Categories: Tips

4 Kartun Nickelodeon LaTivi yang Keberadaannya Pernah Bikin Masa Kecil Sumringah

Buat kamu alumni generasi 90-an, pasti inget kalau dulu pernah ada satu stasiun televisi yang sekarang udah diakuisisi sama TVone, namanya LaTivi. Dan stasiun yang saat itu masih tergolong baru ini sangat digandrungi ama anak-anak. Bukan karena pengen nonton berita atau nonton komedi malamnya yang “itu” tuh. Tapi karena stasiun ini adalah gudangnya kartun-kartun keren!

RCTI atau Indosiar bolehlah busungin dada mereka karena pegang lisesnsi buat nyiarin kartun-kartun Jepang alias anime di stasiun tv mereka. Tapi, LaTivi juga punya acara kartun khasnya sendiri. Kartun-kartun yang pertama kali ditayangin di stasiun TV kabel bernama Nickelodeon ini nyatanya gak kalah saing sama anime saat itu. Masa sih? Memangnya di LaTivi ada kartun apa aja sih? Emangnya ada kartun yang lebih seru dari Upin-Ipin? Eits, tahan dulu komentarnya. Mending kamu cari tahu deh langsung jawabannya di bawah ini. Siap-siap bernostalgia? Ayo kita kembali ke masa lalu!

1. Dora the Explorer

Jauh sebelum si Bolang lahir, ada Dora si bocah petualang yang setia nemenin kita jalan-jalan. Setiap harinya ia akan mengajak kita menjelajahi tempat-tempat seru dan belum pernah kita lihat sebelumnya. Ditemani oleh kawannya Boots si kera yang bisa bicara dan ranselnya yang super lengkap, ia harus berhati-hati menelusuri tempat yang dituju, karena kalau tidak, bisa-bisa ia bertemu dengan Sweeper si pencuri.

Dora the Explorer. [Image Source].
Hal yang membuat Dora seru untuk disaksikan adalah karakternya yang ceria dan rajin mengajak kita berkomunikasi. Dalam perjalanannya, sesekali Dora akan bertanya pada kita di mana lokasi sebuah tempat, sebuah benda, atau mengajak kita berdendang bersama. Walau komunikasinya cuma satu arah dan Dora tak ambil pusing dengan jawaban kita, tapi seru banget kok. Cuma kartun ini yang gak akan bikin kita disebut gila karena tereak-tereak ama televisi. Gracias, Dora!

2. The Adventure of Jimmy Neutron

Jimmy Neutron bukan bocah biasa. Ia terlahir dengan seonggok otak super cerdas yang memungkinkannya mampu mengatasi segala masalah yang dihadapinya. Ia punya teman setia bernama Carl dan Sheen serta seekor anjing robot bernama Godard.

Jimmy Neutron. [Image Source].
Serial yang satu ini sudah mengadopsi teknologi 3D. Padahal, ciri khas kartun Nick ya visual 2D. Sebuah terobosan yang cukup revolusioner kala itu dan sukses memanjakan mata bocah-bocah 90-an. Di kartun ini juga terdapat kisah asmara benci tapi suka antara Jimmy dan Cindy yang mungkin saja sedikit mewakili situasi para siswa sekolahan saat itu terhadap teman satu kelasnya. Ciee… kecil-kecil udah romantisan. Pipis aja belom lurus.

3. Hey Arnold!

Kartun ini mengisahkan Arnold, seorang bocah berkepala pastel, bersama kawan-kawannya yang lain di sebuah permukiman ala Amerika. Arnold hidup bersama kedua kakek dan neneknya. Kejenakaan, kesedihan, dan keromantisan yang terjalin antara ia bersama sahabat-sahabat setianya berhasil membuat kita duduk manis di depan televisi kala itu.

Hey Arnold! [Image Source].
Salah satu episode terbaiknya adalah saat sahabatnya, yang entah siapa namanya, berkulit hitam, berambut keriting, dan berkaos merah bernomorkan 33, sedih karena ia satu-satunya anak yang tak bisa naik sepeda. Ia pun bertekad untuk belajar. Setiap harinya ia keluar tengah malam ketika tak ada orang dan belajar sendirian hingga akhirnya ia berhasil. Mungkinkah di antara kamu saat itu ada yang tak bisa naik sepeda dan terinspirasi untuk belajar setelah menyaksikan episode ini?

4. Spongebob Squarepants

Sebuah spons kuning, yang hidup di bawah laut, bekerja di sebuah restoran burger, bermajikan seekor kepiting, berteman dengan seekor cumi-cumi hijau, bintang laut, dan tupai dari texas yang berkostum astronot, terdengar tak masuk akal memang. Tapi, formula super absurd ini berhasil dieksekusi dengan sempurna oleh kreatornya.

Spongebob Squarepants. [Image Source].
Tak usah ditanya lagi, kartun ini adalah yang terbaik dan paling banyak jadi favorit anak-anak. Padahal, kalau dicermati baik-baik, kelakar dan lelucon dalam kartun ini dikhususkan untuk orang dewasa. Tapi, tak cuma lucu kok, Spongebob juga sering nasihatin kita lewat pesan moral di beberapa episodenya yang cukup mudah dimengerti oleh anak-anak saat itu.

Itulah empat kartun Nickelodeon terbaik yang pernah tayang di stasiun LaTivi. Gak kerasa ya, kayaknya udah sedekade lebih stasiun yang satu itu hilang dari peredaran. Kartun Nickelodeon sebetulnya masih ditayangkan di Global TV. Tapi, udah gak seru lagi. Entah, mungkin karena bagian lucunya sudah banyak dipotong di sana-sini.

Share
Published by
Faisal Bosnia Ahmad

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

17 hours ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

7 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago