Unik Aneh

7 Hewan Purba Ini Ternyata Masih Hidup dan Ada di Indonesia Loh!

Hewan purba adalah hewan yang hidup sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Saat ini mungkin hewan-hewan itu sudah banyak yang punah. Yang tersisa hanyalah fosil dan sejarahnya saja, yang disimpan dengan baik di museum-museum sejarah.

Baca Juga : 7 Kejadian Dalam Sejarah yang Ternyata Cuma Berlangsung Sebentar

Ternyata readers, di Indonesia masih ada hewan purba loh. Meski saat ini jumlahnya sudah sangat sedikit, tetapi spesies dari hewan-hewan ini masih ada yang tersisa hidup. Tak sedikit dari hewan-hewan purba ini yang juga dilindungi oleh negara.

1. Komodo

Salah satu hewan purba yang masih ada di Indonesia adalah komodo. Komodo merupakan hewan sejenis kadal dengan ukuran terbesar di dunia. Panjang tubuhnya itu, rata-rata bisa mencapai 2 hingga 3 meter. Hewan ini termasuk jenis kanibal, karena sering memakan tubuh anaknya sendiri.

Komodo, di Lindungi di Taman Nasional Komodo [ImageSource]
Komodo ini dapat kita temui di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Saat ini, hewan yang juga disebut ‘Biawak Komodo’ ini di lindungi di Taman Nasional Komodo. Lokasinya berada di antara Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

2. Ikan Coelacanth

Ikan Coelacanth yang sering disebut dengan ‘Ikan Raja Laut’ ini merupakan hewan purba yang masih hidup di Indonesia. Ikan ini mempunyai sisik berwarna kecokelatan pada tubuhnya. Saat ini populasi spesiesnya sudah sangat langka dan hampir punah.

Ikan Coelacanth Disebut Juga Ikan Raja Laut [ImageSource]
Di Indonesia, ikan ini masih dapat ditemui di sekitar perairan Laut Sulawesi, perairan Malalayang, Teluk Manado dan perairan Talise. Di Seaworld Indonesia yang berlokasi di Jakarta, terdapat seekor Ikan Coelacanth yang diawetkan dan disimpan dalam sebuah peti kaca.

3. Ikan Arwana

Ikan yang begitu populer di sungai Amazon ini ternyata juga termasuk hewan purba loh dan keberadaannya terancam punah. Ikan ini termasuk karnivor atau pemakan daging. Badan dari ikan ini panjang dan sirip dubur terletak jauh di belakang badan.

Ikan Arwana, Pemakan Daging [ImageSource]
Ikan Arwana ini juga dapat ditemui di perairan air tawar di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Ikan Arwana Super Red, dapat dijumpai dengan mudah di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat. Jadi, hati-hati yaa jika berkunjung ke daerah sana.

4. Trenggiling

Kamu tahu jenis hewan yang dapat menggulungkan badannya saat diserang musuh? Ya, itu adalah trenggiling dan ternyata hewan tersebut juga termasuk hewan purba loh. Spesies hewan yang memiliki sisik besar di sekujur tubuhnya ini sudah ada sejak 23 juta tahun yang lalu.

Trenggiling, Dapat Menggulungkan Tubuhnya [ImageSource]
Di Indonesia, populasi dari trenggiling ini dapat dijumpai di daerah pegunungan Sumatra, Jambi, Kalimantan, Jawa dan juga Bali. Jumlah populasi hewan ini sudah sangat sedikit dan di Indonesia termasuk hewan yang di lindungi agar kelestariannya tidak punah.

5. Buaya Muara

Di Indonesia ada banyak sekali jenis buaya, salah satunya adalah Buaya Muara. Reptil ini adalah jenis buaya terbesar di dunia dan sering memangsa manusia yang mencoba untuk memasuki wilayahnya. Panjang tubuhnya sekitar 2,5 meter hingga 3,3 meter tiap ekornya.

Buaya Muara, Terbesar di Dunia [ImageSource]
Hewan purba jenis reptil yang satu ini tersebar di seluruh perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis Asia Selatan, Asia Tenggara dan Australia. Di Indonesia sendiri pernah terjadi serangan buaya ini kepada manusia di daerah Kalimantan dan Sumatra. Itu tandanya, Buaya Muara juga masih hidup di perairan tersebut.

6. Penyu Belimbing

Penyu Belimbing atau penyu raksasa juga termasuk hewan purba yang masih ada di Indonesia. Hewan ini merupakan penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil terbesar ke empat di dunia. Penyu ini sudah ada di muka bumi ini sejak 100 juta tahun silam.

Penyu Belimbing, Tidak Boleh Diburu [ImageSource]
Populasi penyu jenis ini dapat dijumpai di perairan tropis Indo-Australia. Hewan ini memang sudah sangat langka. Di Indonesia, Penyu Belimbing adalah hewan yang dilindungi dan sejak tahun 1987 tidak boleh diburu menurut keputusan Menteri Pertanian.

7. Belangkas

Selanjutnya, ada Belangkas yang juga termasuk hewan purba yang masih ada di Indonesia. Namanya memang terdengar sedikit asing di telinga kita. Bentuk tubuhnya mirip sekali dengan kepiting dan sudah hidup sejak 250 juta tahun yang lalu.

Belangkas, Beberapa Bagian Tubuhnya Beracun [ImageSource]
Belangkas termasuk hewan purba yang tidak mengalami perubahan bentuk tubuh. Daging dari tubuh hewan ini dapat dikonsumsi, tapi ada beberapa bagian yang juga beracun. Populasinya dapat ditemukan di perairan laut Asia Tenggara dan Amerika Utara.

Baca Juga : 10 Hewan Laut Dalam Yang Seram dan Aneh

Itulah tadi beberapa hewan purba yang masih ada di Indonesia. Sudah seharusnya spesies-spesies ini kita lindungi dan kita lestarikan agar populasinya tidak punah. Kalau di daerah kalian, ada tidak hewan purba yang masih ada hingga kini, yang belum masuk ke dalam daftar di atas? 🙂

Share
Published by
Rahma Muliani

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago