Categories: Trending

Mengenal Hetairai, Wanita Penghibur Kelas Atas Athena Kuno yang Dipuja Semua Orang

Banyak orang menyebut jika prostitusi adalah salah satu bisnis paling tua di dunia. Bahkan umurnya sudah mencapai ribuan tahun. Salah satu bukti eksistensi prostitusi ribuan tahun yang lalu adalah munculnya hetairai. Mereka adalah gadis-gadis cantik yang berasal dari Athena kuno yang menggunakan tubuhnya sebagai komoditas untuk mendapatkan uang dan juga kekuasaan.

Munculnya hetairai di Athena kala itu dipandang sebagai bibit prostitusi yang ada di dunia hingga sekarang. Terlebih, Yunani kuno tempat Athena berada adalah pusat kebudayaan yang akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia. Berikut uraian lengkap tentang hetairai dan prostitusi di zaman Athena kuno.

Penyebab Munculnya Hetairai di Athena

Menjadi seorang wanita di zaman Yunani kuno adalah sebuah takdir yang tak mengenakkan. Pada zaman itu wanita dianggap sangat rendah hingga tak diperbolehkan ada dalam pemerintahan. Bahkan mereka tak diwajibkan untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang sangat layak.

munculnya hetairai [image source]
Banyak wanita yang akhirnya protes dengan keadaan ini. Namun jika dengan melakukan demonstrasi tentu tak akan diperhatikan. Jadi satu-satunya cara yang dilakukan adalah dengan menjadi sesuatu yang diminati banyak pria. Mereka memutuskan menjadi wanita penghibur kelas atas agar lebih dihormati dan dipuja.

Menjadi Hetairai Memerlukan Waktu yang Panjang

Menjadi hetairai bukanlah pekerjaan yang gampang. Tak semua wanita bisa melakukan pekerjaan ini dengan baik. Biasanya mereka akan memulai karier dari rumah bordil yang rendahan hingga akhirnya menanjak hingga terkenal dan diakui oleh para petinggi zaman itu. Jika seorang hetairai sering dipanggil pembesar maka kehormatannya meningkat.

menjadi hetairai sangat sulit [image source]
Orang yang kerap mengantarkan wanita penghibur kelas bawah hingga menjadi hetairai adalah Solon. Ia adalah bangsawan yang mendirikan rumah bordil bagi wanita penghibur yang datang dari luar Athena karena wanita dalam kota dilarang menjadi penghibur. Dari bisnisnya ini Solon berhasil meraup keuntungan yang sangat besar hingga membuatnya jadi kaya raya.

Hetairai Harus Pandai Banyak Hal

Seorang wanita yang menjadi hetairai dituntut memiliki wajah yang cantik. Selain itu mereka harus bisa memainkan banyak sekali alat musik seperti flute, kastanet, dan lyre. Dengan memiliki kemampuan itu, mereka akan semakin diminati oleh kalangan kelas atas yang tak hanya butuh dihibur secara batiniah tapi juga badaniah dengan mendengar musik dan nyanyian yang indah.

hetairai pandai banyak hal [image source]
Seorang hetairai harus seorang yang pandai dan memiliki wawasan yang sangat luas. Mereka harus tahu tentang syair, filsafat, hingga dunia politik yang sangat rumit. Biasanya para penyewa hetairai akan berbincang banyak semalaman hingga akhirnya diakhiri dengan hubungan badan. Prosesi ini dianggap legal di masa Yunani kuno yang memang dikenal sangat terbuka dengan esek-esek. Oh ya, lukisan tentang hubungan hetairai dan pelayanannya banyak ditemukan di guci peninggalan Yunani kuno.

Hidup Mewah dan Memiliki Banyak Budak

Seorang hetairai yang sudah memiliki nama besar akan mendapatkan bayaran yang melimpah. Bahkan uang yang didapatkan bisa digunakan untuk membeli rumah yang sangat mahal. Bahkan mereka juga memiliki budak yang cukup banyak untuk membantunya dalam mengatur rumah dan keperluan lainnya.

hidup mewah dan punya budak [image source]
Sebenarnya memiliki budak bagi wanita sangatlah dilarang zaman itu. Namun seorang hetairai memiliki pengaruh yang sangat besar hingga aturan pun bisa dilanggar. Para petinggi yang menjadi pelanggannya akan memberinya keluasan untuk melakukan apa saja.

Kehamilan dan Anak dari Seorang Hetairai

Seorang hetairai bisanya tak menginginkan kehamilan terjadi padanya. Itulah mengapa saat berhubungan badan mereka akan berusaha memengaruhi tamu agar melakukan ejakulasi di luar. Namun jika tamu enggan melakukannya mereka akan membaca mantera, minum ramuan penggagal kehamilan hingga memakan telur gagak yang dianggap mampu mencegah kehamilan.

hetairai jadi selir [image source]
Namun jika akhirnya mereka tetap hamil, seorang hetairai akan menjadi para selir dari petinggi. Kedudukan ini tentu menjatuhkan martabatnya. Kala itu, selir hanya difungsikan sebagai penghasil keturunan yang telah disetujui istri utama. Anak-anak yang lahir hetairai secara otomatis mewarisi kedudukan tinggi hingga dihormati banyak orang.

BACA JUGA: Miris! Inilah 5 Negara Dengan Tarif Prostitusi Paling Murah di Dunia

Demikianlah uraian singkat mengenai hetairai yang ada di zaman Yunani kuno. Mereka bekerja tak hanya memuaskan tamu saja tapi juga menemani tamu bercakap hal-hal berat yang tak dipelajari wanita. Itulah mengapa, kedudukan mereka sangat tinggi hingga selalu dipuja banyak orang terutama kaum bangsawan.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago