Luar Biasa! Orang Ini Mengaku Temukan Cara Hentikan Tsunami

oleh Faradina
09:00 AM on Feb 5, 2017

Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang mengerikan. Apalagi bagi orang-orang yang pernah merasakannya, salah satunya masyarakat Aceh. Bahkan untuk orang yang belum pernah mengalami secara langsung pun, peristiwa tsunami bisa membuatnya merasa takut bila harus beraktivitas di sekitar laut. Fenomena tsunami ini sendiri adalah kondisi di mana gelombang air yang besar muncul karena gangguan di dasar laut, seperti gempa bumi, pergeseran lempeng, dan lainnya.

Karena ini adalah salah satu bentuk bencana alam, maka sangat sulit atau hampir tidak mungkin untuk kita menghentikannya. Namun, belakangan ini ada seorang ahli matematika yang muncul dengan pernyataan bahwa dia telah menemukan cara menghentikan tsunami. Seperti dilansir dari sciencealert.com (2/2), seorang ahli matematika bernama Usama Kadri menyatakan ada solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi gelombang tsunami.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Tekanan gelombang suara dari kedalaman samudera atau laut dipercaya bisa digunakan untuk menghentikan tsunami agar tidak meluas. Menurut ahli matematika dari Cardiff University tersebut, hal yang perlu dilakukan untuk memperlemah gelombang raksasa itu adalah dengan cara membuang energi yang ditimbulkan oleh tsunami serta mengurangi kecepatan dan tinggi gelombang dahsyat tersebut. Perlu diingat bahwa menurut Dr. Kadri mungkin tsunami tidak bisa sepenuhnya dihentikan namun setidaknya gelombang raksasa itu akan berhenti atau melemah sebelum sampai menghancurkan pesisir di sekitarnya.

diagram tsunami [image source]
Ilmuwan tersebut percaya bahwa gelombang suara dari dasar laut atau yang biasa disebut dengan gelombang akustik gravitasi (AGWs) bisa membantu. Gelombang ini muncul secara alami di lautan yang dapat memecah air laut dalam kecepatan suara. Usama Kadri mengemukakan bahwa bila kita bisa mengontrol AGWs, maka sangat memungkinkan bagi kita untuk mengurangi momentum si tsunami.

“Sampai saat ini tidak banyak orang yang benar-benar serius dalam proyek mitigasi tsunami, itulah sebabnya AGWs yang ternyata potensial ini belum diteliti lebih lanjut,” ucap Dr Kadri.

AGWs ini dapat membentang sampai ribuan kilometer dan selama ini hanya plankton (spesies yang tak dapat berenang) yang menggunakan bantuan gelombang ini untuk bergerak dan mencari makanan. AGWs ternyata juga bisa menjadi alarm peringatan adanya tsunami karena gelombang ini biasanya muncul sebelumnya.

Ahli matematika ini juga menegaskan jika para ilmuan menemukan cara untuk memanipulasi gelombang ini, maka dengan mudah kita akan menembakkannya pada gelombang tsunami yang terlihat. Setelah ditembakkan pada gelombang tsunami secara berkala, ketinggian dan amplitudo tsunami akan berkurang dan disusul dengan energi atau kekuatannya akan berhamburan. Hal itulah yang nantinya menyebabkan gelombang tsunami melemah.

Hipotesa tersebut diperoleh Kadri dari hasil perhitungan bagaimana energi dapat dialirkan dan dipecah dari bawah permukaan air. Bila penelitian ini bisa dilanjutkan, yang pertama kali harus dilakukan adalah menemukan cara yang bisa digunakan untuk mengontrol gelombang AGWs agar sewaktu-waktu bisa digunakan saat deteksi tsunami muncul.

Meskipun cara ini diperkirakan ampuh, namun nantinya para ilmuwan tetap harus mengadakan riset lanjutan. Kita tunggu saja kelanjutan dari penemuan Dr. Usama Kadri ini ya, karena bila memang cara ini ampuh digunakan maka akan ada banyak nyawa yang bisa diselamatkan. Bagaimana menurutmu, apakah mungkin bagi kita mewujudkan penelitian ini dalam waktu dekat?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA