuali lukisannya yang ada di Perpustakaan Nasional Bung Karno di Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar. Menurut sejumlah pengunjung, lukisan ini tampak seperti hidup. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan bagian jantungnya yang bisa berdetak saat pengunjung memusatkan perhatiannya pada bagian tersebut.

Lukisan Bung Karno [Sumber gambar]
Nah, menurut penjaga museum, dalam lukisan ini bersemayam sosok bernama Jatoro Suro, sosok jin penunggu gunung Kelud yang telah ditaklukkan Bung Karno. Karena saking patuhnya ia pada Bung Karno, sebelum lukisan ini ada, Jatoro tinggal di sekitar makam Bung Karno. Namun, setelah lukisan ini ditaruh di perpustakaan, Jatoro tinggal di dalam lukisan tersebut.

Lukisan Prabu Siliwangi yang selalu gelap bila difoto

Prabu Siliwangi adalah raja Padjajaran yang pada masanya. Menurut beberapa sumber, Prabu Siliwangi dilindungi oleh peliharaan berupa harimau putih. Tak heran jika sosoknya yang gagah diabadikan dalam karya seni, salah satunya adalah lukisan. Potret sang raja ini diletakkan di Keraton Kasepuhan, Jl Jagasatru Cirebon. Para pengunjung yang datang mengatakan bahwa lukisan tersebut punya aura tersendiri.

Lukisan Prabu Siliwangi [Sumber gambar]
Bila dilihat, mata dan jari kakinya bisa mengikuti ke arah mana pun kamu berdiri. Ada yang percaya bahwa hal tersebut merupakan efek dari lukisan, ada pula yang mengatakan bahwa itulah bentuk pengawasan sang prabu kepada pengunjung. Yang anehnya lagi, siapapun yang mencoba mengambil foto lukisan, maka hasilnya akan gelap.

Sosok gadis berambut panjang Oei Hui Lan di Hotel Tugu Malang

Bagi yang pertama kali mengunjungi Hotel Tugu Malang, maka akan sangat terkejut melihat lukisan yang berada di ruangan klasik yang disebut sebagai The Raja Room ini. Bagaimana tidak, sesosok perempuan berambut panjang, berdiri di depan kaca dengan bayangannya, serta berpakaian serba putih, jadi mengingatkan kita pada sosok lain kan? Usut punya usut lukisan yang katanya punya unsur magis dan menakutkan ini adalah Putri Oei Hui Lan.

Lukisan di Hotel Tugu [Sumber gambar]
Ia merupakan anak dari juragan gula –yang merupakan kenalan pemilik Hotel tersebut. Adapun keberadaan lukisan tersebut memang atas permintaan sang putri untuk membuatkan ruangan khusus untuk barang milik dirinya, termasuk lukisan itu. Lengkapnya tentang lukisan ini silakan mampir di artikel Boombastis Menyibak Misteri Lukisan Wanita Berambut Panjang di Hotel Tugu yang Bikin Penasaran.

Potret Nyi Roro Kidul di sebuah kamar Samudra Beach Hotel

Membahas sang penguasa laut selatan ini memang tak ada habisnya. Salah satu misteri tentang Nyi Roro Kidul adalah sebuah lukisan yang berada di Samudra Beach Hotel kamar 308. Pengakuan dari mereka yang pernah singgah menyebutkan bahwa menatap lukisan tersebut selama kurang lebih 15 menit, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda.

Lukisan Nyi Roro Kidul [Sumber gambar]
Ada yang bisa merasakan sesuatu hadir di sekeliling mereka dengan aroma melati, ada pula yang melihat sekelebatan kain hijau diikuti suara ombak pantai. Entahlah, tak ada yang bisa memecahkan misteri apa yang ada di dalam lukisan itu, hingga sekarang, potret tersebut masih bisa dilihat di Hotel Samudra Beach.

Nah, percaya atau tidak kadang memang ada fenomena yang tak bisa dijelaskan oleh sains. Tetapi semua juga tergantung dengan Sahabat semua, mau percaya atau tidaknya. Atau, mungkin jika ingin membuktikan dengan mata kepala sendiri, bisa datang dan kunjungi tempat di mana 4 lukisan tersebut berada. Semoga bermanfaat!