Trending

Dianggap Kota Berpolusi Tinggi, Inilah Kondisi ‘Miris’ Jakarta yang Jadi Sorotan

Kendaraan bermotor yang jumlah semakin bertambah dari hari ke hari, membuat wilayah DKI Jakarta kini terkepung dengan polusi udara. Dilansir dari news.detik.com, ibu kota Indonesia itu sempat menempati urutan pertama sebagai kota dengan polusi paling parah berdasarkan aplikasi pemantau kualitas udara AirVisual. Alhasil, warga pun disarankan agar menggunakan masker saat berakftifitas di luar ruangan.

Tak hanya soal polusi udara yang belakangan menjadi perbincangan hangat. Beberapa masalah lain seperti tingkat kemacetan hingga suasana yang kumuh, menjadi perhatian serius yang harus segera ditangani. Jika tak segera di atasi, tentu masyarakat di dalamnya yang akan terancam. Tak hanya dari sisi kesehatan, tapi juga membuat Jakarta nantinya tak layak untuk ditinggali.

Sampah yang menumpuk hingga mendapat kritik dari aktor Leonardo DiCaprio

Kepadatan penduduk yang ada di Jakarta, tentu berimbas dengan semakin banyaknya sampah yang dihasilkan. Salah satunya tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang yang sempat disorot oleh aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio. Dilansir dari cnnindonesia.com, Pemeran film Titanic itu menyoroti bahaya efek rumah kaca dari produksi sampah plastik yang kini ditampung di TPST tersebut.

Dalam akun Instagram pribadinya, DiCaprio mengatakan bahwa Indonesia menyumbang polusi plastik tertinggi kedua setelah Cina. “Indonesia berada di peringkat kedua polusi plastik terbesar di dunia setelah Cina dengan laporan menghasilkan 187,5 ton sampah plastik per tahun, sekitar 1 juta ton di antaranya bocor mencemari laut,” ujar akun Instagram @leonardodicaprio pada 15 Maret lalu.

Kemacetan sehari-hari yang merepotkan warga

Menurut The TomTom Traffic Index, Jakarta menempati posisi ke-7 sebagai ibu kota termacet dari 403 kota besar yang ada di belahan dunia di tahun 2018. Sebelumnya pada 2017, bahkan menempati urutan ke-4. Meski mengalami penurunan tingkat kemacetan di tahun 2018, tentu saja hal ini masih perlu menjadi perhatian serius agar kualitasnya terus menerus diperbaiki.

Ilustrasi kemacetan di Jakarta [sumber gambar]
Dikutip dari news.detik.com, setidaknya ada beberapa faktor penurunan tingkat kemacetan versi Dishub DKI, seperti Beroperasinya beberapa underpass dan flyover yang dibangun, kebijakan ganjil genap yang diperluas area dan diperpanjang waktunya, hingga bergulirnya program JakLingko yang merangkul angkutan umum dan Membuka rute-rute baru untuk area layanan TransJakarta.

Tingginya polusi udara akibat kendaraan bermotor

Setelah kemacetan, polusi udara menjadi ancaman lain yang tak kalah pentingnya. Bukan apa-apa, kualitas udara yang buruk bakal menimbulkan hal yang negatif pada masyarakat, utamanya dari sisi kesehatan. Dilansir dari megapolitan.kompas.com, buruknya kualitas udara ibu kota berasal dari kendaraan bermotor sebanyak 47 persen, power plant industri , domestik, dan debu jalanan (11 persen), Sementara itu, pembakaran sampah menyumbang 5 persen, dan proses konstruksi 4 persen.

Kabut polusi di Jakarta yang sangat mengkhawatirkan [sumber gambar]
Melihat kenyataan di atas, jelas sudah bahwa polusi udara telah menjadi ancaman berikutnya yang harus diwaspadai oleh masyarakat yang tinggal di wilayah DKI Jakarta. Bahkan menurut hasil penelitian kerjasama antara Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) dan United Nations Environment Programme (UNEP) menyebutkan, total masyarakat telah mengeluarkan biaya sebesar Rp 51,2 triliun hanya untuk mengobati penyakit yang timbul akibat pencemaran udara.

BACA JUGA: Mengenali Detik-detik Prediksi Jakarta Utara yang Bakal Hilang dari Peta di Tahun 2050

Tak cukup jika pemerintah sendirian yang harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah serius di atas. Masyarakat juga perlu dilibatkan agar bisa membantu mencari solusi yang efektif, demi kelangsungan nasib Jakarta di masa depan. Tak harus langsung dengan sesuatu yang besar, tapi bisa dimulai dari hal-hal kecil yang bisa diterapkan secara konsisten. Kira-kira, kamu kasih saran apa buat mengatasi masalah di atas Sahabat Boombastis?

Share
Published by
Dany

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

21 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago