Inspirasi

Tinggalkan Kerja Kantoran Mapan, Pria Ini Sekarang Sukses Jadi Petani Milenial

Berprofesi sebagai petani memang kerap dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Namun tidak dengan pria bernama Rio Erlangga. Pria 35 tahun ini bahkan rela meninggalkan posisinya sebagai HRD di perusahaan automotif multinasional demi bisa bertani.

Padahal di luar sana begitu banyak yang sekolah tinggi agar bisa bekerja di kantor bergengsi dan mendapat jabatan tinggi. Lantas, apa yang membuat Rio justru melepas jabatannya dan malah beralih menjadi petani? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Meninggalkan pekerjaan mapan di kantor

Rio Erlangga [sumber gambar]
Nyatanya, keluar dari perusahaan bukan berarti Rio tidak memiliki pendapatan yang cukup. Justru sebaliknya, sebelum memutuskan resign, Rio bahkan memiliki jabatan yang cukup tinggi di perusahaan automotif. Rio menjelaskan jika sudah sekitar delapan tahun dia bekerja sebagai Sales Operation, kemudian memegang Asset Management, dan pernah juga memegang HR-Compensation Benefit selama empat tahun. Memutuskan keluar dari perusahaan tentu bukan tanpa alasan, bagi Rio, menjadi petani adalah impian.

Nggak asal jadi petani

Rio Erlangga [sumber gambar]
Menjalani sebuah profesi baru, tentu saja tak boleh asal terjun. Karena menjalani usaha tanpa ilmu sama saja dengan membuang-buang tenaga. Begitu juga dengan Rio Erlangga, setelah resmi resign dari perusahaan pada tahun 2016, Rio mencari mentor yang sudah berpengalaman di bidang pertanian. Setelah menerima ilmu dari mentor senior di bidang yang ia minati, Rio pun langsung memulai usahanya. Rio juga memutuskan fokus dulu dengan bertani lemon dan jahe selama 6 bulan, yang ternyata hasilnya cukup memuaskan.

Sukses besar

Rio Erlangga [sumber gambar]
Memulai usaha pertanian di tahun 2016, perkembangan bisnis Rio bisa dibilang cukup cepat. Di awal, Rio hanya memiliki dua hektar lahan untuk bercocok tanam. Siapa sangka jika kini lahan yang dimiliki Rio mencapai 300 hektar, tersebar di beberapa kota di Indonesia. Tak hanya itu, dia juga mendirikan CV Cipta Agripratama. Berbeda dengan dulu, Rio bekerja pada perusahaan, kini dia bahkan memberikan peluang kerja bagi banyak orang.

Bukan berarti usaha tanpa hambatan

kebun Rio [sumber gambar]
Membahas soal bisnis, setiap pelaku bisnis pasti pernah merasakan yang namanya kendala, seperti masyarakat yang lebih suka dengan produk-produk impor dari luar negeri. Hingga Rio Erlangga harus menunggu kesempatan untuk bisa mengunggulkan produk lokal andalannya. Rio juga berani memberikan harga yang bersaing, hingga akhirnya produk-produknya mulai diminati masyarakat. Rio selalu memperingatkan  para pelaku bisnis untuk memiliki mental yang kuat dan juga tim yang solid.

BACA JUGA: Kisah Mantan Pekerja Kantoran yang Resign dan jadi Petani demi Hidup yang Lebih Baik

Itulah sedikit ulasan tentang kesuksesan Rio Erlangga di bidang pertanian. Meski di awal merupakan karyawan kantoran dengan jabatan cukup menjanjikan, namun kecintaannya di dunia pertanian menjadi jalan baginya untuk menjadi lebih sukses.

Share
Published by
Nikmatus Solikha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

15 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago