Categories: Tips

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia

Sebagai salah satu negara destinasi wisata bagi turis local maupun mancanegara, Indonesia memang memiliki banyak sekali khasanah kuliner yang memanjakan lidah. Tak hanya dalam negeri, namun juga luar negeri. Sampai-sampai ada lagu Belanda tempo dulu berjudul Geef Mij Maar Nasi Goreng, karena orang Belanda yang pernah ada di sini, benar-benar tak bisa lupa dengan nasi goreng, sambal dan kerupuk.

Baca Juga: 6 Keunikan Indonesia Yang Tidak Akan Ada di Luar Negeri

Memang, ada beberapa makanan khas Indonesia yang kelihatan sederhana dan biasa bagi kita. Tapi, kalau kita berada di luar negeri, dijamin deh tak akan menemukan yang sama rasanya seperti di Indonesia. Nah, mari kita kupas satu per satu makanan Indonesia yang tak ada duanya di dunia. Hato-hati, jangan baca saat perut kosong.

1. Kerupuk

Yang pertama dan selalu menjadi penyelamat anak bangsa saat kantong kempes dan hanya punya nasi semata. Jangan khawatir, kerupuk bawang yang banyak dijual di warung bisa jadi lauk sangat sederhana yang menyelamatkan jiwa raga. Kerupuk memang jadi makanan ekonomis dan merakyat yang tak terpisahkan hampir di seluruh meja makan keluarga Indonesia.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia KERUPUK WIKIPEDIA

Nah, Indonesia ini termasuk kaya dengan jenis kerupuk. Kerupuk bawang, kerupuk rambak, kerupuk pasir, rempeyek dan berbagai jenis panganan kering yang meramaikan sesi makan kita. Uniknya, beberapa kerupuk juga punya pasangan makanan. Misalnya kerupuk rambak dengan soto, kerupuk peyek dengan pecel dan sebagainya. Kalau Anda, suka yang mana?

2. Aneka Sambal dan Lalapan

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan sambal dan lalapan? Apalagi Indonesia masa kini sudah menjadi penggemar masakan pedas, menyertai khasnya bumbu rempah yang khas. Bahkan, warga kita bisa geger kalau harga cabai bisa naik.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia SAMBAL WIKIPEDIA

Memang menu makanan apapun, tanpa sambal jadi hambar rasanya. Namun ada juga teman sajian sambal yang menyegarkan, yaitu lalapan. Terdiri dari sayur segar seperti timun, kacang panjang, slada, kubis dan kemangi. Makan dengan tangan biasanya lebih seru. Perpaduan segar, pedas dan gurih di mulut yang membuat sambal dan lalapan ini bisa menghiasi menu berbagai warung di pinggir jalan Indonesia. Sambal apa nih yang jadi favorit Anda?

Selanjutnya: Bakso dan Nasi Goreng

3. Bakso

Bakso memang merupakan makanan yang berasal dari kaum Tionghoa Indonesia. Namun seiring waktu berjalan, bakso menjadi makanan yang makin merakyat dan variatif. Indonesia cukup kreatif membuat bakso jadi beraneka ragam. Misalnya bakso isi, bakso raksasa, bakso pedas hingga bakso jamur. Ada juga nih bakso kecil yang banyak dijual di sekolah-sekolah dan disebut pentol atau cilok.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia BAKSO WIKIPEDIA

Oh iya, bakso adalah makanan favorit Obama saat di Indonesia. Tidak ada yang tidak mengenal bakso. Sampai ada lagu tentang abang tukang bakso. Dan bakso Indonesia yang dijual dengan gerobak itu memang sangat stunning dan jarang ditemui di tempat lain. Di musim hujan begini, bakso bisa jadi teman sejati. Kenyal dan kuah hangat gurihnya itu lho, pecah banget di mulut.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng Indonesia adalah yang paling enak dan diakui oleh berbagai artis di seluruh dunia yang pernah mampir ke Indonesia. Beberapa artis Jepang dan Korea yang pertama kali makan di Indonesia, pasti memilih ‘menu aman’ ini. Meski demikian, tidak dipungkiri menu praktis nasi goreng selalu punya rasa yang menggoyang lidah, siapapun Anda. Apalagi kalau menikmati nasi goreng pinggir jalan yang dilengkapi ‘atraksi’ masak dengan wajan besar sampai nasinya melayang-layang.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia NASI GORENG WIKIPEDIA

Orang Belanda pernah membuat lagu tentang nasi goreng berjudul Geef Mij Maar Nasi Goreng. Jarang-jarang lho ada lagu fenomenal tentang makanan daerah di luar negeri. Dalam lagu ini, mereka menyebutkan banyak makanan lain seperti kerupuk, kue lapis, tahu petis, onde-onde dan sambel. Aah, memang makanan Indonesia itu ngangenin banget ya?

5. Tahu Dan Tempe

Satu makanan yang menjadi dua sejoli dalam menu makanan Indonesia yang tak terpisahkan. Tahu dan tempe, menu yang jangan dikira akan mudah menemukannya di luar negeri dengan harga murah. Makanan yang sederhana ini, ternyata adalah menu mewah di luar negeri. Padahal di Indonesia, hanya dengan merogoh 5.000 rupiah, kita bisa makan tahu dan tempe selama beberapa hari.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia TAHU TEMPE WIKIPEDIA

Di luar negeri, tempe satu kotak kecil harganya bisa jadi Rp 25.000 lho. Jadi, cukup beruntung selama kita punya pasar lokal di Indonesia yang menjual produk lokal berkualitas dengan harga murah. Tahu tempe ini adalah makanan murah dan bergizi dan seringkali tak akan lewat di menu-menu meja makan di rumah.

6. Indonesian Salad

Indonesia punya banyak salad sayuran yang unik. Kita tidak menggunakan bumbu krim, mayo atau minyak zaitun. Yang khas dari Indonesia adalah bumbu rempah dan kacang. Dibalurkan pada sayur-sayuran  yang beragam, bisa dimakan langsung atau dengan nasi hangat. Yummy.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia PECEL WIKIPEDIA.JPG

Beberapa salad khas Indonesia adalah gado-gado, pecel, rujak buah, rujak cingur, urap-urap dan berbagai menu sejenis. Di luar negeri, orang memandang gado-gado atau pecel saja yang disebut Indonesian Salad. Padahal, makanan seperti ini ada banyak sekali di Indonesia dengan rasa yang rich dan nendang di mulut. Indonesian Salad masuk dalam jajaran kuliner Indonesia yang harus dicoba setidaknya sekali seumur hidup menurut Buzzfeed.

7. Indonesian Street Food

Yang ini juga jangan sampai ketinggalan. Kalau di film drama Asia kita sering ngiler melihat aneka street food Korea, China atau Jepang, Indonesia juga punya beragam jajanan yang enak. Sebut saja pentol cilok, pempek, kerak telor, batagor, syomay Bandung, angkringan Jogja dan jangan lupa yang super spesial seperti duo martabak dan terang bulan.

7 Kuliner Indonesia Yang Sederhana Tapi Tak Ada Duanya di Dunia STREET FOOD MILOUANDOLIN

Gorengan asal Indonesia juga menjadi favorit siapapun. Sekali lagi, bawa duit goceng bisa membuat Anda kenyang menikmati aneka gorengan manis dan asin. Dan masih ada banyak lagi makanan pinggir jalan yang menarik lainnya.

Nah, semoga ulasan tadi tidak bikin Anda lapar ya. Membahas kuliner nusantara memang tak ada habisnya. Apalagi nih makanan Indonesia yang fenomenal dari daerah Anda? Sharing bareng di sini yuk.

Baca Juga: 5 Presiden Paling Tegas Memecat Pejabatnya Yang Korupsi

Share
Published by
Orchid

Recent Posts

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago