4 Perbuatan Hebat Soekarno yang Tak Dilakukan Presiden Indonesia Lainnya

4 Perbuatan Hebat Soekarno yang Tak Dilakukan Presiden Indonesia Lainnya

oleh Rizal
07:00 AM on Dec 10, 2016

Seumpama ada sebuah polling yang topiknya adalah memilih presiden terbaik Indonesia, kira-kira siapa sih yang bakal menjadi pilihanmu? Bisa ditebak kalau mayoritas pasti akan memilih Bung Karno.  Alasannya tak lain karena sosok satu ini pernah berjasa begitu besar bagi bangsa. Tanpanya, Indonesia mungkin akan terpuruk dan akan dipandang sebelah mata sampai hari ini.

Memang, hampir tak ada satu pun sosok presiden Indonesia setelah Bung Karno yang bisa disejajarkan dengan Putra Sang Fajar. Bahkan Sang Smiling Jenderal yang katanya di zamannya enak banget, pun belum bisa disetarakan jasanya. Makanya, adalah sangat wajar kalau kemudian Bung Karno selalu mendapatkan label presiden terbaik.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Sebenarnya gelar tersebut tak hanya karena jasanya bagi Indonesia ketika masa perjuangan, tapi juga kiprah setelah menjadi orang nomor satu. Ya, ada banyak hal-hal luar biasa yang dilakukan Bung Karno ketika itu. Beberapa di antaranya cukup hebat sampai-sampai tak sanggup ditiru oleh para presiden penerusnya. Serius, dalam beberapa hal mungkin cuma Bung Karno yang bisa melakukannya. Tak percaya? Simak ulasannya berikut.

1. Presiden yang Berani Ganyang Malaysia

Soekarno memang sosok yang suka bernegosiasi, tapi ketika negaranya diganggu dan direndahkan, maka beliau takkan lagi memandang diskusi sebagai solusi, melainkan menurunkan pasukan perang. Seperti yang terjadi ketika beliau sangat tersinggung dengan Malaysia yang sampai akhirnya menurunkan pasukan-pasukan terbaik Indonesia ke tanah negeri Jiran.

Ganyang Malaysia oleh Bung Karno [Image Source]
Dalam sejarah bangsa ini, mungkin hanya sekali itu Indonesia benar-benar menurunkan pasukan perang untuk melawan Malaysia. Setelahnya, kita selalu memilih damai dan damai ketika ada problem dengan si tetangga. Padahal kasusnya lebih besar lagi yakni klaim teritorial dan budaya. Sungguh, kalau Malaysia berani melakukan itu di masa Bung Karno, maka semua pasukan akan diturunkan untuk menghajar si Cecunguk Malayan kalau kata beliau dalam sebuah pidato.

2. Bung Karno Membuat Militer Indonesia Ditakuti Dunia

Militer Indonesia saat ini bisa dibilang cukup hebat. Bagaimana tidak, kita berada di peringkat 13 dari 126 negara. Tapi, percaya atau tidak, dulu militer kita jauh lebih hebat lagi. Di masa Bung Karno angkatan perang Indonesia sangat ditakuti bahkan oleh Amerika dan negara-negara barat sekali pun.

Militer Indonesia sangat hebat di masa lalu [Image Source]
Dulu kita adalah sahabat baik Soviet. Makanya, kemudian Indonesia disupply dengan berbagai alutsista luar biasa, termasuk KRI Irian yang dulu adalah kapal perang kelas wahid yang tak banyak dimiliki oleh negara lain. Tak hanya alutsista, secara kualitas tentara juga oke sekali. Di masa Bung Karno, beliau banyak menciptakan pasukan-pasukan elit.

3. Bung Karno Bersahabat Baik dengan Orang-Orang Hebat

Adalah hal yang lazim kalau seorang presiden berteman dengan orang-orang hebat. Tapi, pertemanan itu biasanya adalah untuk hal-hal yang bersifat formalitas. Namun, Bung Karno dulu tidak seperti ini. Beliau berteman dengan orang-orang luar biasa dengan begitu dekat. Bahkan seperti adik kakak.

Bung Karno dan Fidel Castro [Image Source]
Ada banyak orang-orang hebat yang bersahabat baik dengan beliau. Beberapa di antaranya adalah Che Guevara dan juga yang baru meninggal kemarin yakni Fidel Castro. Bahkan nih, Bung Karno juga jadi sahabat Kim Il Sung yang cucunya dibenci oleh manusia sebumi alias si Kim Jong Un. Bahkan saking dekatnya dua orang ini, bunga pemberian Bung Karno sampai dibikinkan semacam perayaan di Korea Utara.

4. Presiden Soekarno Pernah Bikin Amerika Takluk

Seperti kisah yang mungkin kamu pernah dengar, Bung Karno ini adalah sosok yang sangat tidak disukai oleh Amerika. Manuver beliau dianggap sering bikin AS gregetan. Makanya, bolak-balik AS melalui CIA-nya pernah ingin membuat Bung Karno terjerembab. Mulai dari membuatkan sang proklamator video panas sampai menyuruh seorang Allen Pope untuk menyusup dan memprakarsai sejumlah gerakan pemberontakan di Indonesia.

Allen Pope [Image Source]
Untungnya, semua rencana busuk AS terhadap Bung Karno ini tak berhasil. Bahkan Allen Pope sendiri berhasil ditangkap dan bikin Presiden AS kala itu seperti disobek mukanya. Amerika dipaksa secara psikologis mengakui kehebatan Indonesia. Ketika itu bangsa kita benar-benar di atas angin karena bisa membuat negara sebesar AS harus tunduk.

Terlepas dari segala kontroversi yang melingkarinya entah soal kesukaan Bung Karno kepada para wanita dan sebagainya, tapi harus diakui kalau presiden pertama kita itu luar biasa. Kiprahnya benar-benar menginspirasi karena beberapa aksinya sangat gahar dan tak sanggup diulangi lagi oleh para pemimpin setelahnya. Sayangnya, meskipun jasanya begitu besar, tapi akhir hidup dari Bung Karno ini miris. Ia jadi pesakitan yang harus dirawat oleh seorang dokter hewan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA