Categories: Trending

Kisah Haru Kenji Goto, Jurnalis Jepang yang Dieksekusi ISIS

Sebuah kabar menyedihkan sekaligus menyeramkan datang dari ISIS. Kemarin, mereka kembali mengeksekusi tahanan yang mereka miliki. Kali ini, organisasi yang banyak dikecam ini menghukum mati seorang jurnalis asal Jepang, Kenji Goto.

Baca Juga: 5 Kasus Bunuh Diri Remaja Dengan Alasan Yang Tidak Lazim

Kenji Goto adalah seorang jurnalis yang mendedikasikan hampir dua dekade dari hidupnya untuk meliput perang. Pada Oktober tahun lalu, dia dan seorang kontraktor asal Jepang diculik di daerah perbatasan Suriah dan Irak. Keduanya ditangkap oleh ISIS sebagai ancaman kepada pemerintah Jepang. Para pengguna media sosial marah sekaligus sedih mendengar berita ini dan memulai gerakan baru bernama #IAmGoto

1. Tampak Tenang Menjelang Eksekusi

Pada sebuah video yang dirilis ISIS pada Sabtu (31/1) malam kemarin, seorang bertopeng hitam tampak memegang pisau dan berbicara di depan kamera. Sementara, Kenji Goto berlutut di atas tanah dengan seragam berwarna oranye, yang diketahui adalah seragam khas para tahanan ISIS. Pria bertopeng itu memulai orasinya kepada pemerintah Jepang yang mereka anggap berani menghalangi jalan ISIS.

Tampak Tenang Menjelang Eksekusi

Dalam video tersebut, pria itu mengatakan bahwa Perdana Menteri Jepang, Abe, adalah orang yang paling bertanggung jawab atas kematian Goto. Menurutnya, Goto adalah korban dari ketidakpedulian pemerintah Jepang terhadap warganya sendiri. Dalam video tersebut Goto hanya terdiam dan menatap kamera dengan tenang. Dia menutup kedua matanya sebelum akhirnya pisau itu menyanyat leher dan mengakhiri hidupnya.

Selanjutnya: Pesan Dari Sang Ibu

2. Pesan dari Sang Ibu

Mengetahui bahwa anaknya adalah satu dari dua tahanan Jepang yang disandera oleh ISIS, Nyonya Junko tampak sangat terpukul dan histeris. Dalam sebuah konferensi pers, Nyonya Junko mengatakan bahwa anaknya telah mengambil langkah berani untuk menyelamatkan warga Jepang dalam sandraan ISIS. Wanita itu berharap bahwa pemerintah Jepang akan mempertimbangkan untuk membayar tebusan sebesar $200.000.000 yang diminta oleh pihak ISIS.

Pesan dari Ibu Kenji Goto

Namun, pria berusia 47 tahun itu tidak sempat diselamatkan. Duniapun berduka cita atas kepergiannya. Twitter diramaikan oleh hashtag #IamGoto. Sementara Fan Page I Am Goto di Facebook sudah mendapat ribuan “like” dari pengguna Facebook di seluruh dunia. Juru bicara dari United States National Security Council mengatakan mereka menyampaikan bela sungkawa dan mendesak pemerintah Amerika Serikat untuk membebaskan para sandera yang ditahan ISIS.

3. Wartawan yang Berdedikasi Untuk Negara Konflik

Goto menghabiskan lebih dari dua puluh tahun hidupnya untuk meliput negara-negara yang terlibat konflik perang. Dia telah mengalami banyak kejadian mengerikan selama meliput. Dia pernah ditodong pistol tepat di kepalanya ketika sedang meliput di Irak. Dia juga pernah melihat mayat yang harus dikubur massal dengan bull dozer ke sebuah makam massal seukuran kolam renang.

Wartawan yang Berdedikasi untuk Negara Konflik

Pengalaman-pengalaman tersebut menyisakan trauma mendalam bagi ayah dari tiga anak ini. Wajahnya sering kali pucat jika mendengar suara bola bowling yang berderak melintasi lantai karena itu mengingatkannya dengan suara bom di daerah perang. Pria ini tidak pernah meliput tentang siapa yang menang dan siapa yang kalah dalam perang. Dia justru fokus meliput keadaan anak-anak dan pendidikan mereka selama negara-negara tersebut berseteru.

Baca Juga: 10 Fakta Mengenai Timor Leste, Negara Tetangga Pecahan Dari Indonesia

4. Ayah yang Penyayang

Ayah dari tiga orang anak ini memang dikenal sebagai pribadi yang hangat. Dalam sebuah artikel, rekan jurnalisnya mengatakan bahwa Goto adalah sosok penuh cinta yang selalu lembut dalam bertutur kata. Dia juga selalu terlihat tenang dalam menghadapi berbagai situasi.

Ayah yang Penyayang

Banyak sekali dari perjalanan-perjalanannya ke daerah konflik dibiayai dengan uang pribadi Goto sendiri. Dia merasaka harus melakukan sesuatu agar anak-anak di daerah konflik mendapatkan perhatian lebih. Film dokumenter karya Goto sering tampil di jaringan televisi NHK. Dia juga telah menulis setidaknya lima buku tentang perjalanannya.

5. Gerakan We Are Kenji Goto

Banyak sekali netizen yang menyampaikan duka cinta mereka kepada Kenji Goto dan keluarganya. Terlebih lagi karena Kenji selama ini dikenal sebagai jurnalis yang sangat berdedikasi dan mencintai orang tidak peduli latar belakang mereka.

We Are Kenji Goto

Hashtag #IAmKenji dan #KenjiGoto bertebaran dan menjamur di dunia maya. Akun @vandalgil menuliskan “He was a journalist, a husband, a much loved father; but the most important of all he was a human.” yang berarti “Dia adalah seorang jurnalis, seorang suami, seorang ayah yang sangat dicintai dan yang jauh lebih penting dari itu dia adalah seorang manusia.”

Pembunuhan seseorang yang tidak bersalah untuk kepentingan sebuah organisasi tidaklah bisa dibenarkan. Bagaimanapun Kenji hanyalah menjalankan tugasnya sebagai seorang pewarta berita dan tidak boleh dilenyapkan karena kebijakan politik negaranya. Semoga dunia kita akan menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya dan kita hidup dalam harmoni, tanpa kebencian.

Baca Juga: 5 Negara Yang Menerapkan Hukuman Mati Bagi Penjahat Narkoba

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago