Hingar bingar para atlet Indonesia yang berlaga di ajang SEA GAMES 2019 di Filipina, kerap tak lepas dari kisah-kisah unik nan mengharukan. Salah satunya seperti yang dialami oleh Emma Ramadinah, atlet asal Karawang yang berhasil menyumbangkan medali emas ke-40 bagi Indonesia dari cabang olahraga Sambo.

Bukan hal mudah bagi Emma untuk meraih keberhasilan tersebut. Selain berlatih dengan keras, ia bahkan berjualan cilok untuk keperluannya membiayai latihan yang dijalaninya. Namun, usaha tersebut tak berakhir sia-sia. Emma pun berhasil mendulang emas dari hasil jerih payahnya tersebut. Simak kisahnya di bawah berikut ini.

Sosok gadis yang giat berlatih hingga berhasil masuk ke Pelatnas

Sebelum menjadi atlet Sambo, Emma telah terlebih dulu telah menekuni Judo sejak kelas IV SD. Namun, gadis berusia 20 tahun itu kemudian beralih menekuni Sambo saat duduk di kelas XI SMAN 5 Karawang. Selama itu pula, ia giat berlatih agar bisa menembus Pelatnas yang memang dikenal sangat ketat.

Menebus Pelatnas dengan sistem penyaringan yang begitu ketat, membuat Emma harus berlatih dengan keras agar impiannya terwujud. Tak hanya sekedar berlatih, ia juga harus bekerja keras guna membiayai latihannya yang juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Sempat berjualan cilok demi membiayai dirinya latihan dan membantu keluarga

Tak patah semangat, Emma pun mencoba berjualan cilok sambil menunggu hasil penyaringan masuk ke Pelatnas. Selain cilok, Anak pasangan Ahmad Mustofa dan Nining Sari Ningsih itu juga berjualan rujak bangkong dan menekuni bisnis online. Semua hal tersebut dilakukannya untuk menambah penghasilan keluarga dan biayanya berlatih.

Emma bersama sang ayah [sumber gambar]
Ayah Emma sendiri merupakan merupakan pegawai honorer di sekolah swasta. Sementara sang ibu adalah seorang ibu rumah tangga. Melihat tanggung jawab besar yang dipikulnya, Emma kerap membagi waktunya antara berlatih dan berjualan agar semua bisa dilakukan dengan baik. “Selain latihan, saya jualan online,” ucapnya yang dikutip dari Regional.kompas.com.

Berhasil dulang emas dari cabang olahraga Sambo yang tergolong baru

Hingga pada akhirnya, kesabaran dan latihan kerasnya selama ini membuahkan hasil. Turun di cabang olahraga Sambo nomor mixed team pada SEA Games 2019 di Filipina, Emma berhasil menyumbangkan medali emas ke-40 bagi Indonesia bersama rekannya yang lain seperti Desiana Syafitri, Erik Gustam, Rio Bahari, dan Senie Kristian.

Emma berhasil menyabet medali emas ke-40 bagi Indonesia [sumber gambar]
Sambo sendiri merupakan seni bela diri asal Rusia yang diperkenalkan pada tahun 2015-2016 silam, karena saat itu akan dimasukkan dalam pertandingan di SEA GAMES Jakarta. Medali emas yang diraih Emma, dipersembahkan pada mereka yang selama ini telah mendukungnya. “Menjadi juara tentunya tantangan semakin berat. Bagaimana mempertahankan gelar itu, juga bersiap diri menghadapi tantangan yang lebih berat,” kata Emma yang dikutip dari Regional.kompas.com.

BACA JUGA: Sukses Sikat Emas SEA GAMES 2019, tapi Atlet Asal Tasikmalaya ini Malah Pulang Naik Angkot

Selalu ada jalan di tengah upaya para atlet Indonesia untuk mendulang medali emas. Siapa sangka jika Emma yang berhasil meraih medali emas, harus melewati hal tersebut degan perjuangan keras dan bahkan harus berjualan cilok demi menebus impiannya di ajang SEA GAMES 2019 Filipina. Salut ya Sahabat Boombastis.