Categories: Trending

Menyeberangi 5 Jembatan Gantung Paling Ekstrim, Siapa Takut!

Jika kebanyakan jembatan gantung di Indonesia dibangun untuk menghubungkan dua tempat yang dipisahkan oleh sungai, jembatan gantung berikut ini pun memiliki fungsi yang sama. Namun bukan hanya sungai saja yang memisahkan kedua tempat tersebut, melainkan jurang yang amat dalam. Sebab jembatan-jembatan gantung ini di bangun mulai dari di atas tebing hingga puncak gunung.

Bagi traveler pecinta tantangan yang menguji adrenalin, menyambangi jembatan gantung ini bisa menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Dengan menyeberangi jembatan gantung yang super ekstrim ini traveler pecinta ketinggian bisa mendapatkan sensasi berjalan di atas awan sekaligus menikmati keindahan alam yang ada disekitar jembatan. Tapi ingat untuk tetap berhati-hati saat melintasinya karena jurang di kanan dan kiri Anda menganga lebar membuat orang yang melihat kebawah bergidik ngeri.

1. Capilano Suspension Bridge, Kanada – Jembatan Gantung Tertua di Kanada

Dibangun pertama kali pada tahun 1889 oleh seorang insinyur berkebangsaan Skotlandia, George Grant Mackay, menjadikan Capilano Suspension Bridge sebuah jembatan gantung tertua di Kanada. Letaknya berada di 3735 Capilano Road, Vancouver Utara, British Columbia, Kanada. Jembatan gantung ini dibangun di atas sungai Capilano dengan ketinggian 70 meter dan membentang sejauh 137 meter.

Capilano Suspension Bridge, Kanada

Pada awal pembangunannya jembatan gantung ini hanya terbuat dari tali jerami dengan setumpuk papan kayu sebagai alasnya. Kemudian barulah pada tahun 1903 tali jerami tersebut digantikan dengan kabel kawat agar lebih kokoh. Setelah itu jembatan kembali tidak terawat hingga akhirnya pada tahun 1956 pemerintah setempat membangun kembali jembatan yang tersohor itu.
Dalam perjalanannya jembatan ini sudah beberapa kali memakan korban, setidaknya ada 4 kasus tercatat sejak tahun 1999. Kasus terakhir terjadi pada bulan Juni 2012, insiden ini menimpa seorang turis dari Ontario berusia 30 tahun yang meninggal setelah jatuh di dekat jembatan.

Selanjutnya : 2. Hanging Bridge of Ghasa, Nepal – Tak Hanya Manusia yang Lewat, Hewanpun Melintasinya

2. Hanging Bridge of Ghasa, Nepal – Tak Hanya Manusia yang Lewat, Hewanpun Melintasinya

Keunikan dari jembatan gantung yang bernama Hanging Bridge of Ghasa di Annapurna Circuit, Nepal ini yaitu tidak hanya manusia saja yang memanfaatkan jembatan ini untuk sarana perlintasan namun hewan juga melintasi jembatan. Tentu saja hewan-hewan yang melintas bukan hewan liar melainkan hewan ternak warga sekitar.

Hanging Bridge of Ghasa, Nepal

Artikel Keren Lainnya: 5 Gadis Cantik Ini Putri Pejabat di Indonesia Lho!

Jembatan ini dibangun dengan tujuan mengurangi kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh kawanan hewan setempat. Maklum sebagian besar jalan di Ghasa masih terbilang sangat sempit dan setiap harinya orang-orang harus berebut jalan dengan pengguna jalan lain yang bukan manusia tapi kawanan hewan. Hingga kini jembatan ini masih aktif dilewati para petani yang membawa hasil bumi beserta para ternak seperti keledai, sapi dan kambing.

Selanjutnya : 3. Trift Bridge, Swiss – Jembatan Gantung Tertinggi di Pegunungan Alpen

3. Trift Bridge, Swiss – Jembatan Gantung Tertinggi di Pegunungan Alpen

Dapat dikatakan bahwa Trift Bridge adalah salah satu jembatan suspensi bagi pejalan kaki paling ekstrim di Pegunungan Alpen. Bagaimana tidak, jembatan ini dibangun di ketinggian 100 meter dengan panjang 170 meter dan hanya dapat diakses lewat jembatan gantung saja. Jika traveler ingin mengunjungi jembatan ini datang saja ke Swiss, tepatnya berada di Grimselworld Trail, Gadmen.

Trift Bridge, Swissmbata

Jembatan ini dibangun pada tahun 2004 sebagai sarana melintasi pegunungan Alpen ketika gletser di pegunungan mulai mencair. Sebab saat gletser Alpen mencair maka jalan satu-satunya yang dapat dilewati turis adalah melalui jembatan gantung ini. Struktur jembatan gantung ini dibuat berdasarkan jembatan tali tradisional Nepal, meskipun begitu jembatan ini cukup aman untuk dilewati para pejalan kaki.

Selanjutnya : 4. Carrick-a-Rede Rope Bridge, Irlandia – Jembatan Para Nelayan Lokal Irlandia

4. Carrick-a-Rede Rope Bridge, Irlandia – Jembatan Para Nelayan Lokal Irlandia

Carrick-a-Rede Rope Bridge terletak di Whitepark Road, Ballintoy, County Antrim, Irlandia Utara merupakan jembatan gantung yang menghubungkan dua bukit yang terpisah jurang sedalam 30 meter. Jembatan ini dibangun untuk memfasilitasi para nelayan yang ingin mengecek tangkapan ikan salmon dalam jaring yang sudah dipasang sebelumnya.

Carrick-a-Rede Rope Bridge, Irlandia

Baca Juga: 6 Kota Paling Berbahaya Untuk Dikunjungi Turis

Namun karena keunikan dan keindahannya kini banyak wisatawan yang mengunjungi jembatan gantung ini. Bahkan Carrick-a-Rede Rope Bridge menjadi salah satu tempat wisata populer dikalangan traveler. Di jembatan ini juga sering menjadi tempat berbagai atraksi berbahaya oleh para traveler termasuk penduduk lokal yang melakukan aksi berdiri dengan terbalik menggunakan tangan di tengah jembatan.

Selanjutnya : 5. Kokonoe “Yume” Grand Suspension Bridge, Jepang – Jembatan Setinggi 390 meter di Jepang

5. Kokonoe “Yume” Grand Suspension Bridge, Jepang – Jembatan Setinggi 390 meter di Jepang

Bagaimana perasaan kalian jika berjalan melintasi jembatan yang menggantung setinggi 390 meter? pasti ngeri sekali jika kita adalah orang yang takut akan ketinggian. Tapi jembatan ini bisa jadi destinasi favorit bagi traveler pecinta wisata ekstrim. Adalah Kokonoe “Yume” Grand Suspension Bridge sebuah jembatan gantung setinggi 390 meter yang dibangun di 1208 Tano, Kokonoe machi, Kusu-gun, Oita, Jepang.

Kokonoe “Yume” Grand Suspension Bridge, Jepang

Jembatan yang dibangun pada tahun 2006 ini tidak hanya menyuguhkan keindahan arsitektur jembatan namun juga pemandangan sekitar yang luar biasa. Para traveler dapat melihat langsung keindahan air terjun Shindonotaki saat melintasi jembatan ini. Selain itu jika traveler lelah berjalan melintasi jembatan bisa langsung berendam di pamandiar air panas di dekat area jembatan. Seru bukan!

Artikel Lain Yang Tidak Kalah Seru: 5 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Masa

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago