in

Perhatikan, 6 Tempat Wisata Ini Haram untuk Mengambil Foto, Biar Nggak Dihujat Bro

Istana kepresidenan [sumber gambar]

Sadar atau nggak, selain untuk refreshing tujuan travelling adalah untuk mencari spot foto yang keren. Karenanya, sah-sah saja jika selama perjalanan kita akan menyempatkan diri untuk berfoto. Fenomena ini pun memang menjadi sebuah tren yang diikuti hampir semua orang. Ngerasa nggak  sih, kalau nggak foto rasanya ada yang kurang. Toh, nggak setiap waktu kita bisa datang ke tempat indah seperti itu ya guys. Karenanya, wajib banget rasanya untuk mengabadikan.

Tapi meski bersemangat untuk berfoto, kita juga harus peka dengan situasi. Karena, ada beberapa tempat terkenal yang melarang pengunjung untuk berfoto. Bukan karena apa, tapi untuk menghargai tempat tersebut yang kebetulan mempunyai nilai-nilai khusus. Karena itu, kamu perlu tahu nih deretan tempat wisata yang mengharamkan pengunjungnya untuk berfoto. Berikut ini deretannya.

Interior dalam Taj Mahal, India

Taj Mahal [sumber gambar]
Siapa yang tidak tahu salah satu destinasi wisata keren yang termasuk dalam jajaran warisan dunia, Taj Mahal. Hampir setiap orang yang berkunjung ke tempat ini tentu mengidamkan berfoto di setiap sudut bangunan yang dikenal sebagai lambang cinta ini. Tak heran kalau kamu bakal menemukan banyak foto-foto wisatawan di depan bangunan Taj Mahal. Tapi sadarkah kamu bahwa bagian dalam bangunan ini tak boleh diekspos? Ya, interior dalam Taj Mahal tak pernah terlihat di dunia maya sebab otoritas pariwisata India memang melarang hal itu. Jadi bilamana kamu berkunjung, jangan sampai ya berfoto di tempat ini kalau tak ingin diciduk petugas

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Saudi Arabia

Ilustrasi orang berswafoto [sumber gambar]

Kamu pasti pernah melihat orang-orang yang meng-upload foto selfi atau video saat berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi kan? Kalau tahun-tahun sebelumnya masih diperbolehkan, mulai tahun 2017 lalu pemerintah Arab Saudi resmi melarang jamaah untuk berfoto ria di dua masjid suci tersebut. Aturan baru ini tidak hanya berlaku bagi smartphone tapi juga kamera, bahkan perekam video. Alasan di balik larangan ini adalah karena jamaah yang sibuk berswafoto umumnya bisa mengganggu jamaah lain yang sedang beribadah. Selain itu, dua tempat suci ini perlu dijaga dan dihormati keberadaannya. Nah, kalau masih nekat berswafoto di tempat ini, jangan salahkan petugas jika langsung dengan paksa menyita alat atau menghapus gambar atau video yang kamu ambil.

Westminster Abbey, London

Westminster Abbey [sumber gambar]
Tempat mashur lain yang tidak memperbolehkan pengunjung berfoto adalah Westminster Abbey. Gereja yang memiliki arsitektur Gothic ini disakralkan karena di dalamnya terdapat makam ilmuwan, seniman, politisi, hingga makam raja dan ratu Inggris. Selain itu, gereja yang terletak di sebelah barat Palace of Westminster ini juga dijadikan tempat penobatan raja dan ratu Inggris. Bahkan, tempat ini juga menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 1987 oleh UNESCO. Maka wajar saja jika pengunjung tak boleh sembarangan berfoto di dalam gereja ini.

Istana Kepresidenan, Uni Emirat Arab

Istana kepresidenan [sumber gambar]
Kemegahan Istana Kepresidenan Uni Emirat Arab tak bisa diragukan ya guys. Bayangkan saja, bangunan yang luasnya 150 hektare itu memiliki fasilitas publik yang lengkap mulai dari masjid, akomodasi staf dan militer, majelis publik, dan juga menara pengawas. Di tempat yang digunakan sebagai kantor resmi Presiden UEA, para pangeran, serta menterinya ini, pengunjung tidak boleh berfoto lho ya. Kalau nekat curi-curi foto, dipastikan kalian akan ditangkap dan mendapat sanksi.

Kapel Sistine, Vatikan

Kapel Sistene [sumber gambar]
Merupakan tempat yang disakralkan, Kapel Sistine melarang pengunjung untuk mengambil foto. Karena itu, meski Kapel ini sangat terkenal dengan desain arsitektur epic dan dekorasi yang dikerjakan seniman-seniman besar seperti Sandro Botticelli, Michelangelo, hingga Raphael, tak ada yang berani berpose di tempat ini. Fungsi dari tempat ini pun adalah sebagai kediaman resmi Paus di Vatikan, letaknya pun di dalam lingkungan Istana Apostolik.

The White House, Amerika Serikat

Meja di White House [sumber gambar]
Saat ini, wisata nggak terbatas pada keindahan alam alami maupun buatan ya guys. Dalam beberapa kesempatan, ada tur kenegaraan misalnya mengunjungi kantor resmi suatu negara. Nah, kalau kebetulan suatu hari nanti kamu ikut dalam tour mengunjungi The White House, jangan sampai mengambil foto di The Oval Office desk ya. Sebab meja ini cukup dispesialkan. Jika melanggar, kamu harus berurusan dengan pihak keamanan. Hmm, jangan sampai deh.

Itu dia lima tempat terkenal yang memiliki larangan berfoto. Jika sudah ada peraturan jelas seperti itu, seharusnya kita patuh ya guys. Sebab kalau sampai ngotot berfoto, gambar yang kita ambil bukannya keren malah norak banget. Kalau di Indonesia sendiri, sepertinya tidak ada larangan berfoto. Namun harus ingat, foto yang kita ambil harus pantas, bukannya menginjak-injak warisan budaya yang berharga lho ya. Emm, kalau Sahabat Boom sendiri pernah nggak nih nemu tempat wisata yang ada larangan fotonya? Boleh banget lho di share di kolom komentar.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

14 Potret Pengorbanan Cowok Buat Ceweknya Ini Bukti Mereka Rela Diapa-apain Aja

10 Helm Kreatif bin Nyeleneh Ala Orang Indonesia Sukses Bikin Ngakak