Kisah mengenai ingin merdekanya Catalonia, tentu bukanlah sebuah dongeng kemarin sore atau hisapan jempol saja. Lebih dari itu, sudah sejak beberapa tahun silam, banyak orang asli sana mengupayakan untuk wilayahnya bisa berdiri sendiri sebagai negara. Slogan Catalonia not Spain dan simbol-simbol catalan kerap muncul di markas Barcelona adalah buktinya. Dan puncak dari usaha tersebut adalah lahirnya beberapa kali referendum dan yang terakhir pada tahun 2017 lalu.

Di mana menurut kanal berita luar negeri The Guardian, 90% masyarakat Catalan yang ambil bagian dalam pemungutan suara itu, setuju untuk melepaskan diri dari Spanyol. Nah, berangkat dari fakta tersebut, ternyata bila wilayah itu Merdeka juga berpotensi punya Timnas sepak bola yang sangar. Hal ini dapat dilihat dari daftar pemain yang pernah memperkuat Timnas daerah tersebut. Benarkah hal itu? Yuk Yuk, mari kita bongkar segahar apa Timnas tersebut.

Memiliki barisan lini belakang yang oke

Pigue menghalu serangan lawan [Sumber Gambar]
Sudah menjadi rahasia umum, jika berbicara tentang Timnas satu ini kita akan melihat komposisi skuad yang bagus. Mulai dari depan hingga masuk pasa post belakang. Khusus untuk hal terakhir tersebut bahkan tidak masalah bila disebut oke. Pasalnya, di sana bercokol nama-nama handal macam Gerard Pique, Marc Bartra, Aleix Vidal, Marc Cucurela dan sempat Jordi Alba. Pada posisi penjaga gawang pun juga acap kali diisi oleh pemain handal seperti Kiko Casilla,Victor Valdez, dan untuk sekarang ada Edgar Badia dan Isaac Barcera.

Di isi oleh legenda sepak bola yang sudah memenangkan banyak trofi

Xavi dengan trofi [Sumber Gambar]
Beraja pada lini depannya, daftar pemain yang tidak kalah hebat juga ada di sini. Di mana lini tengah Timnas Catalan di isi oleh mantan pemain Barcelona Xavi Hernadez, yang banyak diketahui adalah maestro dengan sugudang prestasi. Mulai dari Laliga, Liga Champions, Piala Eropa, sampai Piala Dunia pernah diraihnya. Tidak hanya itu, lini tengah kesebelasan ini juga kerap dihuni jenius-jenius lapangan hijau seperti Cecs Fabregas, dan Sergio Busquets. Dan sekarang untuk laga uji coba melawan Venezuela nanti ada Victor Sanchez, Orial Romue, Aleix Garcia, dan masih banyak lagi.

Pada pos depan di isi oleh penyerang berbakat

ojan Krkic bermain untuk Stoke City [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan posisi tadi, pada lini depan kesebelasan ini juga tidaklah kalah gancor. Meski saat ini yang dipanggil hanya tiga pemain saja yakni Sergio Garcia, Bojan Krkic, dan Marc Cardonia saja, namun bila kita telusuri sejarahnya ke belakang juga sempat diisi oleh bakat-bakat istimewa lapangan hijau. Seperti Gerard Deulofeu, Keita Balde Diao, hingga Alvaro Vazquez. Dan hebatnya lagi Timnas Argentina sempat dibuat babak belur dengan dikalahkan dengan skor telak 4.0.

Timnas yang kerap catatkan kemenangan di beberapa tahun terakhir

Timnas Catalan [Sumber Gambar]
Selain menaklukkan Argentina, Timnas satu ini juga punya banyak cerita manis terkait kemenangan. Hal ini dibuktikan dengan banyak Tim Nasional yang berujicoba dengan mereka pulang dengan hasil minor. Bahkan dari penelusuran yang dilakukan penulis, dari tahun 2008 mereka tidak pernah merasakan sebuah kekalahan. Tidak hanya itu, dalam perjalanannya Timnas Catalan juga sempat ciptakan kemenangan terbesar dengan unggul atas Lituania dengan skor 5-0 pada tahun 2000.

BACA JUGA: Berkat Olahraga, 5 ‘Perseteruan’ Panas Ini Padam Layaknya Api Disiram Air

Bakal merdeka atau tidaknya Catalan, tentunya hanya waktu bisa menjawab. Namun, terlepas dari hal tersebut, hadirnya kesebelasan tadi pastinya akan menjadi sesuatu yang bagus lantaran menambah persaingan antar negara Eropa di olahraga ini.