in

5 Eksperimen Nuklir Paling Edan yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Tes nuklir pertama dilakukan pada 16 Juli 1945 di Alamogordo, New Mexico. Pengujian yang dilakukan oleh pasukan Amerika Serikat ini diberi nama operasi Trinity dan bom yang digunakan bernama gadget.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Murah di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi!

Sejak uji coba tersebut, ada begitu banyak tes nuklir yang dilakukan di dunia. Mulai dari meledakkan nuklir di laut, luar angkasa, hingga menyuruh prajurit berlari ke arah nuklir.

1. Bom Nuklir yang Merusak

Operasi hardtack adalah serangkaian 35 tes nuklir yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada tahun 1958. Tes ini dilakukan di ketinggian dan di dalam air. Tes lokasi tinggi dilakukan di tempat tes Nevada sementara yang di kedalaman air dilakukan di Samudera Pasifik. Tujuan dari tes dalam air ini adalah untuk memahami efek ledakan dalam air terhadap kapal perang.

Ledakan bom Operasi Hardtack [Image Source]
Ledakan bom Operasi Hardtack [Image Source]
Dua buah bom yang bernama Wahoo dan Umbrella diledakkan di dasar laut. Kedua bom ini diledakkan dekat atoll Enewetak yang merupakan sekumpulan 40 pulau kecil di kepulauan Pasifik. Nuklir tersebut menimbulkan ledakan raksasa yang membuat air menyembur hingga beberapa meter ke udara. Tes tersebut juga menyebarkan radiasi yang mencemari udara, air, dan merusak kehidupan laut di sekitar area.

Pulau-pulau yang dekat dengan lokasi ledakan dan dihuni oleh 800 orang penduduk juga harus merasakan efek akibat radiasi. Kemudian pada tahun 1980, Amerika membangun sebuah bangunan beton di pulau tersebut untuk membuang tanah dan reruntuhan yang mengandung radiasi.

2. Operation Plowshare

Operation Plowshare adalah sebuah proyek yang dilakukan Amerika untuk mencari tahu apakah bom nuklir bisa digunakan untuk kepentingan konstruksi seperti membangun danau, teluk, kanal, serta untuk urusan pertambangan. Tes nuklir yang diberi nama sedan ini juga dilakukan di Nevada. Bom termonuklir ini diletakkan 193 meter di dalam tanah sebelum kemudian diledakkan.

Ledakan operasi Plowshare [Image Source]
Ledakan operasi Plowshare [Image Source]

Ledakkan bom nuklir tersebut menghamburkan 12 juta ton tanah, serta menyisakan lubang raksasa berukuran lebar 390 meter dan dalam 97 meter. Sebuah kawah buatan manusia terbesar di dunia. Ledakkan ini juga menimbulkan dua awan radioaktif yang tertiup angin dan partikelnya jatuh di berbagai wilayah Amerika terutama daerah Midwest sehingga menyebabkan orang-orang terkena radiasi.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

7 Bangunan Peninggalan Belanda yang Masih Kokoh Hingga Sekarang

Merinding, 5 Selebritis Ini Memprediksikan Kematiannya Sendiri