Korea Selatan dan Utara dulu memang terkenal dengan pertikaiannya yang tiada habis. Hal itu terjadi sejak perang saudara di semenanjung Korea yang membuatnya jadi terpisah. Alhasil kedua negara yang seharusnya bersatu itu jadi terbelah menjadi dua bagian berbeda.

Bicara soal Korsel dan Korut, rupanya akhir-akhir ini kedua negara itu seolah rukun kembali. Bahkan banyak orang dari Korea Selatan sendiri sekarang seolah menghargai tetangganya itu. Bahkan salah satu produsen produk kecantikan sampai membuat masker Kim Jong Un. Lalu benarkah hal itu terjadi? Simak ulasan berikut.

Masker dengan gambar Kim Jong Un di Korsel

Ada yang heboh di Korea Selatan yang lalu, masalah salah satu produk kecantikan. Bagaimana tidak, beberapa waktu yang lalu diproduksi sebuah masker dengan bentuk wajah Kim Jong Un. Uniknya lagi masker ini dipromosikan dengan gaya ‘nuklir’ anti lembab dan anti kerut.

Masker Kim Jong Un [sumber gambar]
Ternyata tujuan dari pembuatan masker yang satu ini adalah agar image Kim Jong Un yang ditakuti di Korea Selatan biasa luntur mengingat kalau kedua negara sedang dalam hubungan baik. Namun sayang tidak semua yang merespon hal itu sebagai sesuatu yang positif karena sebagian malah menganggap hal itu bisa berarti ejekan dan takut respons buruk dari Korut. Namun satu hal yang pasti ada niat baik dari sang pembuat meskipun banyak yang menafsirkan berbeda.

Reuni dua Korea membuat warganya temu kangen

Hal lain yang bikin banyak orang Korsel sekarang cukup kagum dengan Kim Jong Un  adalah reuni dua Korea. Bagaimana tidak pasalnya sejak adanya pertemuan kedua petinggi negara itu ternyata sering kali acara reuni dilakukan. Bahkan hampir tiap tahun bakal diselenggarakan.

Reuni dua Korea [sumber gambar]
Dilansir dari Kompas, pada reuni tahun depan antaran dua Korea ini juga akan mencoba turut mengundang orang-orang dari Amerika. Maksudnya adalah mereka orang Korea yang pada masa perang dua negara itu akhirnya malah harus pindah ke Negeri Paman Sam. Dan kemungkinan rencana akan benar terwujud karena sudah diajukan oleh pihak Korsel ke Korut.

Para tentara saling melintasi perbatasan yang bikin heboh

Beberapa waktu yang lalu rupanya para tentara baik dari Korea Utara maupun Selatan sama-sama melintasi daerah perbatasan dari kedua negara. Tak hanya itu, bahkan mereka juga saling berjabat tangan dan bercengkrama satu sama lain. Tak terlihat suasana tegang dari kedua daerah perbatasan itu seperti yang dulu.

Dua tentara Korea [sumber gambar]
Usut punya usut, semua dilakukan karena memang kedua Korea sepakat untuk menghapus pos-pos penjagaan di perbatasan masing-masing. Langkah ini diambil sebagai sebuah bentuk keseriusan dalam melakukan perdamaian antara dua negara. Oleh sebab itu masing-masing negara tentaranya saling mengunjungi untuk melakukan inspeksi di masing-masing pos di perbatasan.

Jalur kereta antara dua Korea akan dibangun

Satu hal lagi yang bikin warga Korea Selatan kagum adalah rencana pembuatan jalur kereta yang menghubungkan kedua negara itu disetujui oleh Korut. Hal ini menjadi sebuah bukti bagaimana perdamaian bisa benar-benar tercipta bagi kedua negara.

Jalur kereta dua Korea [sumber gambar]
Dan siapa sangka kalau jalur kereta antaran kedua negara ini telah rampung saat ini. Kedua negara rencananya akan mengirimkan beberapa delegasinya untuk melakukan uji coba bersama menaiki kereta tersebut. Hal ini tentunya jadi sebuah langkah baru di mana kedua negara tidak akan lagi mengalami kendala masalah transportasi yang lumayan susah.

BACA JUGA: Inilah 4 Momen “Kemesraan” Korea Utara dan Selatan yang Jarang Sekali Dilihat

Adanya beberapa gebrakan dari Korea Utara yang mulai serius dalam membangun perdamaian ini tentunya banyak bikin orang kagum. Dengan adanya hal ini tentunya kedamaian antaran kedua negara bukan lagi hal yang mustahil  mengingat kedua negara sudah sangat serius.