Categories: Trending

5 Hal Remeh Yang Kerap Kita Lakukan Ini Ternyata Rayuan Setan Pada Manusia

Setiap hari pastinya kita melakukan aktivitas yang selalu kita lakukan seperti makan, tidur dan sebagainya. Padatnya aktivitas akan membuat hal-hal yang sepele yang seharusnya dilakukan sebelum atau sesudah rutinitas terkadang terlupakan.

Selain itu, terkadang kita juga melalaikan hal remeh yang seharusnya kita laksanakan. Beberapa hal ini adalah aktivitas rutin yang biasanya terlupakan yang akan mendekatkan diri kita pada setan. Seperti yang kita tahu bahwa setan atau iblis adalah musuh manusia karena mereka tidak mau mengakui Nabi Adam a.s sebagai nabi dan makhluk mulia di muka bumi. Sehingga Allah SWT mengutuk iblis dan menjadikan mereka sebagai penghuni abadi neraka. Namun, mereka meminta kepada Allah SWT untuk  mengajak manusia yang lalai untuk menemani mereka berada di neraka. Berikut 5 hal yang harusnya tidak ditinggalkan.

1. Menyalahi Adab Makan

Makan sudah menjadi rutinitas bagi manusia untuk menyambung hidup. Pagi, siang dan malam atau bahkan saat longgar kita biasanya makan atau nyemil. Namun, tak banyak dari kita yang ingat untuk melakukan adab sebelum, saat dan sesudah makan. Sebelum makan harusnya kita mencuci tangan dan berdoa terlebih dahulu. Saat makan, diharuskan menggunakan tangan kanan dan sesudahnya pastikan bahwa kita berdoa setelahnya.

Menyalahi Adab Makan

Jika, hal tersebut terlewati, maka setan akan ikut makan di piring yang sama dengan kita  dan menjilat piring dan makanan di piring tersebut. Selain itu, makanan yang kita makan tidak akan mengenyangkan karena telah berbagi dengan iblis. Oleh karena itulah, jangan lupa untuk cuci tangan, berdoa dan menggunakan tangan kanan saat makan. Selain itu hindari berbicara saat makan, karena saat itulah setan akan menemanimu dan mencuri makananmu. Jika Anda berbicara di tengah makan, usahakan saat akan menyantap lagi dari sendok Anda ucapkanlah basmalah agar musuh Anda tidak akan menemani Anda saat menyantap hidangan.

2. Masuk dan Keluar Rumah Tanpa Salam

Kegiatan sehari-hari dan kegiatan diluar rumah pastinya tidak bisa dilewatkan atau dihindari. Sebagian besar muslim dan muslimah saking sibuknya dan tergesa-gesa membuat mereka lupa melaksanakan adab ketika masuk dan keluar rumah.

Masuk dan Keluar Rumah Tanpa Salam

Menggunakan kaki kanan dan mengucapkan salam saat akan masuk rumah dan menggunakan kaki kiri saat akan keluar rumah disertai dengan mengucapkan salam merupakan hal-hal sepele yang kerap kali kita lupakan. Terkadang kita meremehkan hal tersebut. Padahal, setan senantiasa mengamati kita jikalau kita lalai melakukan setiap hal kecil yang seharusnya kita lakukan. Setan dan iblis tidak mempunyai tempat didunia ini. Tetapi, mereka akan tinggal di tempat manusia yang lalai mengucap salam ketika keluar dan masuk rumah serta lalai melakukan adab menggunakan kaki mana saat keluar dan masuk rumah. Maukah Anda tinggal dengan musuh Anda sendiri? Pastinya tidak. Jadi, usahakan Anda tidak melalaikan adab keluar dan masuk rumah.

3. Tidur dan Bangun Tanpa Berdoa

Akibat kegiatan dan pekerjaan yang sangat padat membuat kita menjadi lelah dan membutuhkan istirahat yang cukup. Malam hari adalah  waktu yang tepat untuk mengumpulkan kembali energi tubuh untuk melakukan rutinitas di pagi hari. Namun sayangnya, karena kepenatan yang luar biasa terkadang kita sampai lupa untuk berdoa saat akan tidur. Kelalaian tersebut malah akan mengundang setan untuk tidur bersama Anda dan membisikkan hal-hal tidak baik saat Anda istirahat.

Tidur dan Bangun Tanpa Berdoa

Selain itu, Anda akan dibujuk untuk melanjutkan tidur saat Anda harus melaksanakan ibadah salat subuh. Iblis akan membisikkan ke telinga Anda bahwa waktu masih panjang untuk melaksanakan salat, Anda bisa lanjutkan berbaring dan melaksanakannya nanti. Anda pun juga akan berpikir ‘ Ah, tidur sebentar lagi, nanti aku akan bangun’. Tapi kenyataannya Anda malah kesiangan. Itulah tipu daya setan yang membuat Anda jauh dari Allah SWT. Di saat Anda sudah bangun, hendaklah membaca doa saat bangun, berwudhu kemudian solat untuk mengusir rasa kantuk dan menjauhkan makhluk jahanam tersebut dari ranjang Anda. Ingatlah bahwa Solat lebih baik dari pada tidur.

4. Begadang

Malam hari adalah waktu yang tepat saat tidur. Alangkah baiknya jika Anda tidak begadang di malam hari dikala tidak ada sesuatu yang penting untuk dilakukan. Seperti lirik lagu raja dangdut, Rhoma Irama, yaitu ‘ Begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja jika ada perlunya’. Tak hanya akan menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh, begadang hanya untuk mengisi waktu di malam hari juga merupakan hal yang disukai setan.

Begadang

Iblis akan membujuk Anda untuk mencari kesibukan dengan mencari tontonan yang bagus atau melihat film di malam hari. Disaat itulah mereka akan duduk bersama Anda untuk menikmati malam dan membisikkan hal-hal buruk yang menjauhkan Anda dari Allah SWT. Mereka akan mengajak Anda untuk tidur disaat akan mendekati waktu solat malam dan waktu subuh. Sehingga Anda akan melewatkan waktu subuh untuk melaksanakan salat.

5. Menunda Permintaan orang Tua

Orang tua adalah orang terpenting dalam hidup kita. Merekalah yang melahirkan, mengasuh dan menididik kita hingga kita dewasa. Setiap hal yang mereka lakukan adalah semata-mata untuk kita. Namun jarang kita sadari bahwa kita seharusnya mengesampingkan hal-hal pribadi saat orang tua meminta kepada kita.

Menunda Permintaan orang Tua

Disaat kita lebih mengutamakan keinginan kita dibanding orang tua, maka setan telah menguasai diri kita. Mereka sangat menyukai anak durhaka. Iblis sangat suka bersahabat dengan mereka yang melukai hati orang tuanya. Maka dari itu, jangan sekali-kali menolak keinginan orang tua selama permintaan mereka tidak menyalahi aturan. Jikalau keinginan mereka tidak sesuai dengan aturan dan norma, maka berbicalah dengan baik-baik dan lemah lembut, karena mereka yang merawat kita dari kecil dengan kasih sayang yang tulus.

Musuh utama manusia di dunia ini adalah setan dan iblis. Harta, nafsu dan surga duniawi adalah alat mereka untuk mengajak kita ke dalam panasnya neraka. Iblis tak akan pernah lupa akan tugasnya untuk menjebloskan manusia ke dalam api panas disaat mereka lupa kepada Allah SWT. Mereka telah hidup beribu-ribu tahun bersama manusia sehingga mereka tahu bagaimana cara untuk menaklukan manusia. Jadi, jangan tinggalkan hal sepele yang membuat setan mendekati Anda. Setan sangat benci dengan mereka yang senantiasa berdzikir memohon ampun dan mengingat Allah SWT.

Share
Published by
Vyra Sofia

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago