Baru-baru ini nama Ifan Fajarsyah selalu jadi trending topik. Pemberitaan yang terus-menerus tersebut dikarenakan duka yang begitu besar tengah menimpa sang vokalis grup band Seventeen. Bayangin, Ifan ditinggal oleh tiga teman sekaligus member grup band yang sudah membesarkan namanya. Tak cuma itu, bahkan istri tercinta juga turut menjadi korban meninggal saat tsunami.

Bak mendapat keajaiban, Ifan juga nyaris menjadi korban meninggal karena sempat terombang-ambing di lautan selama dua jam. Beruntung, Ifan masih diberikan usia lebih oleh Tuhan, ia pun bisa selamat meski harus menanggung trauma setelah ditinggal oleh orang-orang terdekatnya. Ngebahas soal tsunami besar yang meninggalkan trauma, sebenarnya aktor besar Jet Li juga pernah mengalami hal yang sama, yakni menjadi korban tsunami yang membuatnya terkatung-katung di lautan. Seperti apa kisahnya? Berikut cerita selengkapnya.

Menjadi korban tsunami saat berlibur

Aktor Jet Li [sumber gambar]
Selang sehari setelah perayaan natal, Jet Li mengunggah kisah pilu yang pernah menimpanya dan keluarga 14 tahun silam. Ia mengenang kejadian tragis saat ia dan keluarga pergi berlibur ke Maladewa tanggal 26 Desember 2004. Saat bencana datang, Jet Li sedang berada di lobi hotel. Akibatnya, sang aktor legendaris itu pun terombang-ambing di lautan Maladewa. Pria kelahiran 26 April 1963 itu berhasil selamat karena menemukan furnitur yang mengambang di laut, ia pun buru-buru berpegangan pada benda mengambang tersebut.

Berhasil menyelamatkan keluarga

Jet Li dan kedua putrinya [sumber gambar]
Berbeda dengan Ifan yang terpisah dengan istri dan juga teman-temannya, Jet Li masih beruntung karena berada tak jauh dari keluarga. Ia pun setengah mati berusaha menyelamatkan kedua putrinya yang saat itu masih balita, Jane yang berusia empat tahun dan Jada yang baru berusia satu tahun. Seolah mendapat kekuatan besar atas bantuan Tuhan, Jet Li sanggup menyelamatkan kedua putrinya, bahkan seorang pengasuh anak-anaknya.

Tak mengalami luka serius

Jet Li [sumber gambar]
Mengingat tsunami yang terjadi pada Samudera Hindia tahun 2004 lalu adalah yang terburuk, diperkirakan sekitar 227.898 korban yang meninggal. Saat Jet Li dan keluargan bisa selamat, memang bisa dibilang sebuah keajaiban. Jet Li sendiri mengaku jika ia dan keluarga tidak mengalami luka yang serius akibat bencana tersebut. Ia hanya mengalami luka di bagian kaki, itu pun tak seberapa. Jet Li pun menyadari jika keselamatan yang diberikan untuknya dan keluarga adalah campur tangan Tuhan. Kenangan tersebut yang menjadi perenungan, betapa hidupnya mengalami perubahan besar setelah kejadian itu.

Hikmah yang bisa dipetik

Jet Li dedikasikan hidupnya untuk sosial [sumber gambar]
Jet Li mengaku jika bencana yang dialaminya memberikan perubahan besar dalam hidupnya. Tak lama setelah selamat dari bencana dahsyat itu, ia memilih hidup untuk mengikuti kegiatan sosial. Jet Li seperti digerakkan untuk melakukan aktivitas untuk meringankan beban para korban bencana lain. Jet Li juga menjadi bagian dari organisasi One Foundation yang bergerak untuk membantu jutaan korban bencana dan juga mengumpulkan donasi. Semoga bisa jadi inspirasi bagi para artis dan juga penggemar Jet Li yang lain ya.

BACA JUGA: Dulu Berjaya dalam Film Laga, Keadaan Jet Li Sekarang Bikin Pangling Siapapun yang Lihat

Masih lekat di ingatan kita, bencana tsunami Samudra Hindia merupakan tsunami paling mengerikan yang sebagian besar korbannya adalah penduduk Aceh. Jika kisah Jet Li yang selamat dari bencana tsunami Samudra Hindia tahun 2004 lalu bisa mengubah hidupnya, bagaimana dengan kamu?