Hewan memang makhluk ciptaan Tuhan yang tidak sesempurna manusia. Namun, jangan salah gengs, meskipun begitu, ia mempunyai beberapa kelebihan yang jarang sekali kita tahu. Misalnya bisa mendeteksi datangnya bencana dan juga ada yang bisa mengetahui perasaan manusia. Hebat bukan?

Tapi, ada lagi beberapa hewan yang mempunyai kelebihan super lainnya. Seperti mendeteksi penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Jadi, binatang apa saja ya yang dimaksud?

Anjing yang bisa mendeteksi penyakit kanker pada tubuh manusia

Salah satu hewan menakjubkan yang diberi anugerah untuk mendeteksi penyakit adalah anjing. Yap, hewan berkaki empat ini bisa memeriksa seseorang menderita kanker atau tidak hanya dengan mengendus darahnya. Seorang peneliti yang bernama Heather Junqueira menuturkan kalau cara ini sangat akurat dengan tingkat akurasi sekitar 97%. Ini bisa terjadi karena reseptor aroma di hidung anjing berjumlah 200 juta.

Anjing yang bisa deteksi kanker [Sumber Gambar]
Hal tersebut menandakan bahwa penciuman anjing benar-benar bisa diandalkan untuk menyelamatkan ribuan nyawa penderita kanker. Akan tetapi, penelitian ini masih terus dikembangkan supaya metode pendeteksian kanker melalui indra penciuman anjing bisa berjalan dengan lancar nantinya.

Lalat buah yang kemampuannya mirip seperti anjing

Hewan lainnya yang memiliki kemampuan tak kalah hebat adalah lalat buah. Peneliti Universitas Konstanz di Jerman dan Universitas La Sapienza di Italia melatih lalat buah untuk mencium perbedaan manusia yang menderita kanker dan tidak. Hebatnya lagi, lalat buah juga diajarkan mencium perbedaan aroma manusia dengan berbagai jenis kanker.

Lalat buah deteksi kanker [Sumber Gambar]
Jadi, binatang kecil tersebut nantinya bisa mengetahui manusia sedang menderita jenis kanker apa. Namun, untuk hewan satu ini ternyata perlu dilatih terlebih dulu. Tidak bisa langsung mencium aroma kanker secara otomatis seperti anjing.

Lebah yang bisa deteksi kanker, TBC dan diabetes

Beda halnya dengan anjing dan lalat buah, lalat punya kelebihan tersendiri. Adalah dapat mendeteksi kanker, TBC dan diabetes. Ini sudah dibuktikan pada studi di tahun 2013 lalu. Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Arkansas mengemukakan apabila lalat dapat mendeteksi tiga penyakit di atas.

Lebah bisa deteksi kanker, TB dan diabetes [Sumber Gambar]
Caranya adalah cukup dengan menghirup udara yang dihembuskan oleh pasien. Tapi, dengan catatan, ini semua dilakukan oleh para ahli. Selain itu, lebah yang digunakan harus dipilih terlebih dulu supaya lebih mudah untuk dilatih.

Kucing yang ternyata juga bisa deteksi kanker

Tak disangka, kucing yang biasanya suka bermanja-manja dengan manusia ini ternyata bisa deteksi kanker di tubuh seseorang. Terbukti dengan kisah yang sudah dialami oleh Sue McKenzie asal Scunthorpe. Ia mengaku jika kucingnya yang bernama Tom tiba-tiba lakukan hal aneh kepada dirinya. Tom yang sebelumnya tidak suka dekat dengan manusia, ia jadi lebih sering memegang leher tuannya menggunakan kakinya. Dan itu dilakukan setiap hari.

Sue dan kucingnya, Tom [Sumber Gambar]
Hingga pada akhirnya, Sue memutuskan ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya. Ternyata, nenek berusia 64 tahun itu menderita kanker limfoma yang tumbuh di leher dan telah memasuki stadium tiga. Pada akhirnya, ia menjalani terapi secara rutin dan kini Sue telah merasa lebih sehat.

BACA JUGA : Bukan Manusia, 5 Hewan Ini Mampu ‘Meramal’ Datangnya Bencana Alam

Di balik kekurangannya, ternyata beberapa binatang dianugerahi kemampuan lebih oleh Tuhan. Bahkan, bisa dibilang kelebihannya dapat membantu manusia lepas dari sakitnya. Ada yang tahu hewan apalagi yang bisa deteksi penyakit di tubuh manusia? Kalau tahu, tambahkan di kolom komentar ya.