in

Bukan Manusia, 5 Hewan Ini Mampu ‘Meramal’ Datangnya Bencana Alam

Gempa bumi yang melanda Lombok ternyata mempunyai beberapa rahasia di baliknya. Salah satunya adalah terdapat bocah empat tahun yang memperingatkan pada warga Lombok jika akan ada gempa besar dalam waktu dekat. Anak perempuan yang tidak diketahui namanya tersebut merupakan cucu dari orang ‘pintar’ di Lombok. Sehingga hampir semua orang mempercayainya. Ternyata, omongan bocah kecil itu benar-benar terjadi di keesokan harinya.

Entah percaya atau tidak, namun kita tidak bisa menyangkalnya. Sebab, beberapa orang memang diberi kelebihan oleh Tuhan untuk dapat melihat apa yang terjadi di masa depan. Begitu juga dengan hewan, ada beberapa di antaranya yang mampu melihat akan datang bencana di kemudian hari.

Hewan domestik yang sering kita jumpai setiap hari

Hewan pertama yang bisa ‘meramal’ datangnya bencana alam adalah kucing. Binatang menggemaskan satu ini ternyata mempunyai insting yang sangat kuat sebelum musibah alam datang Sahabat Boombastis. Menurut peneliti yang berasal dari Universitas Tsing Hua, Taiwan, kucing akan berperilaku aneh seminggu sebelum bencana datang.

Kucing [Sumber Gambar]
Ia akan mondar mandir seperti panik dan juga membawa anak-anaknya ke tempat yang dirasa aman. Ini dibuktikan dengan kucing yang selamat saat gempa dan Tsunami di Osaka, Jepang pada tahun 2011 lalu. Kemudian ditemukan hidup-hidup pada tahun 2014.

Binatang penyayang manusia yang juga bisa deteksi bencana alam

Binatang lainnya adalah anjing. Yap, hewan penyayang majikan ini ternyata tak hanya diandalkan sebagai pendeteksi barang-barang terlarang, tapi juga bisa memprediksi datangnya bencana. Menurut Dr. Drh. Heru Setijanto, dosen sekaligus peneliti dari Fakultas Hewan IPB, anjing memiliki kemampuan mendengarkan suara melebihi jangkauan manusia.

Anjing [Sumber Gambar]
Sehingga hal inilah yang membuat si anjing bisa mencium dan mengetahui perubahan suhu udara sebelum bencana menerjang. Ciri-cirinya ketika akan ada musibah datang adalah anjing menggonggong dan juga tubuhnya yang menggigil atau gemetar.

Hewan kecil yang ternyata bisa ramal bencana dari beberapa hari sebelumnya

Tak hanya hewan peliharaan, kodok pun juga punya kemampuan yang sama dengan anjing dan kucing. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada International Journal of Environmental Research and Public Health, katak dapat memprediksi kapan terjadinya bencana alam.

Katak [Sumber Gambar]
Ini karena katak sangat sensitif dengan perubahan kimia dalam air atau tanah. Terbukti pada tahun 2009 lalu, katak-katak yang berada di L’Aquilla, Italia menghilang dari kolam beberapa hari sebelum gempa besar.

Binatang kuat yang mengamuk sebelum bencana alam datang

Gempa yang terjadi di Tangshan, Tiongkok pada tahun 1976 membuktikan kalau kuda bisa jadi hewan pendeteksi datangnya bencana alam. Pada waktu itu, kerumunan kuda mengamuk dan mereka lompat sejadi-jadinya. Kemudian, secara tak sengaja binatang kuat tersebut menjebol kandang lalu lari tunggang langgang.

Kuda [Sumber Gambar]
Dari sini beberapa peneliti menyebutkan jika kuda mempunyai kemampuan mendeteksi datangnya bencana alam dikarenakan ia dapat merasakan pergerakan lempeng bumi. Biasanya, dilansir dari idntimes.com, kuda tidak hanya mengamuk, tapi juga mengeluarkan ringkikan nyaring disertai dengan membentuk formasi melingkar dan gerakan panik.

Binatang predator yang bisa mencium aroma bencana alam

Tidak hanya hewan darat, binatang yang hidup di air juga mampu mengetahui datangnya bencana alam. Salah satunya adalah hiu. Hewan terbuas di laut ini menurut para ilmuwan dari Mote Marine Laboratory Sarosta di Florida berperilaku aneh sebelum terjadi badai Charley di tahun 2004 lalu.

Hiu [Sumber Gambar]
Komplotan hiu yang awalnya hanya berenang di perairan dangkal, tiba-tiba beralih ke kawasan lebih dalam. Kemudian, dua minggu setelah badai tersebut terjadi, predator buas tersebut baru muncul ke perairan dangkal.

Ternyata, hewan juga dianugerahi kemampuan untuk mengetahui bencana alam yang akan terjadi di hari mendatang. Bahkan, banyak juga hewan di sekitar kita yang memiliki kelebihan seperti itu. Nah, menurut kalian apa masih ada lagi hewan-hewan yang punya kemampuan seperti di atas? Kalau ada, coba share di kolom komentar ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Sempat Jadi Calo, Perjuangan dan Usaha Pria Terkaya Se-Indonesia Ini Bisa Jadi Teladan

Fakta di Balik Berserakannya Tengkorak Manusia di Desa Trunyan Bali