Unik Aneh

Kisah Hotel Megah Namun Mangkrak di Bali yang Dijuluki ‘Istana Hantu’ oleh Turis Asing

Selain menyimpan keindahan panorama alamnya, Pulau Bali juga memiliki sebuah bangunan hotel yang terkenal dengan suasana angkernya. Berlokasi di Batunya, Baturiti, Batunya, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, bangunan tersebut bernama Hotel Pondok Indah (PI) Bedugul yang terlihat megah namun terbengkalai.

Ada banyak versi mengenai keberadaan hotel megah tersebut. Mulai dari bangunan yang menjadi proyek investasi Tommy Soeharto, putra bungsu mantan Presiden Indonesia, Soeharto, pada tahun 1990-an, hingga kisah mistis pengunjung hotel yang merasa tidak betah karena gangguan makhluk tak kasat mata.

Hotel megah terdampak oleh ketatnya persaingan bisnis

Pembangunan Hotel Puncak Indah (PI) Bedugul ini dimulai pada tahun 1997 silam sebelum krisis moneter melanda Indonesia pada 1998. Entah kenapa, proyek kemudian terhenti dan kemudian ditinggalkan begitu saja. Alhasil, bangunan yang sudah ada menjadi tak terurus dan mangkrak terbengkalai.

Hotel terbengkalai yang dijuluki sebagai The Ghost Palace Hotel [sumber gambar]
Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) TJokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengakui, Hotel PI menjadi salah satu yang terdampak oleh ketatnya persaingan bisnis hotel di Bali. Karena tutup dan tak lagi digunakan, kesan mistis mulai muncul dengan sebutan sebagai The Ghost Palace atau hotel berhantu.

Kerap dikunjungi oleh mereka yang tertarik dengan nuansa mistis hotel

Meski tampak seram, bangunan Hotel PI yang terbengkalai justru menjadi destinasi wisata tidak resmi dari beberapa wisatawan yang penasaran. Selain ingin mengetahui secara langsung, tak jarang kedatangan mereka lebih cenderung mengarah untuk mengungkap suasana mistis yang selama ini beredar dari mulut ke mulut.

Salah satunya adalah seorang YouTuber bernama Yudist Ardhana yang mencoba mengeksplorasi bangunan Hotel PI. Dalam videonya berjudul “Ini Lho! Penampakan Hotel Megah Berhantu P.I Bedugul BALI. Ekspedisi Supranatural #4”, Yudist bersama rekan-rekannya berkeliling dari satu bangunan ke tempat lainnya.

Keberadaannya viral setelah diungkap oleh seorang turis asing

Keberadaaan Hotel PI terkuak setelah ditemukan oleh seorang wisatawan asing sekaligus travel writer yang bernama Jacob Laukaitis. Dirinya menemukan bangunan tersebut pada Desember 2015 silam secara tak sengaja saat tersesat dalam perjalanan wisatanya. Peristiwa itu kemudian diabadikan dalam sebuah video sebagai footage.

Tepat pada 1 Desember 2015, Jacob mengunggah rekamannya tersebut di YouTube dengan judul “Massive Abandoned Hotel in Bali | Ghost Palace Hotel, Indonesia.” Segera, tayangan ini mengejutkan banyak penonton di Indonesia. Terutama di Bali sendiri. Mereka tak mengira jika ada hotel sebesar itu yang terbengkalai di kawasan Bedugul.

Bakal direnovasi dan dikembangkan sebagai penunjang wisata di kawasan Bedugul

Kesan angker dan mistis dari Hotel PI tampaknya akan segera berakhir, seiring adanya rencana pemerintah setempat yang ingin mengubahnya menjadi sebuah hotel mewah bernama The Bedugul Sunrise. Sesuai rencana, renovasi ini bertujuan untuk menunjang pariwisata yang ada di sekitar kawasan Bedugul.

Menurut Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Pembangunan (Bapelitbang) Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Wiratmaja, bangunan Hotel PI akan direnovasi atau dibongkar dan diganti dengan bangunan berstandar internasional yang dilengkapi berbagai fasilitas mewah, dengan biaya mencapai Rp 200 miliar.

BACA JUGA: Berani Menginap di Hotel Paling Angker di Dunia Ini?

Adanya rencana renovasi dan penataan ulang oleh pemerintah setempat, menjadi angin segar bagi keberadaan Hotel Puncak Indah (PI) itu sendiri. Selain bakal menjadi ikon baru di kawasan Bedugul, hal tersebut juga bisa menghilangkan citra seram dan angker dari hotel empat lantai tersebut.

Share
Published by
Dany

Recent Posts

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

5 days ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 week ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 week ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

2 weeks ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 weeks ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 weeks ago