Sebagai pencinta sepak bola, Barcelona pastinya bukan menjadi nama yang tabu. Prestasi hebat dan ratusan gelar jadi bukti bagaimana kehebatan tim asal daerah Catalan ini. Selain hebat mereka juga sering sekali memunculkan pesepakbola yang memiliki kemampuan luar biasa. Baik melalui akademi La Masia yang tersehor itu atau yang lainnya.

Sebagai klub besar di benua biru, mereka tidak hanya menampung pemain asli spanyol saja. Pemain muda yang memiliki potensi untuk menjadi bintang juga bisa masuk di sana. Lantaran hal inilah Barcelona kini mempunyai pesepakbola hebat asal Argentina yakni Messi, atau terdahulu Johan Cruyff asal Belanda. Kedua sosok tersebut bukan bakat hebat terakhir tim ini, ada beberapa lain seperti ulasan berikut.

Maestro lapangan tengah Xavi Hernandes

Xavi [Sumber Gambar]
Maestro dijadikan orang Italia untuk mengabarkan pemain hebat penuh talenta di sepak bola. Sebagai seorang pesepakbola, Xavi lekat sekali dengan sebutan tersebut. Sosoknya tenang dan mampu melepaskan umpan meski dalam keadaan sulit menjadi alasannya. Peranan pemain 35 tahun begitu sangat sentral di klub asal daerah Catalan tersebut. Bahkan bisa dikatakan tanpa dirinya Barcelona kehilangan kekuatannya hampir 40 %. Tercacat ia telah sumbangkan semua Trophy di dunia ini untuk klub identik dengan warna kuning tersebut. Tidak itu saja dirinya jadi pemain berpengaruh setelah Josep Guardiola.

Pelatih dan pemain tengah hebat Pep Guardiola

Pep Guardiola [Sumber Gambar]
Pemain paling berpengaruh selanjutnya adalah Josep Guardiola. Sebagai pesepakbola pria plontos ini memiliki prestasi yang luar biasa hebat. Ia sukses menjadi pemain dan juga raih kejayaan saat menjadi pelatih Barcelona. Melalui mantan pelatih Bayer Muchen ini, dunia disuguhkan permainan cantik bernama tika-tika. Lewat dirinya pula juga anak Argentina bernama Messi mampu pertontokan pontesinya secara maksimal. Selama menjabat sebagai nakhoda Blugrana (Julukan Barca) Pep sudah mempersembahkan 14 gelar dari kompetisi lokal atau internasional. Dan baru-baru ini pemain berposisi gelandang meraih juara bersama Manchester City.

Legenda Belanda Johan Cruyff jadi dewa di Barcelona

Johan Cruyff [Sumber Gambar]
Kalau tadi Guardiola perkenalkan permainan bernama Tika-tika. Johan Cruyff adalah penciptanya, Sebagai seorang pesepakbola Cruyff sering dijuluki dewa sepak bola. skill menawan dan kepintaran tiada tanding menjadikannya sangat hebat di olahraga ini. Hal inilah yang pada akhirnya ia sukses sebagai pelatih dan pemain Barcelona. Dilansir dari laman Liputan 6, selama 5 musim bermain di klub ini, kontribusi terbesarnya Johan Cruyff adalah merevolusi filosofis sepak bola Barcelona. Karya terbesarnya di Camp Nou adalah terciptanya La Masia. Jadi tidak heran namanya begitu diagungkan di tim pernah dibela Ronaldinho ini.

Laszlo Kubala, pria Hongaria memiliki kemampuan luar biasa

Laszlo Kubala [Sumber Gambar]
Luar biasa adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kemampuan pria satu ini saat bermain bola. Sebagai legenda tim asal Catalan, Laszlo Kubala memiliki kemampuan di atas rata-rata. Sosoknya cerdas dan ditunjang skill yang mumpuni menjadikan pria Hongaria ini banyak sumbang trophy untuk Barcelona. Berkat hal tersebut ini, dirinya terpilih sebagai pemain terhebat klub abad 20. Layaknya dua orang tadi kariernya juga tergolong mengkilap saat menjadi juru latih dengan mampu memutuskan dominasi Real Madrid di tahun 1961.

Paulino Alcatra, pemain Asia Tenggara gores tinta emas

Paulino Alcatra [Sumber Gambar]
“Bahkan di seluruh Asia sekalipun, saingan pencapaian Paulino nyaris tidak ada yang bisa melewatinya” itulah kutipan dari laman FourFourTwo untuk menggambarkan kehebatan pemain satu ini. Sebagai sosok Asia berdarah Spanyol, Paulino Alcatra muda sudah memberanikan diri untuk meninggalkan Filipina. Meski jadi keputusan berat lantaran banyak diskriminasi, namun ia tetap mampu menjadi yang terbaik lewat torehan prestasi. 354 gol dan sejumlah piala untuk Barcelona jadi bukti kehebatan orang satu ini. Bahkan di hanya Messi lah yang bisa memecahkan rekor golnya tersebut. Sejarah panjang kini mulai terlupa tidak menghilangkan pengaruh besarnya terhadap basar tahun 1912 tahun lalu.

Cerita beberapa orang berpengaruh tim Catalan ini jelas menunjukkan kepada kita semua. Bahwa Barcelona adalah kesatuan unit yang tercipta dari tokoh-tokoh hebat terdahulu. Dan yang menjadikan tim ini semakin hebat adalah, tidak pernah putusnya memunculkan wajah baru yang mampu angkat tim meraih kejayaan. Begitu saat ditinggalkan Andreas Iniesta beberapa hari lalu pastinya pemain lain sudah siap mengemban tugas selanjutnya.