Setelah ramai artis yang memutuskan untuk hijrah dan mengubah arah kehidupannya agar semakin religius, kini salah satu personel dari Noah yang bernama Mohammad Kautsar Hikmat atau biasa disapa Uki, memantapkan diri untuk berhijrah. Terlebih, ia sempat bermimpi bertemu dengan salah seorang ustadz yang kemudian menuntun dirinya untuk kembali mempelajari keyakinan yang dianutnya.

Tak hanya sekedar hijrah, perjalanan spiritual Uki juga sempat diwarnai dengan kegelisahan akan profesinya sebagai pemusik yang ia tekuni saat ini. Saat-saat penuh kebimbangan itulah, ia akhirnya memantapkan dirinya untuk terus mencari dan belajar untuk memperdalam ajaran agamanya.

Niat berhijrah yang telah ada sejak lama

Niat hijrah sejak lama [sumber gambar]
Keinginan Uki untuk berhijrah sebenarnya telah ada sejak dua tahun yang lalu. Sayang, hal mulia itu terus tertunda karena kesibukan pekerjaannya sebagai musisi. Terlebih, usianya yang telah beranjak tidak muda lagi Dilansir dari dream.co.id, kesempatan itu datang manakala ia berkesempatan untuk duduk dalam sebuah kajian yang dibawakan oleh Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Saat itu, ia tengah berada dalam sebuah acara bersama grup musiknya di Belitung.

Berkesempatan belajar dan bertemu dengan ustadz yang ada di dalam mimpinya

Kebetualan, Uki duduk di barisan paling depan. Setelah pertemuan pertamanya itu, ia sempat bermimpi akan kehadiran sang ustadz di hadapannya. Laman liputan6.com menuliskan, pria kelahiran 5 Oktober 1981 itu tengah memainkan gitar dan disaksikan oleh sang ustadz dalam mimpinya. Hingga pada akhirnya, kejadian tersebut memacunya untuk hadir di kajian yang dipimpin oleh Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Uki pun rela datang jauh-jauh dari Jakarta ke Jember, Jawa Timur untuk ikut duduk di majelis ilmu asuhan sang ulama.

Merasa galau dengan profesinya sebagai musisi

Merasa galau dengan profesinya sebagai musisi [sumber gambar]
Saat mulai mengikuti kajian, ada sebuah pergolakan batin yang sempat dialami ole Uki. Berdasarkan video dari akun instagram syafiqrizabaslamah_official, Saat angkat bicara soal hijrah, Uki pun mengungkapkan perasaan galau soal profesinya sebagai pemusik. Terlebih, ia sempat diundang untuk maju dan mengisahkan perjalanannya spiritualnya hingga memutuskan untuk berhijrah. Meski merasa galau akan pekerjaannya sebagai musisi, Uki tetap berupaya untuk menuntut ilmu agama agar ia benar-benar yakin akan profesinya sebagai pemain musik.

Rekan-rekan musisinya yang juga memilih berhijrah

Tak hanya Uki, Reza yang merupakan rekannya sesama personil Noah terlebih dahulu memutuskan untuk hijrah. Dalam pertikan wawancaranya yang dimuat di laman kumparan.com menuliskan, Reza mengakui bahwa ia jarang menunaikan shalat. Setelah memantapkan diri untuk berhijrah, ia pun meninggalkan dunia musik yang membesarkan namanya. Begitupun dengan Uki yang baru memasuki gerbang awal untuk berhijrah, diharapkan bisa istiqomah untuk menuntut ilmu agama untuk perubahan yang lebih baik di masa depan.

Pandangan Islam terhadap musik

Musik dalam pandangan Islam, terbelah menjadi dua pendapat yang berbeda. Ada ulama yang mengharamkan, namun juga ada yang membolehkan. Seperti yang dikutip dari laman muslim.or.id, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: ”Sungguh akan ada sebagian dari umatku yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras, dan alat-alat musik.” (HR. Bukhari, no. 5590). Namun untuk lebih jelasnya, silahkan simak kajian dari Ustadz Syafiq Reza Basalamah di bawah ini.

BACA JUGA: Dikenal Sebagai Vokalis Metal, Kisah Perjuangan Hijrah Pria Ini Bikin Hati Adem Ayem

Hijrah adalah sebuah pilihan hidup. Bukan hanya sekedar merubah orientasi dari menghamba duniawi menjadi ibadah sejati, melainkan juga sebagai bekal untuk menjalani kehidupan di negeri Akhirat kelak. Semoga dengan kisah hijrahnya Uki Noah di atas, bisa kita ambik manfaatnya dan direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari. Do’akan semoga istiqamah ya Sahabat Boombastis.