Selain kerugian materiel, Tsunami Banten dan Lampung tahun lalu juga tulisankan cerita manis dengan munculnya beberapa manusia berhati malaikat. Seperti tidak mengharapkan pujian atau imbalan, beberapa orang tersebut malahan terlihat selalu rela mengeluarkan 1000 tenaganya untuk memberikan bantuan atau support. Salah satunya contohnya adalah Ryuji Utomo, pesepakbola asal Jakarta yang melakukan aksi simpati kepada anak bernama Aditia.

Kisah pilu bocah 13 tahun itu disebut-sebut menjadi pemicu mantan pemain Liga Thailand tersebut melakukan hal simpatik. Usut punya usut, Aditia menjadi sebatang kara setelah keluarganya menjadi korban Tsunami. Dan saat kejadian miris tersebut, ia mendapati kedua orang tuanya tidak ada setelah pulang latihan sepak bola. Dan berikut aksi hebat Ryuji Utomo yang melelang medali SEA Games 2017-nya.

Alasan Ryuji Utomo melakukan lelang

Ryuji dan SEA Games 2018 [Sumber Gambar]
Dalam penuturan yang telah ditelusuri Boombastis, ternyata selain terketuk hatinya dengan kisah pilu Aditia, mantan punggawa Arema Malang ini punya alasan hebat kenapa pada akhirnya melakukan aksinya tersebut. Seperti dikutip penulis dari Instagram-nya yakni @ryujiutomo, pemuda 23 bertutur kalau “mungkin bagi setiap atlit medali merupakan barang yang sangat berharga, tapi menurut saya prestasi tidak ada artinya kalau tidak dapat digunakan untuk membantu sesama dan menjaga mimpi generasi penerus bangsa”. Dalam dia juga berharap dengan hal ini dapat membantu Aditia untuk kedepan menjadi pesepakbola berprestasi.

Instagram menjadi media Ryuji melelang medali

View this post on Instagram

MEDALI UNTUK ADIT. Mungkin sebagian teman teman sudah tau siapa Adit, yap dia pemain sepakbola Indonesia junior U-13 yang kemarin saat pulang bertanding, keluarga dan rumahnya terkena musibah tsunami. Disini saya mau melelang MEDALI SEA GAMES 2017 saya beserta jaket timnas dan sepatu matchworn. Mungkin bagi setiap atlit medali merupakan barang yang sangat berharga, tapi menurut saya prestasi tidak ada artinya kalau tidak dapat digunakan untuk membantu sesama dan menjaga mimpi generasi penerus bangsa. Dengan ini saya berharap Adit sebagai generasi sepakbola yang akan datang terus semangat mengejar mimpi dan suatu saat dapat meraih medali medali EMAS di masa depan untuk Indonesia! #MEDALIUNTUKADIT Dapatkan Medali Sea Games, jacket timnas dan match worn shoes Adidas sign by @ryujiutomo . Hasil dari penjualan lelang ini akan langsung di salurkan ke pada Adit melalui @turono8686 • Berikut adalah ketentuannya: 1.Proses lelang dilakukan melalui kolom komentar. 2.Start bid Rp.5.000.000 Syarat dan ketentuan: – Lelang resmi hanya di lakukan di instagram @ryujiutomo – Kelipatan bid minimal: 100k – Format bid: nama – kota asal – nomor tlp – bid – #MEDALIUNTUKADIT – Lelang di tutup tanggal 15 Januari 2019 pukul 21.00 WIB – Bid yang sah akan di like oleh official account dari @ryujiutomo – Pemenang akan di hubungi via DM oleh official account resmi dari @ryujiutomo – Proses pelunasan akan di jelaskan melalui DM • • #MEDALIUNTUKADIT

A post shared by Ryuji Utomo (@ryujiutomo) on

Masih terkait aksi mulia Ryuji. Dalam melakukan pelelangan medali tersebut, ia rupanya memilih menggunakan media sosialnya pribadinya. Di Instagram-nya, ia membeberkan bagaimana tata cara kalau ingin berpartisipasi dalam aksi mulia tersebut. Di sana juga terlihat sepatu bola brand terkenal dan jaket Timnas yang diikutsertakan untuk dilelang. Medali yang didonasikan oleh Ryuji, mempunyai jenis perunggu didapatkannya setelah Timnas mampu menggulung Myanmar di babak perebutan tempat ketiga SEA Games bulan Agutus dua tahun lalu. Ketika Tim Merah Putih menang dengan skor meyakinkan 3-1.

Pesepakbola yang kerap melakukan aksi sosial

Selain aksi melelang medali untuk Aditia yang terkena dampak Tsunami tadi. Ryuji juga sempat melakukan aksi sosial lain jauh sebelumnya. Seperti salah satunya ketika ia menunjukkan rasa pedulinya terhadap kematian Haringga Sirila dengan melakukan charity melelang  jersey Timnas yang pernah, ia pakai saat SEA Games 2017 lalu. Tidak berhenti di situ saja, kala terjadi bencana alam di Lombok beberapa waktu yang lalu, pemuda 23 tahun ini juga melakukan aksi sama dengan melelang sebuah kostum sepak bolanya. Meski dana yang didapatkan tidak besar, aksi kemanusiaannya tersebut sangat layak ditiru oleh pemain bola lain.

Musim depan Ryuji akan melanjutkan kariernya di Indonesia

Direkrut Persija Jakarta [Sumber Gambar]
Masih berbicara tentang Ryuji. 2019 agaknya akan menjadi tahun yang penuh tantangan dalam kariernya. Pasalnya, pria berbadan kekar ini akan mengarungi kompetisi sepak bola di musim 2019/2020 dengan memperkuat kesebelasan elite asal Indonesia. Kepastian tersebut didapatkannya setelah beberapa waktu lalu secara resmi direkrut klub asal Ibukota Persija Jakarta. Bagi Ryuji Utomo ini bukanlah sesuatu yang baru, sebelumnya di tahun 2016 dan Liga1 2017 ia juga sempat berseragam orange Macan Kemayoran.

BACA JUGA: Terbuang dari Timnas, Pemain Ini Malah Sukses Raih Gelar Juara di Liga Thailand

Apa yang ditunjukkan oleh Ryuji tersebut, tentu merupakan hal bisa dibilang sangatlah baik. Selain juga menjadi sebuah aksi yang pantas untuk ditirukan atau diikuti siapa saja. Dan apabila saat ini ia dilabeli seorang hero agaknya bukan sesuatu berlebihan. Kalau menurut kawan pencinta bola Boombastis bagaimana?