Categories: Tips

Ari Lasso Derita Kanker Limfoma, Kenali Gejala yang Tak Boleh Disepelekan Sebelum Terlambat

Kabar duka datang dari musisi Ari Lasso. Dalam sebuah unggahan Instagram terbarunya, Ari membagikan potret dirinya yang memakai baju garis-garis dan kupluk. Ari menuliskan sebuah captionMemberanikan diri posting. Sudah chemo ke 3, sudah separuh jalan,”. Usut punya usut, saat ini, Ari Lasso tengah menderita kanker Limfoma stadium 2.

Karena kanker yang ia derita, Ari harus kehilangan rambutnya. Namun, hal tersebut tak menyurutkan semangatnya. Ia menambahkan dalam caption-nya, bahwa semua bisa ia lalui karena pertolongan Tuhan dan doa dari orang-orang terdekatnya. Nah, bicara tentang kanker Limfoma ini, apa ya penyebabnya? Bagaimana gejala yang ditimbulkan? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini!

Apa itu kanker Limfoma? Apa saja jenisnya?

Melansir dari alodokter.com, Limfoma merupakan kanker darah yang dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati). Limfoma berawal ketika sel kanker menyerang salah satu sel darah putih (limfosit) yang berfungsi melawan infeksi. Limfosit sendiri merupakan sel darah putih yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus.

Ilustrasi Kanker Limfoma [sumber gambar]
Selain di dalam peredaran darah, limfosit tersebar di beberapa bagian tubuh, seperti kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan saluran pencernaan. Ketika limfosit berubah, berkembang, dan menyebar secara tidak normal, maka terjadilah limfoma maligna.

Gejala yang bisa ditunjukkan oleh orang yang menderita limfoma

Ada dua jenis kanker limfoma, yakni limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Setiap jenis kanker ini bisa menimbulkan gejala yang berbeda. Bahkan, beberapa jenis kanker kelenjar getah bening mungkin tidak menimbulkan ciri-ciri pada penderitanya, terutama pada stadium limfoma 1 atau awal. Tapi secara umum, berikut ini gejala yang bisa ditunjukkan oleh penderita limfoma:

Terjadi pembengkakan di area kelenjar getah bening

Kanker ini menyerang dan berkembang di sistem limfatik. Dalam tubuh kita, sistem limfatik terdapat di berbagai bagian tubuh, mulai dari kelenjar getah bening, sumsum tulang belakang, limpa, dan kelenjar timus. Saat kanker ini menyerang, sel limfosit akan menumpuk di kelenjar getah bening hingga terjadi pembengkakan.

Pembebakan di area getah bening [sumber gambar]
Bengkak ini bisa saja terdapat di area leher, bagian bawah ketiak, sampai area selangkangan. Kelenjar yang bengkak ini umumnya berbentuk bulat, lunak, serta bergerak saat disentuh, serta tidak terasa sakit.

Lelah yang tak kunjung hilang

Lelah yang tak kunjung hilang

Pada saat seseorang menderita kanker limfoma, boleh jadi ia terus merasa kelelahan. Dalam hal ini, istirahat dan tidur tidak akan mengembalikan kembali energinya. Nah, jika kamu merasa terus menerus lelah, padahal juga tidak sedang melakukan aktivitas berat, coba datangi dokter.

Ilustrasi lelah yang berkepanjangan [sumber gambar]
Hal ini mungkin memang tidak selalau merupakan tanda jika ada kanker yang bersarang dalam tubuhmu. Namun, apa salahnya mendapatkan diagnosa lebih dini terkait kondisi tubuhmu.

Demam dan banyak berkeringat saat malam

Sel limfoma dapat menghasilkan zat kimia tertentu yang meningkatkan suhu tubuh. Melansir laman Lymphoma Action, limfoma bisa menyebabkan kenaikan suhu tubuh hingga ke 38°C. Biasanya, demam sebagai ciri-ciri kanker kelenjar getah bening akan datang dan pergi secara terus-menerus.

Demam saat malam hari [sumber gambar]
Jika kamu sering merasakan demam tiba-tiba, serta berkeringat dalam jumlah banyak, bahkan sampai pakaian dan sprei basah oleh keringat, hal yang harus dilakukan adalah mendapatkan diagnosa secepat mungkin. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu gejala yang ditimbulkan dari kanker limfoma.

Menurunnya berat badan tanpa alasan tertentu

Gejala satu ini biasanya terjadi pada sel kanker yang berkembang dengan cepat dan agresif. Berat badan akan menurun dengan sangat drastis tanpa sebab tertentu. Misalnya, seseorang tidak berada dalam kondisi diet.

Berat bedan menurun drastis [sumber gambar]
Melansir hellosehat.com, umumnya berat badan penderita limfoma akan turun lebih dari 10 persen dari total berat badannya, dalam jangka waktu 6 bulan. Oleh karena itu, sebaiknya segera hubungi dokter bila mengalami gejala penurunan berat badan dengan sangat drastis.

Perasaan kenyang di perut

Perasaan kenyang [sumber gambar]
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa limfoma juga bisa berkembang di kelenjar getah bening di perut atau sistem limfatik di hati atau limpa. Hal ini menyebabkan limpa membengkak hingga penderita mungkin merasakan sakit di bagian rusuk kiri, kembung, dan perasaan seperti kenyang karena habis memakan sesuatu. Ciri lain jika limfoma sudah memengaruhi bagian perut adalah sakit perut, diare, muntah, hingga sembelit.

Kejang, pusing, gatal-gatal serta beberapa gejala lain

Sering pusing [sumber gambar]
Nah, selain gejala di atas, terdapat beberapa gejala yang sering dirasakan sehari-hari. Gejala tersebut seperti sakit kepala, kejang-kejang, gatal-gatal pada kulit, dan batuk yang disertai dengan sesak napas. Jika kamu sering mengalami, atau sedang mengalami gejala-gejala dia atas, segera temui dokter. Karena kanker limfoma sendiri terkadang tidak terasa sakit.

BACA JUGA: Kabari Jokowi hingga Berobat ke AS, Ini 4 Fakta Mantan Presiden SBY Idap Kanker Prostat

Mengalami satu dari banyak gejala di atas bukan berarti pasti terkena kanker ya. Akan tetapi akan lebih baik jika tetap rutin memeriksa kesehatan dan menjaga pola makan. Pastikan juga untuk istirahat cukup, karena overwork juga bisa membuat berbagai penyakit singgah ke tubuhmu.

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

15 hours ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

2 days ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

3 days ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

4 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

5 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

7 days ago