in

10 Kolaborasi Epic Idol K-Pop dengan Musisi Dunia, Bukti ‘Plastik’ Sudah Berkuasa

Dewasa ini, penggemar musik K-Pop tak hanya tersebar di wilayah Asia, tetapi juga seluruh dunia. Hal ini dapat dilihat bagaiman setiap idol K-Pop pergi ke luar negeri, bandara selalu dipenuhi dengan para fans yang ingin melihat idolanya secara langsung. Selain itu, banyaknya musisi Hollywood yang mengajak idol K-Pop berkolaborasi juga bisa jadi acuan.

Tak hanya karena berbakat, banyaknya jumlah fans yang dapat meningkatkan penjualan karya juga jadi faktor bagi para musisi Hollywood untuk mengajak idol K-Pop berkolaborasi. Bahkan, musisi sekelas Shawn Mendes saja iri kepada idol K-Pop yang memiliki fans begitu setia. Berikut, Boombastis.com akan mengungkap 7 kolaborasi musisi Hollywood dengan idol K-Pop sebagai bukti bahwa “plastik” yang selama ini kalian hina telah menguasai industri musik dunia.

Blackpink x Dua Lipa, bikin Jennie CS dilirik oleh label Maroon 5!

Blackpink x Dua Lipa [sumber gambar]
Pada tanggal 19 Oktober lalu, Dua Lipa meluncurkan sebuah single berjudul Kiss and Make Up. Ia berkolaborasi dengan Blackpink setelah bertemu Jennie dan Lisa pada konsernya di Seoul beberapa waktu lalu. Melihat animo masyarakat terhadap Blacpink yang besar, setelah lagu Ddu-Du-Ddu-Du diluncurkan membuat Dua Lipa semangat untuk berkolaborasi.

Terlebih lagi, ia mengijinkan Jennie untuk menulis lirik dalam bahasa Korea. Berkat lagu Kiss and Make Up, Blackpink menjadi satu-satunya girl group Korea Selatan yang masuk 10 besar iTunes Amerika Serikat dan bergabung dengan label Lady Gaga, Selena Gomez, dan Maroon 5, Interscope Records.

BTS x Steve Aoki dan Nicki Minaj, tak ayal fans-nya ada di seluruh dunia

BTS x Steve Aoki [sumber gambar]
Tengah menjalani karier di Amerika Serikat, bukan hal baru jika banyak musisi dunia yang ingin berkolaborasi dengan boy band asuhan Bighit Enterainment, BTS. Sebelumnya, BTS sudah dikenal banyak orang ketika berkolaborasi dengan DJ Steve Aoki, dengan lagu yang berjudul Mic Drop.

Setelahnya, ia kembali come back dengan kolaborasi gilanya dengan Nicki Minaj, melahirkan lagu berjudul Idol. Belum surut euforia masyarakat terhadap Idol, baru-baru ini Steve Aoki kembali mengumumkan kolaborasi terbaru mereka yang berjudul Waste It On Me. Waduh, BTS bakal jadi seperti Bang Toyib, nih. Jarang pulang!

CL x Diplo, RiFF RAFF, OG MACO, dan Black Eyed Peas, serta Icona Pop

CL x Black Eyed Peas [sumber gambar]
Melihat jejeran musisi ternama dunia yang berkolaborasi dengan leader dari girl group 2NE1 ini bikin puyeng juga, ya. CL yang terkenal dengan skill ngerapnya yang oke banget, pernah berkolaborasi dengan Diplo pada tahun 2015 lalu dan melahirkan lagu berjudul Doctor Pepper. Bahkan, CL juga berada dalam musik video mereka, loh.

Bersama Icona Pop, CL pernah satu panggung dalam acara Mnet Music Awards (MAMA) tahun 2013. Di panggung yang sama, CL juga sempat bernyanyi bareng Black Eyed Peas pada tahun 2011. Dikonfirmasi dari soompi.com, CL dan Black Eyed Peas akan meluncurkan kolaborasi terbarunya pada akhir bulan Oktober 2018.

Wendy Red Velvet dan John Legend, cocok untuk jadi lagu pengantar tidur

Red Velvet Wendy x John Legend [sumber gambar]
John Legend merupakan penyanyi yang sangat digemari lagu-lagu ballad-nya. Tak sedikit lagu yang bertempo slow ini membuat pendengarnya rileks hingga tertidur. Baru-baru ini, dalam rangka SM Station, John Legend berkolaborasi dengan salah satu pentolan Red Velvet, Wendy.

Vokalis utama dalam girl group asuhan SM Entertainment ini menyanyikan lagu Written in The Stars dengan fasih bersama John Legend. Suaranya yang membuat Reveluv nyaman tersebut berhasil menyihir seluruh dunia untuk lebih mengenal Wendy. Tak ayal, setelah lagu Written in The Stars diluncurkan, instagram Red Velvet memiliki tambahan pengikut.

PSY x Snoop Dogg, kolaborasi yang bikin heboh dunia

PSY x Snoop Dogg [sumber gambar]
Siapa sih yang enggak kenal PSY, setelah lagu Gangnam Style menjadi hits di seluruh dunia? Lagu yang easy listening itu pula yang menjadi titik balik PSY di industri musik dunia. Banyak tawaran kolaborasi dari musisi yang berkarir di Amerika Serikat setelah Gangnam Style terkenal.

Namun, akhirnya PSY memilih untuk berkolaborasi dengan Snoop Dogg. Pada tahun 2014 lalu, ia mengeluarkan single yang berjudul Hangover. Tak hanya terdengar suaranya dalam audio saja, Snoop Dogg pun ikut berpartisipasi dalam pembuatan music video (MV), seperti halnya CL dan Diplo.

Seungri x Alan Walker, persahabatan yang produktif

Bigbang Seungri x Alan Walker [sumber gambar]
Masyarakat Indonesia selama ini mengenal Seungri karena dirinya dekat dengan Raline Shah. Namun, bagi para VIP—sebutan untuk fandom Bigbang, Seungri tak hanya tertarik dengan wanita, tapi juga dunia DJ alias EDM yang sudah mengambil ¾ waktunya dalam sehari. Menyukai EDM otomatis membuat Seungri kenal dengan DJ-DJ kelas dunia seperti Alan Walker.

Beberapa waktu lalu, Seungri sempat mendaur ulang lagu Alan Walker yang berjudul Faded, untuk menjadi OST filmnya di China. Tak lama setelahnya, ia dan Alan Walker serta Julie Bergan melakukan kolaborasi dan melahirkan lagu berjudul Ignite. Meskipun tak tampak dalam music video, Seungri dan Alan Walker sudah berkali-kali melakukan live show di seluruh dunia.

GD&TOP x Pixie Lott, mengawali kolaborasi dengan musisi dunia

Bigbang GD&TOP x Pixie Lott [sumber gambar]
Sebelum BTS terkenal seperti sekarang, Bigbang telah lebih dulu merasakan hal tersebut. Boy group asuhan YG Entertainment, yang terdiri dari G-Dragon, TOP, Taeyang, Daesung, dan Seungri ini telah membuat banyak musisi dunia bertekuk lutut ingin berkolaborasi. Akhrinya, pada tahun 2012, sub-unit Bigbang, GD&TOP berkolaborasi dengan musisi Inggris, Pixie Lott.

Mereka berdua mengisi feature dalam lagu Pixie Lott yang berjudul Dancing on My Own. Sayang sekali tak ada music video maupun penampilan live dari ketiganya. Namanya juga masih jadul, YouTube serta portal musik online lainnya bukanlah sasaran para fans kala itu.

Ternyata K-Pop sudah melebarkan sayapnya sejak jauh-jauh hari. Tak ayal jika pusat industri musik dunia hampir berkiblat pada Korea Selatan. Meski kalian masih memiliki stigma idol K-Pop adalah plastik, tetapi sudah ada dua musisi Indonesia yang secara tidak langsung berkolaborasi dengan idol K-Pop, loh. Rich Brian dengan BTS di panggung Billboard, serta Agnez Mo dengan Hoony Winner dalam video dance-nya baru-baru ini.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Mengenal Pok Pok, Jenis Hantu Pengganggu Balita yang Meresahkan Warga di Palu

Kisah Bule Asal Bulgaria yang Tak Malu Mengais Sampah di Bali demi Mengisi Perut