Sebagai pengamat kehidupan selebriti yang ulung, ketika seorang artis tercyduk kasus narkoba, kita tak lagi terkejut. Hal tersebut dikarenakan sudah banyak kasus serupa di tanah air. Bukannya malah belajar dari kesalahan yang sudah-sudah, mereka terus terjerembab pada lubang yang sama.

Namun, pernahkah kalian berpikir, siapa sih sosok di balik penangkapan para artis yang terjerat kasus narkoba? Bersikap sangat profesional, sosok tersebut pun tak pernah pandang bulu menangkap orang yang bersalah meski ia merupakan public figure di tanah air. Boombastis.com akan mengungkap sosok legendaris tersebut dalam ulasan berikut.

Lulusan Akademi Polisi (Akpol) yang Berprestasi

Pantas saja sosok berbadan kekar dan cerdas ini selalu sukses dalam misi perburuan narkobanya, rupanya ia adalah seorang lulusan Akpol angkatan 2000. Meskipun masih berusia 38 tahun, sepak terjangnya dalam dunia kepolisian, khususnya yang menyangkut hal narkoba sudah tak terhitung.

Akpol Berprestasi [image source]
Ia bahkan telah mendapat melati dua di pundaknya, alias kini ia memiliki gelar Komisaris Polisi (Kompol). Masih terlibat dalam urusan narkotika, AKBP Suhermanto kini sedang menjabat sebagai Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat.

Kisah Penangkapan Revaldo yang Dramatis

Pada bulan Juli, 8 tahun silam, seorang staf AKPB Suhermanto melaporkan bahwa aka nada transaksi narkoba di daerah Slipi, Palmerah, Jakarta Barat. Ia pun segera membentuk tim untuk penyidikan saat itu juga.  Dilansir dari jawapos.com, sempat terjadi kejar-kejaran antara mobil yang dikendarai AKPB Suhermanto dengan sang tersangka.

Penangkapan Revaldo [image source]
“Saya sempat berpikir untuk menabrak mobil tersangka waktu itu, tapi tidak bisa karena jalanan sedang macet,” ungkapnya. Namun, ketika pada akhirnya tim AKPB Suhermanto berhasil mengepung mobil Grand Vitara yang dikendarai pelaku, ia mengaku tidak menyangka bahwa sosok yang berada di dalam mobil tersebut merupakan seorang artis, yakni Revaldo Fifaldi Surya Permana, yang terkenal melalui film 30 Hari Mencari Cinta.

Mulai dari Ibra Azhari Hingga Ridho Rhoma, Semua Teringkus di Tangannya

Rupanya, kasus narkoba Revaldo lah yang membuat AKPB Suhermanto dijuluki spesialis pencyduk artis. Hal tersebut dikarenakan setelah berhasil meringkus Revaldo, AKPB Suhermanto memimpin timnya dan berhasil mencyduk salah satu dari Azhari bersaudara, yaitu Ibra Azhari, di bilangan Seminyak, Bali.

Ibra Azhari dan Ridho Rhoma [image source]
Tak berhenti sampai di situ, AKPB Suhermanto kembali melejit dalam melaksanakan misinya. Ia pun kembali meringkus model cantik Novi Amelia, yang kasusnya benar-benar menghebohkan tanah air karena ia menabrak 7 orang pejalan kaki hingga meninggal. Dilansir dari viva.co.id, kasus terakhir yang ia tangani adalah penangkapan putra Rhoma Irama, yaitu Ridho Rhoma.

Pesan Sang Polisi Sangar untuk Para Artis yang Terlibat Narkoba

Bagi sebagian orang, kasus artis yang terjerat narkoba adalah hal yang biasa, bahkan mereka cenderung bodo amat dengan peristiwa ini. Namun, tidak bagi AKPB Suhermanto yang malah mengkhawatirkan kondisi psikologi dari para public figure Indonesia ini. Dilansir dari jawapos.com, AKPB Suhermanto menyatakan bahwa para artis cenderung menggunakan narkoba sebagai pelarian.

Artis Tercyduk Narkoba [image source]
Contohnya saja kasus Revaldo, ia mengaku bahwa Aldo sedang ada pada kondisi terendah, ia membutuhkan uang dan tak banyak panggilan kerja, alhasil narkoba adalah jalan keluar dari depresinya. Padahal, sekali menggunakan barang laknat itu, susah sekali untuk berhenti. Selain itu, tuntutan pekerjaan dimana para artis harus selalu ceria di layar kaca juga merupakan salah satu faktor mereka lari pada narkoba. Polisi 38 tahun ini pun berharap agar tak lebih banyak lagi para artis yang terjerat narkoba.

Wah, setelah mendengarkan pengakuan AKPB Suhermanto tentang bagaimana depresinya hidup menjadi artis membuat kita sama-sama sadar bahwa dunia memang tempat yang kejam bagi mereka yang tak bisa bertahan. Meskipun begitu, sebagai public figure yang baik, seharusnya para artis ini bisa menjadikan hal yang positif sebagai pelariannya ketika stres menghadapi tekanan dalam dunia kerjanya. Sekali lagi, salut untuk AKPB Suhermanto, sosok polisi yang tak pandang bulu ketika menciduk mereka yang terjerat kasus narkoba, meski dari kalangan artis dan pejabat tinggi.