Tahun 2018, merupakan waktu di mana para selebriti akrab dengan tempat bernama penjara. Banyak kasus yang menyeret nama mereka, mulai dari narkoba, hingga penipuan. Mendekam di penjara, tentu banyak pelajaran yang dapat diambil, serta kegiatan sehari-harinya yang bisa disorot.

Dalam ulasan berikut ini, Boombastis.com akan merangkum apa saja kegiatan para selebriti selama berada di bui. Apakah ada pula rasa sesal di dalam mereka setelah merasakan ketidaknyamanan tinggal di sana? Begini kira-kira kegiatan 4 selebriti berikut.

Jennifer Dunn, perawatan hingga belajar mengaji

Bukan hal yang mengagetkan mengetahui banyak hal yang bisa dilakukan oleh Jennifer Dunn (Jedun) di penjara. Terpidana atas kasus narkoba, ia dibantu banyak oleh sang kekasih, Faisal Harris—ayah dari Shafa Harris yang sempat melabrak dirinya pada akhir tahun 2017. Sempat ditegur pihak berwajib, sebab di dalam bui, Jedun masih sempat selfie dan mengunggah foto.

Jennifer Dunn perawatan dan belajar mengaji di penjara [sumber gambar]
Padahal, narapidana tak bisa bebas mengakses telepon seluler. Selain itu, Jedun juga masih sempat perawatan selama di penjara. Ada bukti foto dirinya tengah menggunakan masker. Namun, ketika pengadilan menuntut hukuman yang lebih berat, ia justru berusaha bertaubat dan belajar mengaji. Wah, wah, banyak juga ya kegiatan Jedun.

Roro Fitria, menjadi guru tari bagi penghuni rutan

Kekecewaan, kesedihan, ketakutan, selalu tampak setiap Roro Fitria akan menjalani sidang. Terseret kasus narkoba membuat hidupnya menjadi enggak karu-karuan, terlebih lagi, sehari sebelum sidang, ibunya meninggal dunia—yang membuat dirinya tak bisa mendampingi di saat-saat terakhir.

Roro Fitria jadi guru tari di penjara [sumber gambar]
Telah mendekam di penjara selama hampir satu tahun, Roro Fitria terbukti melakukan kegiatan positif. Dikutip dari kumparan.com, Roro Fitria tengah menjadi guru tari bagi penghuni rutan Pondok Bambu. Tak hanya menari, ia juga mengajari mereka cara bernyanyi dan bisa berbaur dengan baik dengan sesama penghuni rutan.

Saipul Jamil, rekaman lagu dangdut

Mendekam di penjara akibat kasus pelecehan seksual dan dugaan suap membuat Saipul Jamil memaksa dirinya untuk lebih produktif. Melalui suara.com, ia membantah bahwa kegiatannya selama di penjara hanyalah makan dan tidur. “Itu soal kehidupan di lapas. Namanya juga sebuah lembaga, mengayomi orang kan. Ada yang bilang lapas seram, terus orang di penjara kerjanya makan tidur. Itu enggak gitu,” ungkapnya.

Saipul Jamil rekaman lagu dangdut di penjara [sumber gambar]
Ia bahkan menyebut di Lapas Cipinang terdapat studio dan banyak alat musik. Alhasil, ia merekam sebuah single baru di sana, yang berjudul Manusia Biasa. Lagu tersebut ditulis oleh Dorce Gamalama yang lalu diluncurkan pada tahun 2018 silam. Sempat banget, ya~

Sandy Tumiwa, belajar mengimami warga rutan Salemba

Menjadi lebih relijius tentu hal yang wajar bagi para penghuni rumah tahanan alias rutan. Hal yang sama dialami oleh Sandy Tumiwa. Mantan suami Tessa Kaunang itu mendekam di penjara akibat kasus penggelapan uang dan suap.

Sandy Tumiwa jadi imam salat di penjara [sumber gambar]
Hari-harinya selama berada di penjara diisi dengan hal yang berbau reliji. Ia mengaku mungkin di luar, kegiatan beragamanya belum baik, sehingga ia memaksimalkan beribadah selama berada di bui. Dikutip dari suara.com, ia bahkan menjadi imam salat bagi warga rutan Salemba. Sandy Tumiwa pun sempat berguru di sebuah pesantren di Grobogan, Jawa Tengah, keluar dari penjara.

BACA JUGA: 5 Artis yang Terjerat Narkoba Ini Hanya Divonis Beberapa Bulan Penjara, Kata Netizen: Ckckck

Artis juga manusia, setiap masuk ke penjara juga ada-ada saja kelakuannya. Mereka yang menjadi relijius, syukur-syukur, bisa dilanjutkan setelah keluar dari penjara. Namun, jika menjadi relijius ketika mendekam di penjara saja, rasanya sayang sekali. Mendingan sekalian rekaman lagu dan dirilis, dapat royalti pula.