Keberadaan Gim populer seperti Player Unknown’s Battlegrounds alias PUBG, mendadak jadi pembicaraan warganet di dunia maya. Pasca terjadinya serangan mematikan di dua buah masjid Selandia Baru, permainan bergenre Battle Royale itu juga memantik perhatian dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dilansir dari tirto.id, lembaga tersebut bahkan mengkaji mengenai pelarangan permainan PUBG karena dinilai menimbulkan mudarat. Alhasil, hal ini pun sempat menjadi obrolan di kalangan warganet hingga memunculkan hastag #PUGBHaram. Tak hanya sekali ini, MUI juga punya rekam jejak mengenai fatwa yang dulu juga tak kalah menghebohkan masyarakat Indonesia

BPJS sempat difatwa haram

Ilustrasi BPJS [sumber gambar]
Pada 2015 silam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pernah mengeluarkan keputusan bersama hasil ijtima soal mekanisme Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dilansir dari tempo.co, lembaga tersebut menilai sistem premi hingga pengelolaan dana peserta BPJS Kesehatan tak sesuai dengan fikih. hal ini pun sempat memuat heran Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Namun pada akhirnya, BPJS telah siap menjalankan operasionalnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, sebagaimana Ijtima Ulama pada 2015 silam.

Rokok masuk sebagai benda berbahaya yang diharamkan

Ilustrasi rokok [sumber gambar]
Jika pada setiap ijtima yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melahirkan keputusan satu suara mengenai halal dan haram, ternyata tidak berefek pada rokok. Laman nasional.kompas.com menuliskan, timnya terpecah menjadi dua suara saat membahas benda mungil yang populer di masyarakat tersebut. Namun pada akhirnya, MUI mengeluarkan fatwa haram untuk rokok. Pengumuman itu disampaikan beserta sejumlah pertimbangan dan pendapat yang berbeda itu. “Ada dua pendapat, tidak terselesaikan. Yang satu mengatakan haram, satu mengatakan makruh,” kata Ma’ruf yang dikuti dari nasional.kompas.com.

Pakaian Ala Jilboobs juga diharamkan

Ilustrasi Jilboobs [sumber gambar]
Salah satu fatwa haram dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang sempat menimbulkan reaksi adalah soal jilboobs alias pakaian ketat bagi wanita yang berjilbab. Laman bbc.com menuliskan, keputusan itu sempat menarik perhatian pemerhati jender yang bernama Adriana Venny. Menurut dirinya, fatwa haram tersebut memiliki banyak konsekuensi. Salah satunya adalah persoalan mengenai baju yang diatur. Tak hanya fatwa haram, MUI juga menghimbau kepada wanita yang mengenakan jilbab untuk lebih memperhatikan tata cara berpakaiannya.

Apakah PUBG ‘haram’ juga?

Ilustrasi PUBG [sumber gambar]
Gim PUBG yang memang berunsur kekerasan seperti penembakkan, pengeboman hingga pembunuhan dengan beragam senjata api, akhirnya membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan kajian khusus pada permainan tersebut. Laman tirto.id menuliskan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan siap mengkaji dan menindaklanjuti permintaan blokir game Player Unknown’s Battle Ground (PUBG). Di mana lembaga tersebut masih menunggu Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengkaji dan mengajukan temuannya kepada Kominfo.

BACA JUGA: Banyak Korban Berjatuhan, 4 Negara Ini Membenci Kehadiran PUBG Mobile

Perkara halal dan haram memang terasa sangat sensitif di Indonesia. Selain memang dihuni oleh mayoritas muslim, hal-hal demikian sering menjadi perdebatan karena masyarakat terbelah menjadi dua kubu yang saling pro dan kontra satu sama lain. Kini menyusul permainan gim macam PUBG yang masih dikaji oleh MUI, apakah halal ataukah haram di Indonesia. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

 

Referensi sumber tulisan:

1. MUI Kaji Fatwa Haram Gim PUBG, Perlukah?
https://tirto.id/mui-kaji-fatwa-haram-gim-pubg-perlukah-dj8z

2. Kominfo Siap Tindaklanjuti Permintaan Blokir Game PUBG
https://tirto.id/kominfo-siap-tindaklanjuti-permintaan-blokir-game-pubg-dj32

3. Fatwa haram ‘Jilboobs’ menuai reaksi
https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2014/08/140808_indonesia_jilboobs

4. Ketum MUI Ungkap Sulitnya Keluarkan Fatwa Haram untuk Rokok
https://nasional.kompas.com/read/2017/01/17/14153171/ketum.mui.ungkap.sulitnya.keluarkan.fatwa.haram.untuk.rokok.

5. Ini Alasan MUI Beri Fatwa Haram BPJS Kesehatan
https://nasional.tempo.co/read/687699/ini-alasan-mui-beri-fatwa-haram-bpjs-kesehatan

6. MUI Sebut BPJS Kesehatan Siap Menjalankan Prinsip Syariah
https://nasional.tempo.co/read/1086537/mui-sebut-bpjs-kesehatan-siap-menjalankan-prinsip-syariah