Categories: Trending

5 Jalan di Indonesia yang Indah Untuk Tujuan Wisata

Kondisi geografis mayoritas wilayah Indonesia yang berbukit-bukit memberikan kontribusi besar atas lahirnya konstruksi jalan yang menakjubkan. Jalan-jalan ini dibangun berliku-liku melintasi perbukitan terjal bahkan ada pula yang sampai membelah bukit untuk membuka ruang.

Baca Juga :Kisah Cinta Soekarno dan 9 Istrinya

Saking uniknya, jalan-jalan berikut bukan hanya dipakai sebagai akses penghubung antar wilayah saja namun kini menjadi alternatif tujuan wisata yang ciamik. Dengan pemandangan yang indah tak heran banyak traveler yang berhenti sejenak di pinggir jalan untuk mengabadikan pemandangan indah di sekitar jalan tersebut. Berikut ini jalan di Indonesia yang memiliki view paling indah.

1. Kelok 9

Kelok 9 merupakan jalan di Indonesia yang memiliki arsitektur megah dengan pemandangan alam sekitar yang luar biasa indah. Jalan ini berada di Padang, tepatnya 30 kilometer sebelah timur kota Payakumbuh. Nama kelok 9 didapat dari jumlah belokan di jalur itu yang ada 9 belokan atau kelokan. Jembatan ini menjadi kebanggaan Sumatera Barat dan Indonesia tentunya.

Kelok 9 (c) cdn.tripadvisor.com

Gabungan antara jalan berkelok dan jembatan di pinggir tebing menjadikannya perpaduan yang serasi terlebih jelan ini dikelilingi alam yang pegunungan yang segar. Tak heran jika jalan sepanjang 2,5 kilometer ini menjadi destinasi dadakan para wisatwan yang melintasi jalur tersebut. Banyak pengendara yang menepikan kendaraannya hanya untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan Kelok 9.

2. Kelok 44

Jalan yang satu ini lebih dahulu tenar ketimbang jalan kelok 9 pasalnya jalan ini setiap tahunnya dijadikan trek balap sepeda paling terkenal di Indonesia yaitu Tour de Singkarak. Lokasi jalan ini berada di Sumatera Barat tepatnya ada di Kabupaten Agam.

Kelok 44 (c) cdn.tripadvisor.com

Sama seperti kelok 9, penamaan jalan ini didasarkan atas jumlah belokan yang ada di sepanang jalan tersebut. Kelok 44 memiliki 44 buag belokan sepanjang jalan yang membentang di perbukitan sekitar Danau Maninjau. Suasana perbukitan serta pemandangan danau menjadi suguhan yang menarik saat melintasi jalan ini.

3. Tol Bali Mandara

Meski tergolong baru namun keindahan jalan ini sudah membuat banyak orang terpukau. Jalan Tol Bali Mandara merupakan jalan tol atas laut pertama di Indonesia. Jalan ini membentang sepanjang 12,7 kilometer dan menghubungkan Nusa Dua, Ngurah Rai serta Tanjung Benoa.

Tol Bali Mandara (c) Detik

Meski sudah banyak tol tengah laut di dunia namun tol Bali Mandara yang baru diresmikan September 2013 ini diklaim memiliki lanskap paling indah di dunia. Kini wisatawan yang datang ke Bali tidak hanya tertarik mengunjungi destinasi wisatanya saja namun juga penasaran melintasi jalan tol ini.

4. Jalan Heat Tembagapura

Papua menyumbangkan satu jalannya dalam daftar jalan dengan pemandangan yang top. Namnyanya jalan Heat Tembagapura, jalan ini merupakan akses menuju daerah pertambangan Grasberg di kawasan PT. Freeport Indonesia. Fungsi jalan ini tidak lain sebagai jalur utama alat berat dari dan menuju tambang.

Jalan Heat Tembagapura (c) Merdeka

Jalan Heat Tembagapura membentang sejauh 8 kilometer membelah perbukitan Tembagapura. Dengan keindahan arsitektur bangunan yang dipadukan pesona alam Papua menjadikan jalan ini sebagai jalan terindah di Indonesia yang juga sekaligus berada di kawasan pertambangan terbesar di dunia.

5. Lingkar Nagreg

Bagi meraka yang setiap tahun tidak melewatkan momen mudik lebaran tentu sudah akrab dengan jalan satu ini. Jalan ini diresmikan beberapa tahun silam dengan tujuan sebagai jalan alternatif untuk mengurai macet di kawasan Nagreg. Jalan ini juga menjadi salah satu jalan dengan daya pikat tinggi karena keindahan lanskapnya.

Lingkar Nagreg (c) img2.bisnis.com

Meski statusnya adalah jalan alternatif namun tiap tahun jalan ini selalu padat dengan kendaraan yang melintas. Mungkin selain untuk menghindari kemacetan para pengguna jalan ini juga ingin menyaksikan keindahan arsitektur jalan lingkar Nagreg. Bagian paling mengesankan dari jalan ini adalah bagian terowongannya. Terowongan ini unik karena pembangunannya harus membelah bukit. Banyak pengendara yang berhenti sejenak untuk mengambil gambar terowongan ini.

Tidak selamanya jalan-jalan itu harus mengunjungi tempat wisata. Terkadang jalan yang memiliki lanskap yang indah juga bisa jadi alternatif liburan yang menyenangkan.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago