in

Bukan Menunggu Pelanggar, Ini Alasan di Balik Mobil Polisi Parkir di Bahu Jalan

Tak sedikit pengemudi yang suka mati gaya lantaran melihat mobil polisi nangkring di bahu jalan. Biasanya para pengendara memilih untuk mengemudi agak ke tengah atau bisa juga berbalik arah. Ya maklum, karena adanya mobil polisi ini biasanya merupakan pertanda kalau ada razia yang tak diberitahukan sebelumnya.

Tapi, selidik punya selidik, fakta sebenarnya bukan seperti itu Sahabat Boombastis. Ya memang mobil polisi di bahu jalan itu identik dengan adanya razia. Namun, ada alasan lain yang cukup membuat kita mengangguk-anggukan kepala dan bahkan berterima kasih kepada sang polisi.

Mobil polisi di bahu jalan [Sumber Gambar]
Hal ini ditanggapi oleh Kasubdit Laka Direktorat Gakkum Korlantas Polri yaitu Kombes Pol Djoko Rudi. Ia menyampaikan bahwa diparkirnya mobil patroli polisi di bahu jalan bukan untuk menunggu para pelanggar. Namun ternyata, para polisi mengingatkan bahwa di jalur atau jalan tersebut merupakan wilayah black spot.

Memberi tahu titik rawan kecelakaan [Sumber Gambar]

Black spot bukanlah titik hitam Sahabat Boombastis. Tapi black spot merupakan suatu titik atau area yang kemungkinan besar sangat rawan terjadi kecelakaan. Nah, biasanya penentuan black spot ini berdasarkan data kecelakaan yang terjadi setiap bulan atau satu tahun sekali. Atau bisa juga dari beragam metode yang tidak dapat disebutkan satu persatu di artikel ini.

Mobil polisi di jalan tol untuk anulir lalu lintas [Sumber Gambar]
Itu tadi yang berada di bahu jalan raya biasa. Hal ini berbeda dengan mobil patroli polisi yang bertengger di jalur satu tol. Dilansir dari laman gridoto.com, mobil patroli tersebut berfungsi untuk menganulir arus lalu lintas. Pada umumnya, kendaraan tersebut berada pada jalur lambat atau emergency yang kemungkinan besar di jalan itu banyak dilakukan pelanggaran.

Sehingga, bagi kalian yang mengemudi lalu bertemu mobil patroli polisi di bahu jalan, sebaiknya jangan khawatir deh. Ya karena ternyata, kendaraan tersebut memiliki fungsi tersendiri. Tujuannya pun sangat mulia yaitu ingin menginformasikan kepada para pengguna jalan bahwa jalur tersebut rawan terjadi kecelakaan. Jadi, jangan berpikiran buruk dulu ya Sahabat Boombastis.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Hal Ini Bakal Dialami Oleh Indonesia Jika Aturan Hukuman Mati Dihapus Permanen

Jantung Berdegup Hingga Tampak Seperti Hidup, Inilah 4 Lukisan yang Punya Aura Magis