Jika diadakan semacam polling tentang siapa pemimpin negara yang paling dibenci di dunia, maka sepertinya sudah bisa dipastikan jika Kim Jong Un berada di peringkat pertama. Hal ini tidak mengherankan melihat ekspresi orang-orang kebanyakan yang pasti bakal mengernyitkan dahi sampai tertawa menghina ketika membahas sosok satu itu. Walaupun di sisi lain Kim sangat dicintai rakyatnya.

Baca Juga : Pria Asal China Ini Operasi Wajahnya Agar Mirip Kim Jong Un

Kebencian orang-orang kepada Kim Jong Un dikarenakan pemimpin Korea Utara ini dianggap melakukan kezaliman luar biasa. Sering diceritakan jika Kim hidup bermewah-mewahan padahal rakyatnya menderita gizi buruk. Tentang Kim yang suka main penggal juga jadi alasan kenapa masyarakat dunia sepakat membencinya. Silakan beropini apa pun tentang Kim, namun ada baiknya kita juga tak menutup mata jika sosok satu ini ternyata punya banyak sekali kelebihan. Bahkan tidak semua pemimpin dunia bisa melakukan hal yang sama.

Nah, berikut adalah beberapa kehebatan Kim yang mungkin akan sedikit mengubah mindset kita akan sosok yang katanya kejam itu.

1. Anti Imperialisme dan Barat

Tanpa perlu penjelasan panjang lebar kita tentu sudah mengetahui jika Amerika memang memiliki pengaruh kuat terhadap negara-negara di dunia. Entah soal kebijakan, ekonomi dan lain sebagainya, bahkan Indonesia bisa dibilang juga masih sangat terpengaruh Amerika. Hal yang berkebalikan ditunjukkan oleh Korea Utara. Mereka berani menantang semua kebijakan barat dan Amerika meskipun akhirnya dikucilkan, kena embargo dan lain sebagainya.

Hanya Kim yang berani terang-terangan melawan Amerika dan barat [Image Source]
Hanya Kim yang berani terang-terangan melawan Amerika dan barat [Image Source]
Karena tak terpengaruh kebijakan Amerika dan Barat, Korut dengan leluasa bisa membangun negerinya. Tak hanya soal ekonomi tapi juga hal-hal yang berbau militer seperti bikin instalasi nuklir dan sebagainya. Coba kalau bukan Korut, pasti negara tersebut akan dibikin susah oleh barat. Entah dikira teroris atau menyimpan senjata pemusnah, padahal Amerika dan sekutunya mungkin gencar membangun berbagai teknologi militer canggih.

2. Kim Jong Un Dukung Islam

Korea Utara mungkin bukan negara mayoritas Muslim, namun di sana umat Islam bisa hidup beragama dengan nyaman. Bahkan Kim membebaskan siapa pun untuk menganut agama pilihannya, termasuk Islam. Bukti jika Kim sangat menerima Islam adalah dibangunnya sebuah masjid yang terletak di salah satu sudut kota Pyongyang.

Di Korea Utara Muslim bebas untuk melakukan aktivitas keagamaannya [Image Source]
Di Korea Utara Muslim bebas untuk melakukan aktivitas keagamaannya [Image Source]
Tak hanya itu, secara lisan Kim pernah menyinggung jika di negaranya setiap orang bebas memeluk keyakinan tertentu. ”Upaya untuk merusak Korut dengan fitnah adalah tindakan tidak masuk akal termasuk dengan menuduh di Korut tidak ada kebebasan beragama. Itu benar-benar tidak masuk akal. Sepenuhnya, kami menjamin kebebasan berkeyakinan setiap warga negara,” ungkap Kim.

3. Korupsi Bertekuk Lutut di Hadapan Kim Jong Un

Kim mungkin ekstrim dengan menjatuhi hukuman mati kepada banyak orang di pemerintahan. Namun bukan tanpa alasan kenapa putra Kim Jong Il ini melakukan hal tersebut. Ya, apa yang dilakukannya murni lantaran ingin membebaskan negara dari para koruptor.

Mungkin hanya Kim satu-satunya pemimpin negara yang begitu tegas terhadap korupsi [Image Source]
Mungkin hanya Kim satu-satunya pemimpin negara yang begitu tegas terhadap korupsi [Image Source]
Setiap kali ada yang dicurigai berbuat curang, maka Kim Jong Un tak segan untuk langsung menjatuhi hukuman. Bahkan jika para pelaku ini adalah keluarga dekatnya. Tak hanya berani menghajar para koruptor, Kim juga sering memberikan hukuman yang brutal. Mungkin kejam, namun dampaknya bisa dilihat sekarang dengan tidak adanya namanya Korea Utara masuk dalam daftar negara paling korup.

4. Kim Jong Un Sosok yang Sangat Penyayang

Kim mungkin dianggap pembantai lantaran dianggap suka main eksekusi orang-orang yang diinginkannya. Namun demikian, ia tetaplah manusia yang punya hati dan juga rasa kasih sayang. Mungkin sikap ini ganjil jika dikaitkan dengan Kim yang sudah kadung punya citra jelek, tapi percayalah jika orang nomor satu di Korut ini memang punya sifat penyayang.

Kim juga sosok yang punya hati [Image Source]
Kim juga sosok yang punya hati [Image Source]
Hal tersebut pernah ditunjukkannya ketika berkunjung ke sebuah rumah anak-anak yatim di Pyongyang. Terlihat Kim nampak sangat asyik mengajak bercanda anak-anak yatim tersebut. Anak-anak kecil itu juga terlihat lepas dan bahagia. Bagi yang sudah benci Kim sampai mendarah daging, mungkin menganggap kejadian ini tak lebih hanya skenario belaka.

5. Kim Jong Un, Bapak Pembangunan Korea

Korea Utara di zaman Kim Jong Il atau Kim Il Sung mungkin masih belum menunjukkan progress yang bagus soal infrastruktur pembangunan. Namun ketika dipimpin Kim Jong Un, negara ini makin bertumbuh pesat pembangunannya.

Di masa Kim Jong Un pembangunan Korea Utara sangat cepat [Image Source]
Di masa Kim Jong Un pembangunan Korea Utara sangat cepat [Image Source]
Ya, belakangan Kim giat melakukan banyak pembangunan. Misalnya sebuah bandara kelas internasional, serta sebuah ski resort mewah. Ke depannya, mungkin Korea Utara bisa semegah sang tetangga, Korsel, dalam hal pembangunan. Makanya tak heran jika Kim disebut Bapak Pembangunan oleh orang-orang Korut.

6. Dipuja Wanita, Tapi Setia Terhadap Istri

Potongan rambut Kim mungkin aneh dan tak kekinian, namun soal menggaet hati perempuan ia bisa dibilang ahli. Sebenarnya tak butuh Kim sampai harus memberikan bunga atau puisi, dengan tampilnya dirinya saja sudah cukup bikin banyak wanita menjerit senang.

Kim sangat dipuja wanita, tapi ia setia terhadap istrinya [Image Source]
Kim sangat dipuja wanita, tapi ia setia terhadap istrinya [Image Source]
Ada banyak bukti yang menunjukkan jika Kim sangat populer di kalangan wanita. Terlihat di banyak foto tersebut jika sang pemimpin sangat dipuja. Bahkan sampai ada yang menangis pula. Meskipun demikian, yang patut diapresiasi adalah kesetiaan Kim terhadap istrinya, Ri Sol Ju, yang sepertinya tidak bisa tergoyahkan.

7. Dihina dan Difitnah Kim Tetap Berdiri

Kim memang dibenci banyak orang di seluruh dunia. Alhasil, hinaan pun sering terlontar untuk sosok satu ini. Terutama lewat meme dan banyak ulasan buruk tentangnya yang intinya sama yakni membuatnya jadi sosok yang dihinakan.

Banyak pihak yang tak menyukainya, namun Kim Jong Un tetap berdiri tegak [Image Source]
Banyak pihak yang tak menyukainya, namun Kim Jong Un tetap berdiri tegak [Image Source]
Belum cukup dengan itu, Amerika lewat Hollywood-nya bahkan pernah membuat sebuah film tentang Kim Jong Un berjudul The Interview. Di film tersebut sosok Kim dikemas sedemikian rupa sehingga kesannya begitu jelek. Kerennya, Kim seperti tidak terpengaruh oleh semua hal tersebut. Buktinya sampai saat ini ia segar bugar tanpa kekurangan satu apa pun.

Baca Juga : 6 Hal Tidak Berguna Yang Dilakukan Kim Jong-un Untuk Memenuhi Hasrat Pribadi

Kebencian terhadap seseorang memang menutupi hal-hal yang baik tentangnya. Sama seperti Kim Jong Un yang begitu dibenci padahal ia punya hal-hal baik yang bahkan jarang dimiliki banyak orang. Terlepas dari kontroversi yang ditimbulkannya, Kim sejatinya tetaplah manusia biasa yang punya sifat baik dan buruk. Lalu, setelah membaca ulasan ini, apakah pandanganmu terhadap sosok ini tetap sama?