Categories: Trending

5 Kapal Selam Mematikan Rusia ini Bikin Amerika Serikat Ketar-Ketir

Soal militer tentu nama Amerika yang diunggul-unggulkan. Ya, memang tak menampik jika Paman Sam begitu jumawa dengan pasukan spesialnya dan juga deretan alutsista menakutkannya. Namun, bukan berarti mereka adalah satu-satunya negara hebat di dunia soal militer. Rusia, negara satu ini juga sangat mematikan. Mungkin mereka pernah kalah di Perang Dingin melawan Amerika, namun, jika dibandingkan kekuatannya, Rusia memiliki kekuatan yang selevel bahkan sedikit lebih greget dari Amerika.

Baca Juga :5 Negara ini Harusnya Mengucapkan Terima Kasih Pada Indonesia. Mengapa?

Hal yang patut dikagumi dari militer Rusia adalah alutsistanya, dalam hal ini kendaraan perang mereka. Tank, pesawat, dan kapal Rusia memiliki daya tempur tinggi. Selain deretan kendaraan tempur itu, Rusia juga memiliki kartu as di mana ini pernah bikin Amerika ngeri. Ya, apalagi kalau bukan deretan kapal selamnya itu.

Tercatat jika kapal selam Rusia adalah salah satu yang paling mematikan sepanjang sejarah. Kabar baik bagi penyuka negara Putin ini, mereka ternyata terus mengembangkan kapal selam tempurnya. Nah, inilah deretan kapal selam mematikan Rusia yang pernah dan bakal bikin mereka mendominasi dunia.

1. Akula Class

Kapal selam ini dibuat pada tahun 1986 dan jadi salah satu yang paling hebat di masanya. Kapal ini dilengkapi dengan teknologi nuklir sebagai penggerak mesinnya. Akula sendiri sebenarnya nama pemberian NATO. Entah apa alasannya, mungkin lantaran kapal selam ini bisa bergerak begitu pelan, namun bisa memberikan kejutan besar.

Kapal selam ini pernah jadi mimpi buruk barat karena kemampuan manuvernya yang susah dideteksi [Image Source]
Akula Class punya dimensi yang cukup besar. Ia berukuran sekitar 110 meter dengan bobot mencapai 12.770 ton. Keunggulan akula selain pergerakannya yang diam-diam nggigit ini adalah banyaknya misil dan torpedo yang bisa disematkan. Misalnya anti-ship missile, anti-surface weapon missile, dan juga granit cruise missile yang bisa ditembakkan sampai jarak 300 kilometer. Kapal selam ini mampu menenggelamkan dirinya sampai kedalaman 600 meter dan  bisa bertahan hingga 100 hari di laut.

2. Kilo Class

Kilo dimotori oleh mesin diesel, meskipun begitu pergerakannya lumayan cepat. Apalagi ketika tenggelam, Kilo bisa mencapai kecepatan 17 knot. Angka ini terbilang cepat mengingat bobotnya sendiri hampir 3.076 ton. Kilo masih dipakai hingga hari ini bahkan sudah diekspor ke negara-negara di dunia.

Kemampuan Kilo yang hebat membuat banyak negara meminang kapal selam satu ini [Image Source]
Hal yang menjadi andalan Kilo adalah bagaimana kapal selam yang tidak terlalu besar ini sanggup memboyong banyak sekali senjata gila. Misalnya ranjau-ranjau seberat hampir 205 kilogram, 6 lubang torpedo yang kompatible dengan banyak jenis rudal, dan masih banyak lagi yang lain.

3. Type 636.3 Varshavyanka

Rusia pernah melakukan ekspansi dengan membuat kapal selam baru bernama Lada di tahun 2010. Sayangnya, hasilnya tidak sesuai harapan. Lalu mereka pun kembali menggunakan Kilo. Tapi, kali ini mereka membuat versi upgrade-nya, bernama Varshavyanka. Kapal selam ini dikenal di barat dengan nama “Improves Kilo”. Alasannya, karena Varshavyanka cukup identik dengan pendahulunya itu.

Varshavyanka adalah versi lebih baru dari Kilo dan bisa dbilang lebih mematikan dari si pendahulu [Image Source]
Secara sepsifikasi, Varshavyanka hampir sama seperti kilo, termasuk dimensinya beratnya yang hanya selisih beberapa ratus ton saja. Varshavyanka juga dilengkapi dengan enam buah tabung missile yang kompatibel dengan banyak jenis rudal. Termasuk Novator Club-S, si tipe high explosive yang bisa merengkuh jarak 220 kilometer. Tapi, namanya juga model “improved”, maka harus ada perbedaan antara yang lama dan baru. Hal tersebut kemudian diwujudkan dengan disematkannya mesin diesel tipe baru. Mesin ini makin membuat Varshavyanka bisa bergerak dengan hening.

4. Borei Class

Borei bukan kapal selam hasil pengembangan, melainkan benar-benar baru dari segala aspeknya. Kapal selam ini punya dimensi yang besar, panjangnya sendiri bisa mencapai 170 meter dengan berat hampir 24 ribu ton. Kondisi fisik yang besar ini memungkinkan Borei untuk mengangkuti lebih banyak muatan atau mungkin rudal-rudal.

Kapal selam bermesin bemesin nuklir ini bisa membawa banyak sekali misil tempur mematikan [Image Source]
Ya, Borei ini juga terkenal dengan masivnya senjata yang dipunyainya. Mulai dari misi-misil balistik, torpedo anti kapal selam, sampai rudal bernama Bulava yang punya range tembak sejauh 8 ribu kilometer. Kapal selam ini dimotori tenaga nuklir. Alhasil, Borei mampu merengkuh kecepatan yang tinggi dengan ukuran sebesar itu.

5. Yasen Class

Yasen adalah jawaban atas keluhan Akula yang sudah mulai renta. Akhirnya otoritas yang ditunjuk pemerintah, Sevmash Shipyard, membangun kapal selam luar biasa ini. Kapal selam ini sendiri pertama kali dioperasikan pada tahun 2014 kemarin. Yasen memiliki dimensi panjang 111 meter dan berat 13.500 ton. Yasen dimotori oleh nuklir sehingga bisa membuatnya bergerak 35 knot di dalam air.

Yasen, kapal selam terbaru ini juga punya kemampuan mematikan [Image Source]
Yasen juga memiliki perlengkapan tempur luar biasa. Misalnya 8 lubang misil yang bisa melontarkan bom-bom rudal dengan interval cepat, senjata-senjata untuk menghacurkan kapal perang, bahkan punya missile untuk melenyapkan target yang ada di darat. Dengan semua kelebihan ini, maka pantas jika negara-negara seakan menahan diri untuk mengusik Rusia.

Baca Juga :5 Hal ini Mungkin Bisa Membuat Indonesia Jadi Negara Superpower Seperti Amerika

Inilah deretan kapal selam mematikan Rusia. Beberapa mungkin sudah usang, namun di masanya, mereka adalah monster. Kapal selam yang baru pun juga memberi kejutan tersendiri bagi negara-negara di dunai. Pasalnya, hal ini makin melengkapi deretan alutsista mematikan Rusia yang senantiasa siap untuk dioperasikan jika ada yang coba-coba mengusik.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago