Inspirasi

Kucing Busok, Ras Asli Pulau Raas Madura yang Diakui Dunia

Bagi masyarakat umum pasti masih asing dengan kucing busok. Kucing ini dikenal berasal dari Pulau Raas, Madura. Istimewanya lagi, kucing ini diakui sebagai kucing asli asal Indonesia melalui World Cat Federation.

Kucing ini dikatakan mirip dengan kucing jenis British short-hair dan Russian blue. Namun, masih memiliki beberapa perbedaan dari kedua jenis tersebut. Inilah informasi selengkapnya mengenai kucing busok.

Kucing ras asli Indonesia asal Madura

Kucing busok sendiri merupakan kucing lokal asli dari Indonesia yang diakui oleh World Cat Federation. Sedangkan untuk mendapat pengakuan, harus melalui beberapa tahapan seperti membuktikan kemurnian gen sampai tiga generasi. Indonesia pun harus melakuakan presentasi dalam forum internasional di hadapan World Cat Congress. Dikutip IDNTimes, beberapa ahli mengatakan bahwa kucing Busok ini memiliki nenek moyang kucing korat. Hal tersebut diasumsikan dari warna bulu yang berwarna abu-abu kebiruan dan ujung ekornya membengkok seperti kucing Asia lainnya.

Kucing Busok diakui oleh World Cat Federation sebagai kucing asli Indonesia [sumber gambar]
Kucing jenis ini hanya dapat ditemukan di Pulau Raas, Madura. Warga setempat sangat menjaga keaslian kucing busok dengan melarang pendatang membawa kucing ini keluar pulau, kecuali kucing busok tersebut sudah dikebiri. Nama busok sendiri berarti abu-abu, namun warna bulu kucing ini bisa berwarna abu kebiruan hingga cokelat susu.

Perbedaan kucing busok dengan kucing ras yang mirip

Banyak orang yang salah mengira kucing busok sama dengan kucing British short-hair dan Russian blue, namun kucing busok memliki berbedaan yang mencolok. Dibandingkan dengan dua kucing ras itu, kucing busok memiliki perbedaan pada kepala yang berbentuk agak persegi di bagian atas dan lancip di bagian bawah. Telinga dari kucing busok lancip dan tajam ke atas, mirip dengan kucing hutan. Sedangkan ekornya cenderung pendek, serta memiliki ukuran yang lebih besar dari kucing domestik dan memiliki bulu yang lebih tebal.

Kucing Busok memiliki perbendaan dengan jenis British Short Hair (kiri) dan Russian Blue (kanan) [sumber gambar]
Sedangkan British short-hair memiliki ciri-ciri kepala yang berbentuk bulat dan memiliki pipi yang tembam. Telinganya lebih pendek serta memiliki ekor yang panjang dan tebal dari kucing busok. Kucing British short-hair juga memiliki bulu yang lebih halus dan tebal. Untuk kucing Russian blue, kepalanya berbentuk segitiga dan memiliki pipi tirus. Russian blue memiliki warna mata hijau cerah dan bulunya halus dan tebal.

International Cat Show

Kucing busok kini tengah jadi perbincangan setelah ikut dalam acara Cat Show beberapa waktu lalu. Pada hari Minggu (11/10/2022), diadakan International Cat Show yang merupakan ajang kontes kucing beskala international, yang digelar oleh World Cat Federation lewat Indonesia Can Councl  di Sidoarjo, Jawa Timur. Acara tersebut digelar selama dua hari pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2022 yang didikuti oleh 137 peserta dari seluruh Indonesia. Dalam show tersebut, terlihat beberapa peserta membawa kucing busok, ras asli Pulau Raas, Madura.

International Cat Show yang didakan di Sidoarjo, Jawa Timur [sumber gambar]
Meskipun belum berhasil meraih penghargaan, namun warga dari Pulau Raas, Madura, percaya bahwa kucing busok akan mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Mari berharap semoga kucing busok bisa menyabet berbagai kemenangan di ajang Internatiol Cat Show ke depannya. Karena hal tersebut juga merupakan keberuntungan dan rezeki bagi pemilik kucing tersebut.

BACA JUGA: Kucing British Shorthair, Menggemaskan Tapi Diam-Diam Harganya Sampai Rp20 Juta!

Kita patut turut bangga atas Pulau Raas, Madura, yang memiliki kucing ras dan diakui dunia. Selain memiliki karakteristik yang unik, kucing ini juga dipercaya membawa keberuntungan lho. Jadi siapa tahu kamu mendapatkan jodoh atau kenaikan pangkat setelah merawatnya dengan baik.

Share
Published by
Terry

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

4 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

4 weeks ago