Ada banyak cara bagi Tuhan untuk menyadarkan hambanya yang salah dalam memilih jalan hidupnya. Meski melalui jalan terjal yang berliku, semua pasti akan terjadi sesuai dengan kehendak-Nya. Agaknya, hal inilah yang dirasakan oleh sosok pria yang satu ini. Sempat melalui jalan terjal dalam proses pertaubatan, ia akhirnya mantap berhijrah dari dunianya yang lama.

Adalah Donny Supriyadi, yang telah memutuskan untuk merubah dirinya agar menjadi lebih baik lagi di masa depan. Padahal di era 90-an silam, pria yang akrab disapa Themfuck ini merupakan seorang vokalis band hardcore Bandung, Jeruji. Kesan garang yang dulu melekat pada dirinya, telah pudar secara perlahan. Pembawaanya kini terkesan lebih teduh. Seperti apa kisah perjalanan hidupnya? Simak ulasan berikut.

Memutuskan berhijrah dari dunia yang lama

Pada 1998, ia memutuskan untuk menikah dan dikaruniai seorang anak pada 2001. Namun sayang, ia tetap menjalai kebiasaan negatifnya sebagai seorang rocker. Di tahun 2012, ia pun merasa galau dengan kehidupannya. Terlebih, ia telah menginjak usia 40 tahun. Ia pun akhirnya memutuskan merubah arah hidupnya. Selain karena ia melihat sang istri yang lebih dahulu berhijrah, sang anak juga menjadi momen paling krusial yang mengubah pribadinya.

Sempat dirikan band karena gagal kuliah

Dirikan band metal Jeruji [sumber gambar]
Saat pertama lulus SMA, Donny sempat berkeinginan untuk meneruskan pendidikannya di perguruan tinggi. Sayang, kuliahnya akhirnya terhenti dan tak sempat diselesaikan. Donny pun memutuskan untuk membuat sebuah band yang ia namai Jeruji pada 1996 silam. Karena membawakan lagu-lagu rock, reputasi grup miliknya pun naik daun dengan cepat.

Jadi vokalis band rock dengan gaya hidup bebas

Sempat terbuai dengan nikmatnya jadi musisi rock [sumber gambar]
Pada saat itulah, Donny benar-benar merasakan ketenaran yang dimilikinya. Gaya hidup ala rockstar pun ia jalani demi memuaskan hasratnya menjadi musisi terkenal. “Di pergaulan di situ ya tahulah, anak band, apalagi underground. Terbuailah di situ. Mulai sering manggung, sering populer, banyak duit, tur ke mana-mana. Ya menikmatilah saya waktu itu, dengan tidak ada rasa menyesal. Mulai tato kan. Ya semualah yang dilakukan idola saya, saya ikuti,” cerita ayah dua anak ini seperti yang dilansir dari news.detik.com.

Mantap dan istiqomah dalam proses berhijrah karena anak

Anak menjadi salah satu faktor untuk berhijrah [sumber gambar]
Saat melihat perubahan sang istri yang mulai berkerudung dan rajin shalat, hati Donny pun terketuk untuk ikut. Ia pun sering mendatangi kajian di Daarut Tauhid bersama Abdullah Gymnastiar (AA Gym). Hingga akhirnya mulai datang ke Masjid Al -Lathiif. Namun yang membuatnya total berhijrah adalah sang anak sendiri. Suatu ketika, Donny menyuruh putrinya itu untuk salat, namun ditolak karena ia sendiri tidak melaksanakan perintah agama tersebut. “Ka, salat subuh. Susah aja disuruh salat teh. Padahal dia teh udah agak rajin salat, saya mah nggak salat. Yang paling saya nggak sangka itu si kaka jawabnya ngapain salat, ayah aja nggak salat,” terangnya seperti yang dilansir dari news.detik.com.

Suskes merintis usaha kuliner

Setelah memutuskan berhijrah, praktis ia pun harus pensiun dari dunia musisi yang membesarkan namanya. Sebagai gantinya, Donny pun mulai merintis usaha mandiri dibidang kuliner yaitu warung bakso yang ia namai Baso Mas Tato. Nama itu dipilih karena dirinya yang mempunyai tatto. Ia pun kerap mempromosikan daganganya melalui media sosial. “Karena saya memang berniat, ya Allah mudahkan, saya ingin benar. Ternyata Allah mungkin mendengarkan doa saya, akhirnya Allah mudahkan jalan usaha dikasih sama Allah. Alhamdulillah saya cukup menafkahi keluarga dari warung,” ujarnya yang dilansir dari news.detik.com.

Sungguh, perjalanan hidup seorang anak manusia memang penuh rahasia dan tanda tanya. Tak ada jaminan yang bisa merubah hidup seseorang. Kecuali dengan usaha, niat dan doa tulusnya kepada Tuhan. Seperti kisah hijrah Donny Jeruji di atas. Semua akan indah pada waktunya. Inspiratif banget ya Sahabat Boombastis.