Trending

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya. Banyak upaya yang kemudian dilakukan pemerintah untuk menanggulangi banjir. Berbeda dengan Dubai, Uni Emirat Arab yang baru-baru ini dilanda banjir, padahal merupakan negara kering, jarang terjadi hujan.

Sekalinya hujan lebat, mengakibatkan banjir bandang yang mengagetkan warga, bahkan menghentikan semua aktivitas harian mereka. Puluhan nyawa melayang selama banjir, bahkan banjir masih menggenang beberapa hari. Berikut ulasan selengkapnya.

Hujan Badai Melanda Dubai

Hujan deras melanda Dubai mulai Selasa (16/4) malam hingga Rabu (17/4) dengan curah hujan 100 hingga mencapai 250 milimeter selama kurun waktu sekitar 24 jam. Hujan badai sangat jarang terjadi di UEA, mengingat negara ini memiliki iklim gurun gersang. Hujan ini adalah yang terbesar dalam 75 tahun terakhir, padahal biasanya curah hujan selama satu tahun hanya dalam waktu 12 jam saja.

Banjir masih menggenangi beberapa titik di Dubai [Sumber Gambar]
Saat hujan badai melanda, air banjir naik dengan begitu cepat namun surut dengan lambat. Sistem drainase kewalahan tak bisa menampung debit air berlebih, mengingat biasanya tak sebesar itu. Kehidupan pun terhenti di Dubai dan tempat lain. 20 orang meninggal dunia dalam badai yang melanda sebagian wilayah Teluk.

Banjir Masih Menggenang Setelah Beberapa Hari

Selama beberapa hari setelah terjadinya hujan badai, banjir masih menggenangi sejumlah titik di Dubai. Ada yang genangannya hampir selutut orang dewasa, sejumlah fasilitas umum dan layanan publik ikut terendam. Banyak orang menggunakan fasilitas perahu untuk bepergian.

Sebelum dan sesudah banjir di Dubai [Sumber Gambar]
Begitu parahnya hujan badai ini, bahkan satelit masih bisa merekam genangan-genangan dari luar angkasa beberapa hari setelah awan hilang. Ini menggambarkan betapa banyaknya kerusakan yang ditinggalkan oleh cuaca buruk di Dubai ini.

Penyebab Terjadinya Hujan Badai

Ilmuwan mengatakan bahwa curah hujan yang begitu tinggi dan menyebabkan banjir bandang minggu lalu ini, ada kemungkinan berhubungan dengan perubahan iklim yang tak terkendali. Udara yang lebih hangat dari perubahan iklim ini bisa menampung uap air lebih banyak, sehingga bisa berpengaruh pada kenaikan intensitas hujan.

Warga menggunakan perahu untuk bepergian [Sumber Gambar]
Udara yang makin hangat ini salah satunya disebabkan oleh pembakaran yang terus menerus dilakukan manusia, seperti membakar BBM atau batu bara. Jika pembakaran ini terus dilakukan, perubahan iklim tak menentu, maka hujan deras akan mungkin lebih sering terjadi.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Unik Warga Indonesia di Tengah Bencana Banjir

Tampaknya pemerintah Dubai atau UEA secara keseluruhan, sebaiknya melakukan upaya adaptasi untuk menghadapi realita baru, yaitu kemungkinan adanya hujan yang begitu deras. Hal ini demi melindungi warga mereka dari ancaman banjir yang mungkin akan sering terjadi akibat perubahan iklim yang tak terkendali.

Share
Published by
H

Recent Posts

Tanah Longsor Parah Melanda Papua Nugini, Ratusan Meninggal Dunia Ribuan Masih Tertimbun

Papua Nugini dilanda musibah yang membuat ratusan orang meninggal dunia dan ribuan lainnya masih dalam…

2 weeks ago

Dijadikan SYL Pegawai Honorer, Nayunda Nabila Cuma Masuk 2 Kali tapi Dibayar Setahun Penuh

Belum selesai kasus pemerasan dan gratifikasi Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan),…

2 weeks ago

Heboh Penemuan Mayat di Toren Warga, Ternyata Buron Bandar Narkoba

Warga sempat dihebohkan setelah penemuan mayat di dalam toren atau tandon air milik seorang warga…

2 weeks ago

Tega! Ibu Ini Rekam Adegan Intim Anak dan Pacar di Bawah Umur Demi Kepuasan Pribadi

Orang tua seharusnya menuntun anak menjadi pribadi yang baik dan melindungi mereka dari ancaman. Tapi…

2 weeks ago

Viral! Mantan Camat di Jambi Tersesat Saat Umrah Setelah Terpisah dari Rombongan

Ibadah umrah menjadi salah satu kegiatan yang istimewa bagi umat Muslim. Saat melaksanakan umrah, bukan…

3 weeks ago

Buron Tersangka Pelaku Penganiayaan dan Pembunuhan Vina Cirebon Ditangkap

8 tahun berlalu sejak kejadian mengenaskan yang menimpa Vina Dewi Arsita dan kekasihnya, M. Rizky…

3 weeks ago