Categories: Trending

7 Sisi Gelap Indonesia yang Bisa Menguji Kecintaanmu Pada Negeri Ini

Kita semuanya tahu jika Indonesia adalah negara hebat dengan keanekaragaman suku dan budaya yang melimpah. Selain itu, Indonesia juga menyimpan banyak sekali potensi wisata yang sebagian besar belum dikembangkan dengan baik. Indonesia memiliki puluhan ribu kepulauan yang menyebar dari Sabang sampai Merauke dan dikelilingi laut yang luas. Tak mengherankan jika julukan negara maritim disandang Indonesia meski tak semua sektor ini manfaatkan dengan baik.

Baca Juga : Apa Kabar 7 Anak Presiden yang Pernah Menjabat di Indonesia?

Anyway, coba sekarang kita lihat Indonesia dari sisi yang lain. Artikel ini bukan bermaksud menjelek-jelekkan negeri ini. Baik buruk kita harus tetap menyukai Indonesia, kan? Tapi beberapa hal ini seperti layak untuk diulas secara lebih rinci.

1. Punya Pulau Terpadat di Dunia

Disadari atau pun tidak, Pulau Jawa termasuk pulau terpadat di dunia. Setidaknya di pulau ini ada sekitar 150 juta orang bermukim. Jumlah ini akan terus meningkat dan kota besar seperti Jakarta, dan Surabaya menjadi konsentrasi utama para penduduk yang ingin mencari peruntungan dalam masalah pekerjaan.

Salah satu ikon wisata Pulau Jawa [image source]
Luas Pulau Jawa kurang lebih sama dengan salah satu negara bagian Amerika bernama North Carolina. Dengan luas yang sama tempat ini hanya memiliki 5 juta penduduk. Artinya Jawa memiliki jumlah penduduk 30 kali lebih banyak dari tempat di Amerika. Jika penduduk di pulau ini tak segera disebar ke daerah lain, bukan tak mungkin Pulau Jawa akan menjadi kacau.

2. Ekspor-Impor Minyak Bumi

Sebenarnya negeri ini mampu mengolah minyak bumi menjadi banyak sekali produk hingga tahun 1990. Namun karena korupsi yang menggerogoti birokrasi, akhirnya sektor tambang lemah dan investasi pada pengolahan minyak jadi mandek. Indonesia pernah mengekspor hasil pengolahan minyak ke beberapa negara besar di dunia. Namun, sekarang?

Ekspor Impor minyak bumi [image source]
Indonesia menjadi negara pengimpor hasil olahan minyak. Bahkan bisa dibilang ngeri ini adalah pangsa pasar bagi banyak produsen pengolahan minyak. Sebuah ironi di mana seharusnya minyak mentah yang ada di dalam negeri bisa diolah sendiri, tapi justru diekspor dan kita gantian mengimpor yang sudah jadi. Menakutkan sekali bukan negeri ini? Pemborosan terjadi di segala sektor.

3.Separatis yang Tumbuh Subur

Indonesia memiliki banyak sekali separatis yang tumbuh dengan subur. Separatis ini tak hanya yang berhubungan dengan suku, tapi juga agama. Kita dahulu mengenal GAM, RMS, lalu OPM, dan yang sangat booming sekarang adalah komplotan santoso. Pemerintah masih berusaha untuk mengentaskan  separatis seperti ini namun masih belum maksimal.

Ngomong-ngomong masalah separatis berkedok agama, ISIS pun juga begitu. Mereka menggunakan Islam sebagai tameng hingga akhirnya banyak orang mengutuki agama hebat ini. Di masa depan organisasi separatis dan ekstremis seperti ini apa tidak akan bertransformasi menjadi ISIS yang mengerikan? Lantas bagaimana nasib Indonesia?

4. Indonesia Tidak Mendapatkan Sangsi Setelah Membunuh Jutaan Warganya

Pembantaian massal yang terjadi di tahun 1965-1966 adalah kejadian paling mengerikan yang pernah terjadi di Indonesia. Setidaknya ada sejuta orang yang dianggap PKI, keluarga PKI, atau yang pernah jadi PKI ditangkap oleh orang tak dikenal lalu dibantai habis-habisan. Meski sebagai korban, PKI pun bertanggung jawab terhadap hilangnya ratusan nyawa rakyat Indonesia, bahkan disinyalir penyebab PKI dibumi hanguskan adalah karena mereka berniat untuk membantai lebih banyak lagi.

Indonesia Tidak Mendapatkan Sangsi Setelah Membunuh Jutaan Warganya [image source]
Kasus ini menjadi borok Indonesia dan menjadikannya sejajar dengan Hitler, atau diktator keji di Vietnam. Jutaan orang dibunuh dengan mudah tanpa ada rasa bersalah. Bahkan sampai sekarang kasus ini masih menjadi kontroversi meski sudah mulai bermunculan dan menjadi perhatian dunia internasional.

5. Keadilan yang Tumpul ke Atas dan Tajam Ke Bawah

Jika anda mengamati media sosial akhir-akhir ini, pasti akan menemukan banyak sekali meme yang menyindir hakim PN Sumsel. Ia membuat sebuah kesimpulan yang kontroversial dengan menganggap pembakaran hutan bukan sebuah tindakan merusak lingkungan. Namun pada faktanya berhektar –hektar hutan hangus dan hanya menghasilkan abu dan asap saja.

Keadilan yang Tumpul ke Bawah [image source]
Sementara itu seorang nenek terpaksa menerima keadilan dan harus mendekam di penjara. Ia memotong satu pohon dan hukumannya sangat berat. Dari dua kasus ini mana kira-kira yang merusak lingkungan? Menurut anda, nenek yang tidak beruntung apa hukum di Indonesia bisa dibuat main-main?

6. Selalu Gagal Mengolah Sumber Daya

Pada poin dua telah disebutkan jika Indonesia gagal dalam hal pengolahan minyak yang sebenarnya sangat melimpah. Akhirnya banyak diekspor dan menerima hasilnya saja. Selain itu Indonesia juga banyak menggantungkan hal ini kepada asing. Lebih dari separuh pengolahan tambang dikuasai oleh asing, termasuk yang paling fenomenal: tambang emas yang dikelola oleh Freeport.

Selalu Gagal Mengolah Sumber Daya [image source]
Indonesia selalu gagal mengelola banyak sekali sektor penting yang ada di negeri ini. Entah disengaja atau memang tak ada yang ahli akhirnya asing selalu ikut campur dan membuat semuanya jadi terlambat. Harusnya Indonesia sudah mampu mengelola sektor penting ini agar keuntungan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat. Seperti yang tertuang dalam pasal 33 UUD 1945.

7. Kompetensi Sumber Daya Manusia yang Masih Rendah

Seperti yang telah disebutkan di awal, artikel ini tak bermaksud untuk menjatuhkan negeri ini. Hanya saja kita perlu membuka fakta agar semua orang tahu. Syukur-syukur mau berubah menjadi lebih baik. Ok, kembali ke topik. Indonesia memiliki banyak sumber daya, hanya saja tak semuanya (berarti ada) memiliki kompetensi yang tinggi. Hal ini sebenarnya menakutkan. Sebuah negara akan kian maju jika SDM-nya punya kemampuan yang tinggi.

Kompetensi Sumber Daya Manusia yang Masih Rendah [image source]
Banyak dari kita masih percaya dukun untuk memperlancar pekerjaan. Lalu ada juga yang masih bingung dengan masa depan meski usia sudah kepala 3. Hal-hal semacam ini sebenarnya akan membuat Indonesia jauh lebih kacau. Bahkan tanpa disadari negeri ini akan mengalami kemunduran.

Baca Juga : Wawasan Indonesiamu Level Dewa Jika Mengetahui 10 Nama Tempat Terindah ini

Demikianlah 7 fakta menakutkan dari Indonesia yang bisa membuatmu kaget tak percaya. Atau lebih tepatnya mau nggak mau harus membuka mata dan mengiyakan apa yang terjadi di sekitar kita. Tapi tidak hanya mengiyakan, namun juga ikut membenahi demi bumi Indonesia yang tercinta ini.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago