in

Kucing Busok, Ras Asli Pulau Raas Madura yang Diakui Dunia

kucing busok
Kucing Busok diakui oleh World Cat Federation sebagai kucing asli Indonesia [sumber gambar]

Bagi masyarakat umum pasti masih asing dengan kucing busok. Kucing ini dikenal berasal dari Pulau Raas, Madura. Istimewanya lagi, kucing ini diakui sebagai kucing asli asal Indonesia melalui World Cat Federation.

Kucing ini dikatakan mirip dengan kucing jenis British short-hair dan Russian blue. Namun, masih memiliki beberapa perbedaan dari kedua jenis tersebut. Inilah informasi selengkapnya mengenai kucing busok.

Kucing ras asli Indonesia asal Madura

Kucing busok sendiri merupakan kucing lokal asli dari Indonesia yang diakui oleh World Cat Federation. Sedangkan untuk mendapat pengakuan, harus melalui beberapa tahapan seperti membuktikan kemurnian gen sampai tiga generasi. Indonesia pun harus melakuakan presentasi dalam forum internasional di hadapan World Cat Congress. Dikutip IDNTimes, beberapa ahli mengatakan bahwa kucing Busok ini memiliki nenek moyang kucing korat. Hal tersebut diasumsikan dari warna bulu yang berwarna abu-abu kebiruan dan ujung ekornya membengkok seperti kucing Asia lainnya.

kucing busok
Kucing Busok diakui oleh World Cat Federation sebagai kucing asli Indonesia [sumber gambar]
Kucing jenis ini hanya dapat ditemukan di Pulau Raas, Madura. Warga setempat sangat menjaga keaslian kucing busok dengan melarang pendatang membawa kucing ini keluar pulau, kecuali kucing busok tersebut sudah dikebiri. Nama busok sendiri berarti abu-abu, namun warna bulu kucing ini bisa berwarna abu kebiruan hingga cokelat susu.

Perbedaan kucing busok dengan kucing ras yang mirip

Banyak orang yang salah mengira kucing busok sama dengan kucing British short-hair dan Russian blue, namun kucing busok memliki berbedaan yang mencolok. Dibandingkan dengan dua kucing ras itu, kucing busok memiliki perbedaan pada kepala yang berbentuk agak persegi di bagian atas dan lancip di bagian bawah. Telinga dari kucing busok lancip dan tajam ke atas, mirip dengan kucing hutan. Sedangkan ekornya cenderung pendek, serta memiliki ukuran yang lebih besar dari kucing domestik dan memiliki bulu yang lebih tebal.

kucing busok
Kucing Busok memiliki perbendaan dengan jenis British Short Hair (kiri) dan Russian Blue (kanan) [sumber gambar]

Sedangkan British short-hair memiliki ciri-ciri kepala yang berbentuk bulat dan memiliki pipi yang tembam. Telinganya lebih pendek serta memiliki ekor yang panjang dan tebal dari kucing busok. Kucing British short-hair juga memiliki bulu yang lebih halus dan tebal. Untuk kucing Russian blue, kepalanya berbentuk segitiga dan memiliki pipi tirus. Russian blue memiliki warna mata hijau cerah dan bulunya halus dan tebal.

International Cat Show

Kucing busok kini tengah jadi perbincangan setelah ikut dalam acara Cat Show beberapa waktu lalu. Pada hari Minggu (11/10/2022), diadakan International Cat Show yang merupakan ajang kontes kucing beskala international, yang digelar oleh World Cat Federation lewat Indonesia Can Councl  di Sidoarjo, Jawa Timur. Acara tersebut digelar selama dua hari pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2022 yang didikuti oleh 137 peserta dari seluruh Indonesia. Dalam show tersebut, terlihat beberapa peserta membawa kucing busok, ras asli Pulau Raas, Madura.

kucing busok
International Cat Show yang didakan di Sidoarjo, Jawa Timur [sumber gambar]
Meskipun belum berhasil meraih penghargaan, namun warga dari Pulau Raas, Madura, percaya bahwa kucing busok akan mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Mari berharap semoga kucing busok bisa menyabet berbagai kemenangan di ajang Internatiol Cat Show ke depannya. Karena hal tersebut juga merupakan keberuntungan dan rezeki bagi pemilik kucing tersebut.

BACA JUGA: Kucing British Shorthair, Menggemaskan Tapi Diam-Diam Harganya Sampai Rp20 Juta!

Kita patut turut bangga atas Pulau Raas, Madura, yang memiliki kucing ras dan diakui dunia. Selain memiliki karakteristik yang unik, kucing ini juga dipercaya membawa keberuntungan lho. Jadi siapa tahu kamu mendapatkan jodoh atau kenaikan pangkat setelah merawatnya dengan baik.

Written by Terry

Naik Batik Air ke Surabaya Koper Nyasar ke Medan, Kaesang: Mungkin Sudah Tak Sejalan

selebgram makassar prostitusi online

2 Selebgram Asal Makassar Tertangkap Kasus Prostitusi Online bersama 1 Munckikari