Unik Aneh

Kota Emas, Ditemukan Setelah Terkubur Selama 3.000 Tahun di Tengah Gurun Pasir di Mesir

Tim arkeolog dunia terus berusaha mencari peninggalan-peninggalan yang terkubur ratausan hingga ribuan tahun. Kota tua yang hilang atau makam yang masih terawat, adalah teka teki yang bisa menjawab pertanyaan sejarah yang belum bisa dijelaskan.

Temuan terbesar seperti peninggalan zaman Mesir Kuno, mampu menguak banyak hal yang dapat menguatkan sejarah yang pernah tertulis. Seperti penemuan terbaru para arkeolog dunia tentang “Kota Emas” yang berada di Mesir. Seperti apa penampakannya? Yuk simak ulasannya!

Penemuan kota emas di zaman Firaun

Melansir dari laman CNN Indonesia, sekelompok arkeolog telah menemukan kota yang selama ini dicari-cari keberadaannya. Kota kuno terbesar di Mesir telah terkubur selama 3.000 tahun di gurun pasir. Situs tersebut bernama “Kota Emas” yang berasal dari masa pemerintahan Amenhotep III hingga diteruskan oleh Tutankhamun dan Ay.

Penampakan temuan kota emas yang hilang di Luxor [sumber gambar]
Kota Emas ini ditemukan di Luxor, yang merupakan Lembah Para Raja legendaris di masanya. Secara historikal, kota ini dikenal sebagai “The Rise of Aten” yang didirikan oleh Amenhotep III. Kota ini dikenal sebagai kota yang kaya dengan adanya tiga istana kerajaan milik raja Amenhotep III, yang membentang dari Efrat hingga Sudan. Sekaligus merupakan pemukiman administratif dan industri terbesar di Luxor.

Kondisi kota yang masih bagus

Seorang arkeolog ahli di Mesir, Zahi Hawass, menyebut jika penemuan ini bermula dari penggalian pada September 2020. Penggalian tersebut dilakukan di antara kuil Ramses III dan Amenhotep III, 500 kilometer dari selatan ibu kota Kairo. Hawass menyebut jika tim dikejutkan dengan penemuan ormasi batu bata lumpur yang muncul dari segala penjuru.

Penampakan kota emas yang hilang masih sangat kokoh [sumber gambar]
Setelah tujuh bulan penggalian, beberapa area ditemukan dengan kondisi yang masih terawat. Kota dengan tembok yang hampir lengkap, dengan ruangan yang masih dilengkapi peralatan sehari-hari, distrik administrasi dan permukiman, serta area produksi batu bata lumpur yang digunakan untuk membangun kuil dan bangunan tambahan.

Penemuan-penemuan menarik lainnya

Setelah penggalian tersebut, tim mulai menemukan banyak benda-benda kuno bertuliskan cartouche Amenhotep III. Segel  tulisan tersebut terdapat di berbagai benda seperti di bejana anggur, cincin, batu bata lumpur, hingga tembikar. Ada pula temuan dua makam, yang pertama dari sapi atau banteng dan makam sesorang yang lengannya direntangkan ke samping dengan lilitan tali di lutut.

Salah satu artefak berharga yang ditemukan di “Kota Emas” [sumber gambar]
Penemuan ini merupakan penemuan terpenting kedua sejak ditemukannya makam Tutankhamun. Tim arkeolog optimis jika mereka dapat menemukan temuan penting lainnya, yakni makam yang tak pernah tersentuh dan dipenuhi harta karun. Dengan temuan-temuan tersebut, para arkeolog akan mengetahui gambaran kehidupan orang Mesir Kuno saat di puncak kejayaan Kekaisaran.

BACA JUGA: Mengenal Asham, Kota Emas Penuh Kemakmuran yang Muncul Pada Masa Awal Islam

Banyak penemuan yang akhirnya perlahan-lahan membuka lembaran sejarah. Harapannya, penemuan tersebut dapat menjelaskan teka teki kehidupan zaman kuno hingga pelajaran yang dapat diambil oleh masyarakat saat ini.

Share
Published by
Dessy Humairoh

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

9 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

4 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago