Categories: Trending

5 Hal Menjijikkan Ini Ternyata Diizinkan Ada di Makanan

Pernah membayangkan jika makanan yang kamu nikmati terbuat dari kotoran, ulat dan hal menjijikkan lainnya? Tentunya tidak ya. Tapi, percayalah jika hal tersebut memang sudah menjadi konsumsi kita bahkan mungkin sejak belasan tahun lalu. Berbagai benda-benda menjijikkan dan harus dibuang tersebut ternyata selama ini malah diizinkan petugas berwenang untuk ada di dalam makanan kita.

Baca Juga : 5 Bangunan Menakjubkan yang Didirikan Atas Obsesi Para Miliuner Eksentrik

Mirip teori konspirasi untuk menguasai dunia ya. Tapi, tenang saja hal tersebut tidak membahayakan seperti apa yang dikira kok. Namun tetap saja mengetahui kenyataan kalau kita ternyata mengonsumsi benda-benda menjijikkan sukses bikin mual. Hal menjijikkan apa saja sih yang ternyata sering kita makan itu? Berikut ulasannya.

1. Kotoran

Ya, tanpa sadar kita ternyata makan kotoran lho. Tapi, bukan yang ‘itu’ kok. Hal ini didasari dari pernyataan FDA (badan pengawas makanan Amerika Serikat) yang menyatakan jika dalam 1 pound bubuk bumbu-bumbuan seperti kunyit dan sebagainya, setidaknya terdapat 3 miligram kotoran serangga. Tak perlu risau, karena jumlah ini diizinkan oleh mereka.

Kotoran tikus ini biasanya ada di beras dan kita mungkin sering ikut memakannya [Image Source]
Selain bumbu, jangan merasa aman dari kotoran saat kita mengonsumsi nasi yang asalnya dari beras. FDA mengatakan kalau ada sekitar 9 miligram kotoran tikus dan lainnya ada di beras yang kita konsumsi. Jadi, bisa dikatakan semua olahan dari beras termasuk bubur dan roti mengandung sebagian kecil kotoran hewan mamalia tersebut.

2. Larva

Jika kamu menyukai sayuran kalengan, sangat dianjurkan untuk memeriksanya lebih dulu. Pasalnya, mungkin saja kamu kamu akan menemukan hal-hal yang bikin kamu muntah. Benar sekali, belatung segar yang masih menggeliat. Namun, kamu tidak perlu untuk terlalu mencemaskan hal tersebut, karena lagi-lagi ini sangat aman meskipun termakan olehmu.

Larva di makanan kaleng. Pernah menjumpainya?

FDA mengatakan kalau adanya larva di sayuran kaleng masih ditoleransi asal panjangnya sendiri tidak sampai 2-3 mm, entah bagaimana mekanisme pengukurannya. Rasanya tak perlu meneliti satu persatu batang wortel atau sayuran lain untuk memastikannya bebas larva. Selain membuang waktu, larva sendiri mengandung protein yang justru baik untukmu.

3. Lalat Buah

Siapa yang menggemari tomat di sini? Hampir semua orang menyukai buah ini lantaran rasanya yang enak dan bisa disulap menjadi ragam kuliner nikmat, mulai dari jus sampai saus pizza. Bukan hanya kamu, ternyata lalat buah juga sangat menggemari buah berrwarna merah ini. Hal tersebut bisa kamu buktikan sendiri kok ketika mendiamkan olahan buah ini di wadah yang terbuka.

Ternyata kita boleh makan hewan ini dengan jumlah tertentu [Image Source]
Tidak hanya memakan buahnya, lalat ini juga bertelur bahkan mati di jus tomat milikmu. Sehingga tanpa sadar kamu pun akan mengonsumsi mereka. Tapi, tidak usah khawatir. FDA membolehkan hal tersebut, tapi dengan jumlah yang ditentukan. Ketentuannya hanya boleh 15 ekor lalat dalam 100 gram olahan tomat. Lebih dari itu mungkin ada baiknya kamu membuangnya.

4. Jamur dan Makanan Busuk

Setiap orang pasti pernah makan makanan yang tidak layak konsumsi entah berjamur atau pun busuk di beberapa bagian. Tak usah khawatir keracunan karena yang kamu makan tersebut sebenarnya tidak membahayakan. Tapi, tentu ada batasan soal itu.

Kalau tidak kepepet mending dibuang ya [Image Source]
FDA sendiri memperbolehkan seseorang untuk makan makanan yang berjamur dan sedikit busuk asal bagian tersebut tidak lebih dari 12 persen. Selebihnya, tentu kamu harus membuangnya. Jadi, ketika kepepet dan tidak ada makanan tersisa dikulkas kecuali kue yang sedikit berjamur seperti tidak masalah untuk dikonsumsi. Tapi, kalau ada yang masih bagus tentu kamu harus memilih yang itu.

5. Belatung

Sama seperti kasus larva, belatung juga banyak dijumpai di makanan kalengan. Kamu tidak perlu begidik atau ngeri melihatnya, bahkan membuangnya gara-gara melihat beberapa belatung menggeliat di sana. FDA mengatakan kalau kamu boleh mengonsumsi makanan kaleng yang mengandung 20 belatung di tiap 100 gram.

Sumber protein nih. Mau? [Image Source]
Namun jika kamu menemukan beberapa saja dan kemudian mengukurnya ternyata panjangnya lebih dari 2 milimeter, kamu berhak menuntut si perusahaan, begitu ungkap FDA. Ngomong-ngomong, sepertinya banyak waktu luang sekali ya mengukur panjang belatung dalam makanan kaleng.

Baca Juga : 5 Penghuni Laut Dalam Dengan Bentuk Paling Menyeramkan

Menjijikkan belum tentu tidak bermanfaat lho. Seperti deretan benda bikin muka berekspresi aneh di atas. Faktanya kamu mungkin setiap hari mengonsumsinya dan masih segar bugar, kan? Namun tetap aneh ya ketika mengetahui kenyataan kalau kita doyan makan hal-hal menjijikkan meskipun tanpa kesengajaan.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago